Minggu, 06 November 2011

Tips pilih bohlam lampu, Bisa hikin lampu tambah terang lho...

Halo sobat bikers. Negara tempat tinggal kita tuh unik banget. Kendaraan bermotor banyak banget, tapi jalanan makin ancur aja, padahal pajak dari kendaraan seharusnya melimpah. Nah, bicara jalan yang ancur dan banyak lobang, kita semua udah pada tau berapa banyak korban jiwa akibat lobang-lobang pemerintah yang tidak bertanggung-jawab itu.

Dan sepertinya efeknya bakal teramplifikasi di malam hari, enggak keliatan broo, apalagi kalau lampu motor kita kurang terang. Nah, beberapa orang mengakalinya dengan membeli lampu HID. Namun, sepengalaman saya, lampu jenis ini selain mahal, ia juga rentan kerusakan. Ya, terutama karena biasanya komponen HID yang dijual buat motor itu buatan Cina, masbro.

Lalu apa efeknya? Nah, ini pengalaman ane memakai lampu HID motor :
1. Sering mati mendadak, relay tidak tahan air.
2. Panas berlebih, reflektor meleleh.
3. Bikin silau orang, kurang safety.

Nah, boleh saja sih beli lampu HID yang agak ribet dan mahal itu, tapi kok ane kurang rekomen yah, kecuali yang sudah dibekali dengan projector. BTW, buat yang mau ngirit, sebenernya lampu standar masih bisa dimaksimalkan terangnya, caranya nggak terlalu sulit :



Pemilihan bohlam lampu

Dalam memilih bohlam lampu pastikan anda memilih lampu jenis Halogen, lampu ini mempunyai ciri khas dengan bentuk yang menguncup di ujungnya, bedakan dengan rata-rata lampu motor bawaan bebek yang bulat biasa tanpa kuncup di ujungnya. Nah, kemudian dalam memilih merk juga sebaiknya tidak asal pilih, beberapa merk kurang ternama sering terbalik posisi lampu jauh dan dekatnya serta kurang fokus. Kalaupun ingin membeli bohlam aftermarket / variasi usahakan yang kualitasnya baik. Dalam pengalaman saya bohlam aftermarket yang masih menggunakan standar Jepang dalam pembuatannya antara lain Osram, Philips, Sparkle, Indoparts, serta Tako untuk versi hematnya.

contoh lampu halogen berkualitas yg ane pakai, perhatikan kuncup diatas bohlam
 Enaknya memakai merk yang terstandar diatas adalah selain tidak tertukar antara lampu jauh-dekat, kualitas base fitting bohlam pun terjamin, artinya tidak bakal ada kejadian soket lampu meleleh karena kendor, dsb.
Kemudian yang berikutnya adalah memilih warna bohlam yang mau diaplikasikan. Banyak warna ditawarkan oleh pembuat bohlam, mulai dari kuning, kombinasi, biru pekat, blue vision (biru tipis), dan standar. Sebetulnya visibilitas tertinggi untuk segala cuaca dimiliki oleh bohlam berwarna kuning serta kombinasi, namun tipe warna blue vision dan standar juga masih cukup baik untuk diaplikasi (disarankan untuk kombinasi, sebab kemampuan visibilitas blue vision pada saat hujan akan berkurang) , dan hindari memilih bohlam yang berwarna biru pekat karena visibilitasnya sangat buruk bahkan saat cuaca cerah.

Oke, lanjut ke bagian ketiga. Nah, ini yang paling penting. Pastikan watt bohlam yang anda belisesuai dengan watt bohlam bawaan standar. Ya, hal ini merupakan hal yang paling sering terlupa oleh para bikers. Kebanyakan bohlam aftermarket menyajikan 35W sebagai pilihan standar. Padahal tidak semua motor memakai daya segitu. Paling sering adalah motor dengan headlamp ganda, misal: CS1, HSX 125, Shogun New, Vario, Skywave, dll. yang biasanya memakai bohlam dengan watt dibawah 35W seperti misalnya 25W atau 18W. Yang runyam adalah ketika bohlam aftermarket yang ternama mahal-mahal sudah dibeli tapi pas dipasang enggak terang, malahan redup. Sering banyak pertanyaan datang ke saya yang isinya nada keluhan, lha ini bohlam merk terkenal kok jelek banget, enggak terang, dan mereka yakin spesifikasinya sama dengan yang standar. Ya betul, spek bentuk bohlam khususnya fitting bisa saja sama, tapi coba cek wattnya. Sering kecele dengan memakai 35W untuk dobel bohlam. Lha jelas redup lah, nggak kuat dayanya,lha wong aslinnya 18W tiap lampunya. Makin parah terjadi korsleting bahkan kebakaran karena rangkaian terbebani arus jauh diatas seharusnya. Jadi pastikan anda perhatikan watt lampu standar, nah bohlam yang mau anda beli wattnya harus persis sama. Untuk memperhatikan watt bohlam, cukup menilik tulisan yang terdapat pada fitting, disitu bakal ada tulisan 18/18W atau 25/25W atau 35W/W, sesuaikan dengan motor anda.

ukuran watt bohlam biasanya tertera di fitting, awas jgn sampai salah pilih, ukuran watt tiap motor berbeda
 Nah, setelah pastikan merk, warna dan wattage, misalnya saya sendiri yang memakai kombinasi tako blue vision dan osram standar karena menurut ane kombinasi itu paling sempurna di waktu malam, tako pacarannya lebih lebar sedangkan osram lebih fokus (akibantnya saya mendapatkan pendaran yang melebar serta juga fokus sebagai gabungan keduanya), pada saat membeli mintalah beberapa item sekaligus untuk anda cek lagi sendiri, mana yang paling bagus. Bagus dalam artian kita mencari yang potensial fokusnya paling bagus disini, tandanya gampang, cek dibawah ini :




Nah, setelah itu sebaiknya anda stel stasioner mesin di angka 1600 rpm. Ini adalah setelan terbaik, dan biasanya cukup bagi lampu dengan spesifikasi standar teroptimasi diatas untuk menyala terang pada saat kondisi mesin idle, atau motor sedang berhenti. Selama ini sudah saya buktikan di kilatperak. Kalau masih kurang puas, ente bisa juga mengakali dengan mengganti kiprok dengan kiprok motor yang spesifikasi watt lampunya lebih tinggi, misal motor bebek biasa dengan single headlamp (35W) ganti kiprok dengan motor yang memakai dobel headlamp (min 36W-CS1), namun pastikan soket kiprok sama sebelum melakukannya. 

Nah, dengan begitu, sobat bisa memaksimalkan nyala lampu standar di motor tanpa merogoh kocek dalam-dalam. Sip kan ? Silahkan berkomentar, masbro :D

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

77 komentar:

  1. gan lampu tako blue visionnya 18watt juga?? Beli dimana gan? Pengen neh,, sesama pengguna cs1,, hehe

    BalasHapus
  2. gan
    ane mae vega Z-R
    ane beli tako blue,kok ga terang ya?
    n ane balik lagi make osram
    tolong bantuannya gan secepatnya

    BalasHapus
  3. waduh ko beda2 gini yah? mana yg bener nih.. hee

    http://starlet2e.blogspot.com/2011/09/tips-menggunakan-lampu-hid.html

    BalasHapus
  4. Bos kalo mau beli bohlam Tako yang kombinasi dimana yah?

    BalasHapus
  5. Berbagi pengalaman, sy pake jupi mx, pake halogen osram 35/35, terang sihh...tapi tidak fokus, lampunya menyebar..lalu sy akalin dgn menambah ring setebal 4mm agar titik fokus lampu lebih kedalam, hasilnya lampu sangat fokus dan terang..trimss

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas iwan...bisa jelasin trik pasang ringnya??tq..kbetulan pake mx juga nihh

      Hapus
    2. bener juga sih,,lampu semakin kedalam brarti makin fokus,,,kayak senter

      Hapus
    3. Gimana cara masang ringnya?

      Hapus
    4. Gimana cara masang ringnya?

      Hapus
    5. Pake lampu OSRAM aman gak gan .. Ane takut meleleh ..

      Hapus
    6. Aq pake lampu TAKO 18W u/ vario 125 ... Terang ... Pijar lampu warna putih ,... di musim hujan tetap bisa nembus kabut .... Lumayan bagus lah ...

      Hapus
    7. Aq pake lampu TAKO 18W u/ vario 125 ... Terang ... Pijar lampu warna putih ,... di musim hujan tetap bisa nembus kabut .... Lumayan bagus lah ...

      Hapus
  6. untuk shogun 125 lama yg bgs lampunya apa za
    padahal udah beli mahal lampu dari dealer
    owg redup

    BalasHapus
  7. Gan, mau tanya nih, ane kan pake lampu merk Osram All season super 35/35watt tapi ko posisi lampu jauh dan dekatnya terbalik ya? apa karena watt-nya tidak sesuai (terlalu besar)? atau karena hal lain? motor ane beat, lampu standart-nya 18watt, mohon pencerahannya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Balik aja dari plastik socketnya gan. Gampang kok

      Hapus
    2. Osram 35/35watt yang lama kyake ndak... tapi yang baru kebalik dekat ma jauhnya... saya balik soket kabelnya malah ga mau nyala yang dekatnya.... saya balikan lagi normal lagi... ada apanya ya?

      Hapus
    3. gua juga gitu gan tapi saya keluarin lagi terus saya pasang balik ,udah jadi

      Hapus
    4. cara pasang ring-nya bisa pakai ring rumah kunci laci atau rumah kunci lemari seperti ini
      https://www.youtube.com/watch?v=6gje71FZhw4

      Hapus
  8. assalamu'alaikum... Thanks sobat artikelnya bermanfaat. Aku lagi test juga neh lampu motor ane agak redup...

    BalasHapus
  9. minta bantuannyamas bro. motor ane honda prima engkel tahu lawasssss tapi lamuna g terang blas cuma asal terang aja infonya ya tak tunggu via email aja mz hihihi ke rahadianext@gmail.com

    BalasHapus
  10. gan mau naya nehh,,,,
    knp lampu mio condong.a ke arah atas trus yahh,,,
    gmn cra.a buat nyorot fokus kedepan bawah,,???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasa bisa di setel lewat baut 8 dibawah reflektornya om

      Hapus
    2. Biasa bisa di setel lewat baut 8 dibawah reflektornya om

      Hapus
  11. ya berati mio nya jantan tu gan,, karena lampunya nantangin orang teruuus,, piss

    BalasHapus
  12. Okey Maz Bro , ,
    thankz bget buat informasi nya , , ,
    btw , ,
    harga osram blue vision berapa an ??

    BalasHapus
  13. ane pake tako tapi hasilnya kayak orang buta tidak kelihatan jalannya

    BalasHapus
  14. klo standar watt sepeda motor supra fit brp?

    BalasHapus
  15. gan saya pengguna motor mio, standar nya berapa watt gan?
    kemaren saya abis ganti kiprok sama spul, halogen berdampak buruk ga bagi kiprok dan spul nya?

    BalasHapus
  16. bolham hsx aku yg standar 12v 18/18watt tap ta pake 35watt kok buta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebesaran itu watt nya,mestinya beli yg 18 watt 2 buah ,coba deh pasri lebih jrengg

      Hapus
  17. untuk supra X 125 sulit cari yg 18 Watt, kalo terpaksa dipasang yang 35 w masalah ndak untuk kiprohnya.
    cepat balas ya.....

    BalasHapus
  18. di medan ada ni bro yg 18 watt 15rb aj kok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli dimana gan daerah medan nya?? ane di medan jg ne.. apa bnyak pilihannya jg kan dsn??

      Hapus
    2. syg banget qu d makassar lama aqu caru yg 18 tp blum dpet, klo ada osram aj yg 18watt

      Hapus
  19. Lampu depan motor mio, berapa standar wattnya dan Volt?

    BalasHapus
  20. jangan salah... untuk motor semakin kecil wattnya semakin terang!

    BalasHapus
  21. aku nih baru pasang lampu HID di suprax125 hasilnya sangat terang lho sampai jarak 10m .

    BalasHapus
  22. gan, gimana carax milih lampu HID?? n klo buat ninja R yg super kips cocokx yang brp watt??? 35 atau 55 watt???

    BalasHapus
  23. gan mo tanya bohlam yang cocok buat motor jupiter mx, terang putih dan fokus,,, makasih sebelumnya

    BalasHapus
  24. Mau nanya mas bro.sy pakai lampu tako tapi jarak jauhnya nggak jelas apa slh pasangnya ? Di tgu jawabnya.trims

    BalasHapus
  25. Bro... mau nanya, motor ane scoopy lampu pake bolam h1, nyala sangat terang tapi setelah mesin dimatiin setelah mesin dingin, tdk bisa start tangan, accu tekor, apa penyebabnya?, terimakasih jawabanya.

    BalasHapus
  26. Bro... mau nanya, motor ane scoopy lampu pake bolam h1, nyala sangat terang tapi setelah mesin dimatiin setelah mesin dingin, tdk bisa start tangan, accu tekor, apa penyebabnya?, terimakasih jawabanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Accu nya gak kuat itu bro..h1 memakan byak tegangan..lampu teranh tapi accu tekor,

      Hapus
  27. beli tako blue vision yang 35w/pce utk var*o malah redup, bukannya terang?
    tapi pas baca artikel ini baru paham, kalo lampunya 35w/pce, supply aslinya hanya 25w/pce, tetep aja jd redup ya.. hehe..

    thanks y.. artikel bermanfaat :)

    BalasHapus
  28. Oohh begitu ya gan pantes saya pake lampu halogen kok cahaya jauh dekatnya terbalik kirain saya motor saya yang salah... Thanks gan infonya bermanfaat banget nih (y)

    BalasHapus
  29. Bang saya pake motor supra x110cc .aku dah beli lampu merek autovision-diamond blue panjang 36w terangnya gak begitu..trus saya udah ganti kiprok baru original tahun lalu .trus terang nya menyebar ndak fokus ..masalah nya di lampunya apa kiprok nya?..
    Mohon saran nya

    BalasHapus
  30. Klw untuk harganya sendiri berapa ya untuk merk lampu tersebut,,,tq

    BalasHapus
  31. Gan ane mau tanya kalo lampu motor paling kecil itu berapa wattnya? Ane pake yg 18 watt tapi masih kurang terang ane pengin yg di bawah 18 watt biar tambah terang lagi.. Ada gak yah lampunya? Terus kalo ada merknya apa?

    BalasHapus
  32. Gan minta infonya donk. Sy pke satria fu, lampu yang cocok sama dayanya apa ya??? Minta saran ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane pakai philips ,32 watt ,teerang banget

      Hapus
  33. Gan minta infonya donk. Sy pke satria fu, lampu yang cocok sama dayanya apa ya??? Minta saran ya...

    BalasHapus
  34. bro kalo untuk honda beat lama itu pake lampunya yg tako berapa watt ya ?
    kemaren ane beli osram baru brp hari udah putus lgsg pecah bohlamnya
    itu penyebabnya apa ya ?

    BalasHapus
  35. bro kalo untuk honda beat lama itu pake lampunya yg tako berapa watt ya ?
    kemaren ane beli osram baru brp hari udah putus lgsg pecah bohlamnya
    itu penyebabnya apa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai 18 watt,,,kalo watt semakin gede semakin redup,,kecuali buat motor gede ,watt semakin gede makin terang

      Hapus
  36. Mungkin ini cara pasang ring di dudukan lampu depan motor honda, ada di https://www.youtube.com/watch?v=6gje71FZhw4

    BalasHapus
  37. mau nnya gan....klo pke lampu led h4 di motor....apa ada kabel arus yang perlu d rubah ? soalny lampu led ane g nyala2, pdhl klo di tes sma akinya nyala

    BalasHapus
  38. Vario lama 125 dobel lamp ada beberapa artikel menulis 35w ada jg 25w yang mana yg bener mohon petunjuk sangat berarti... pernah pake halogen 25w reflektor malah meleleh . Blum ada yg pas jawabanya tolong bantu saya om . Maklum uda tua aga bingung....

    BalasHapus
  39. Gan KLO misalkan motor Scoopy saya pake lampu bohlam Philip H4 12v 100/90 watt bakalan cocok ga iya

    BalasHapus
  40. mas yovaldri tu pasti ada kabel yg gk beres cobak tes sama alat ukur listrik ada arus gk di kabel
    mas joyo kalo lebih jelas brapa watt tanya di bengkel resmi dulu ja brapa watt kalo dah tau baru beli lampu aftermarket yg sesuai wattnya jangan lupa merk menentukan kualitas dan aman pada reflektornya
    mas dadan kebesaran tu wattnya mending mau aman pake bohlamp hella ja cahaya putih kekuningan pasti cahaya hampir sama dengan hid yg watt 35 beli yg hi-lo ya.

    BalasHapus
  41. Gan ane baru ganti reflektor yg ori tp tetep aj ga fokus motor ane supra x 100 cc, gmane gan biar fokus

    BalasHapus
  42. Mau nanya gan, Kalo kiprok motor Blade 110 bisa ganti kiprok motor apa ya? Lampu motor Blade 110 double lampu 18/18 watt, kurang terang kalo malam hari.

    BalasHapus
  43. Kalau buat Supra Fit 2005 supaya terang pekai bohlam berapa wat dan merk apa?

    BalasHapus
  44. Gan, khan beat esp ane standard'a 32 watt, ane sempat ganti dgn philips blue vision m5 4000k 1 kaki yg 25 watt tapi kalah terang dgn yg standard..saran'a donk gan..

    BalasHapus
  45. Beat mas bos itu kalo waktu standart samping diturunin mesin mati tapi lampu masih idup ap juga ikut mati?

    BalasHapus
  46. Gan, Beat ESP saya kq pake philips blue vision yg 25 watt krg terang..??
    Apa hrs pakai yg Blue Vision 35 watt meski bohlam standard cm 32 watt aj..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menurut ane abang pake yg 35 watt ja,jika arus listrik sepeda dc jika masih ac pake bohlamp yg watt kecil.pake bluevision yg warna ap abang?mending pilih yg warna 4300kelvin bang ato yg kuning 3500k biar tembus saat hujan.

      Hapus
    2. Beat Ane udh DC,Ane pake yg 4300kelvin bang,mau pake yg 35 watt takut panas reflektor meleleh...

      Hapus
  47. Gan mau nnanya kalau bohlam satria barong watt standart bohlam atas brapa n bawah braa yah ?? Masih bingung nihh,mau ganti takutnya salah ujuran watt nya malah redup

    BalasHapus
  48. Kalau Mio sporty cocok nya berapa Watt ya tapi terang begitu?? Terimakasih sebelumnya atas jawabannya

    BalasHapus
  49. Klau standar lampu 32/32watt...ke osram 35/35watt...bagus gk,yah....takutny meleleh

    BalasHapus