Rabu, 16 Mei 2012

Strategi AHM beresiko, Yamaha lebih baik

Halo, sobat bikers. Terlihat bahwa di tahun 2012 ini pergerakan dinamis di dunia persepeda motoran mengarah ke motor batangan alias motor sportz. Sebut saja mulai GW 250, Pulsar 200 NS, New V-ixion, Megapro 2.0, dan Honda teralis. Yang terakhir mulai banyak dibicarakan karena semua pihak tampaknya mulai galau.

Yeah, berbicara soal Honda atau AHM tentu tak terlepas dari strateginya yang melakukan wide ranging product, bahasa kerennya "palu gada". Belasan sudah tipe yang dirilis AHM dan diproduksi guna memuaskan konsumennya. Sayangnya sebagai perusahaan Jepang, strategi seperti ini kok menurut saya seperti strategi panik saja. Memang sumber daya AHM sangat besar, tapi tetap ada batasnya. Dan banyaknya variasi produk inilah masalahnya, mereka akan men-drain resources AHM sehingga AHM menjadi tidak bisa all-out mengembangkan produk yang seharusnya bisa menjadi primadona sehingga menjadi lambat bahkan mulai ragu-ragu. Salah satu kasusnya ya si teralis ini.

Honda teralis jangan sampai kehilangan momentum kalau tidak mau dicuri kuenya
 Padahal si teralis ini yang santer dikabarkan bakal mengisi kelas 150cc digadang-gadang menjadi primadona baru, hal ini jelas penting mengingat NMP sudah kalah telak oleh Yamaha Byson. Lalu kenapa belum keluar-keluar juga?? Saya rasa karena itu tadi, resourcenya sudah kurang.... akibatnya tidak hanya itu, penyediaan spare part untuk produk lain, misalnya saja NMP menjadi tersendat.. Walhasil makin banyak konsumen Honda yang beralih ke Yamaha, dan parahnya tidak disadari oleh AHM.... Wajar penjualan NMP jadi jeblok !!

Hal ini bisa dianalisis dengan menggunakan Activity Based Management, dengan menggunakan whale curve maka dapat dilihat bahwa semakin banyak variasi produk, maka akan semakin merugikan perusahaan. Seharusnya AHM sudah tahu masalah manajemen seperti ini..... dan sepertinya Yamaha tahu akan hal ini. 

hanya 20% produk AHM yg untung, sebut saja Revo std, Blade, Spacy, dan NMP
Saran saya, AHM harus berbenah, segera divestasi produk yang kurang menguntungkan, sebut saja PCX 125, Revo AT, CS1, serta CBR 150.... Fokuskan sumber daya untuk pengembangan teralis dan pelayanan terhadap after sales. Dijamin konsumen datang dengan sendirinya...

Saya rasa si teralis bukan hoax dan pasti akan muncul, hanya saja AHM perlu mempercepat pengembangannya karena produk kompetitor sudah pada siap...

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

2 komentar:

  1. tralis emmm
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/06/16/koboys-siaran-di-star-jogja-radio-ketika-blogger-terbang-mengudara-jangan-dilewatkan/

    BalasHapus