Minggu, 06 November 2011

Tips pilih bohlam lampu, Bisa hikin lampu tambah terang lho...

Halo sobat bikers. Negara tempat tinggal kita tuh unik banget. Kendaraan bermotor banyak banget, tapi jalanan makin ancur aja, padahal pajak dari kendaraan seharusnya melimpah. Nah, bicara jalan yang ancur dan banyak lobang, kita semua udah pada tau berapa banyak korban jiwa akibat lobang-lobang pemerintah yang tidak bertanggung-jawab itu.

Dan sepertinya efeknya bakal teramplifikasi di malam hari, enggak keliatan broo, apalagi kalau lampu motor kita kurang terang. Nah, beberapa orang mengakalinya dengan membeli lampu HID. Namun, sepengalaman saya, lampu jenis ini selain mahal, ia juga rentan kerusakan. Ya, terutama karena biasanya komponen HID yang dijual buat motor itu buatan Cina, masbro.

Lalu apa efeknya? Nah, ini pengalaman ane memakai lampu HID motor :
1. Sering mati mendadak, relay tidak tahan air.
2. Panas berlebih, reflektor meleleh.
3. Bikin silau orang, kurang safety.

Nah, boleh saja sih beli lampu HID yang agak ribet dan mahal itu, tapi kok ane kurang rekomen yah, kecuali yang sudah dibekali dengan projector. BTW, buat yang mau ngirit, sebenernya lampu standar masih bisa dimaksimalkan terangnya, caranya nggak terlalu sulit :



Pemilihan bohlam lampu

Dalam memilih bohlam lampu pastikan anda memilih lampu jenis Halogen, lampu ini mempunyai ciri khas dengan bentuk yang menguncup di ujungnya, bedakan dengan rata-rata lampu motor bawaan bebek yang bulat biasa tanpa kuncup di ujungnya. Nah, kemudian dalam memilih merk juga sebaiknya tidak asal pilih, beberapa merk kurang ternama sering terbalik posisi lampu jauh dan dekatnya serta kurang fokus. Kalaupun ingin membeli bohlam aftermarket / variasi usahakan yang kualitasnya baik. Dalam pengalaman saya bohlam aftermarket yang masih menggunakan standar Jepang dalam pembuatannya antara lain Osram, Philips, Sparkle, Indoparts, serta Tako untuk versi hematnya.

contoh lampu halogen berkualitas yg ane pakai, perhatikan kuncup diatas bohlam
 Enaknya memakai merk yang terstandar diatas adalah selain tidak tertukar antara lampu jauh-dekat, kualitas base fitting bohlam pun terjamin, artinya tidak bakal ada kejadian soket lampu meleleh karena kendor, dsb.
Kemudian yang berikutnya adalah memilih warna bohlam yang mau diaplikasikan. Banyak warna ditawarkan oleh pembuat bohlam, mulai dari kuning, kombinasi, biru pekat, blue vision (biru tipis), dan standar. Sebetulnya visibilitas tertinggi untuk segala cuaca dimiliki oleh bohlam berwarna kuning serta kombinasi, namun tipe warna blue vision dan standar juga masih cukup baik untuk diaplikasi (disarankan untuk kombinasi, sebab kemampuan visibilitas blue vision pada saat hujan akan berkurang) , dan hindari memilih bohlam yang berwarna biru pekat karena visibilitasnya sangat buruk bahkan saat cuaca cerah.

Oke, lanjut ke bagian ketiga. Nah, ini yang paling penting. Pastikan watt bohlam yang anda belisesuai dengan watt bohlam bawaan standar. Ya, hal ini merupakan hal yang paling sering terlupa oleh para bikers. Kebanyakan bohlam aftermarket menyajikan 35W sebagai pilihan standar. Padahal tidak semua motor memakai daya segitu. Paling sering adalah motor dengan headlamp ganda, misal: CS1, HSX 125, Shogun New, Vario, Skywave, dll. yang biasanya memakai bohlam dengan watt dibawah 35W seperti misalnya 25W atau 18W. Yang runyam adalah ketika bohlam aftermarket yang ternama mahal-mahal sudah dibeli tapi pas dipasang enggak terang, malahan redup. Sering banyak pertanyaan datang ke saya yang isinya nada keluhan, lha ini bohlam merk terkenal kok jelek banget, enggak terang, dan mereka yakin spesifikasinya sama dengan yang standar. Ya betul, spek bentuk bohlam khususnya fitting bisa saja sama, tapi coba cek wattnya. Sering kecele dengan memakai 35W untuk dobel bohlam. Lha jelas redup lah, nggak kuat dayanya,lha wong aslinnya 18W tiap lampunya. Makin parah terjadi korsleting bahkan kebakaran karena rangkaian terbebani arus jauh diatas seharusnya. Jadi pastikan anda perhatikan watt lampu standar, nah bohlam yang mau anda beli wattnya harus persis sama. Untuk memperhatikan watt bohlam, cukup menilik tulisan yang terdapat pada fitting, disitu bakal ada tulisan 18/18W atau 25/25W atau 35W/W, sesuaikan dengan motor anda.

ukuran watt bohlam biasanya tertera di fitting, awas jgn sampai salah pilih, ukuran watt tiap motor berbeda
 Nah, setelah pastikan merk, warna dan wattage, misalnya saya sendiri yang memakai kombinasi tako blue vision dan osram standar karena menurut ane kombinasi itu paling sempurna di waktu malam, tako pacarannya lebih lebar sedangkan osram lebih fokus (akibantnya saya mendapatkan pendaran yang melebar serta juga fokus sebagai gabungan keduanya), pada saat membeli mintalah beberapa item sekaligus untuk anda cek lagi sendiri, mana yang paling bagus. Bagus dalam artian kita mencari yang potensial fokusnya paling bagus disini, tandanya gampang, cek dibawah ini :




Nah, setelah itu sebaiknya anda stel stasioner mesin di angka 1600 rpm. Ini adalah setelan terbaik, dan biasanya cukup bagi lampu dengan spesifikasi standar teroptimasi diatas untuk menyala terang pada saat kondisi mesin idle, atau motor sedang berhenti. Selama ini sudah saya buktikan di kilatperak. Kalau masih kurang puas, ente bisa juga mengakali dengan mengganti kiprok dengan kiprok motor yang spesifikasi watt lampunya lebih tinggi, misal motor bebek biasa dengan single headlamp (35W) ganti kiprok dengan motor yang memakai dobel headlamp (min 36W-CS1), namun pastikan soket kiprok sama sebelum melakukannya. 

Nah, dengan begitu, sobat bisa memaksimalkan nyala lampu standar di motor tanpa merogoh kocek dalam-dalam. Sip kan ? Silahkan berkomentar, masbro :D

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

35 komentar:

  1. gan lampu tako blue visionnya 18watt juga?? Beli dimana gan? Pengen neh,, sesama pengguna cs1,, hehe

    BalasHapus
  2. gan
    ane mae vega Z-R
    ane beli tako blue,kok ga terang ya?
    n ane balik lagi make osram
    tolong bantuannya gan secepatnya

    BalasHapus
  3. waduh ko beda2 gini yah? mana yg bener nih.. hee

    http://starlet2e.blogspot.com/2011/09/tips-menggunakan-lampu-hid.html

    BalasHapus
  4. Bos kalo mau beli bohlam Tako yang kombinasi dimana yah?

    BalasHapus
  5. Berbagi pengalaman, sy pake jupi mx, pake halogen osram 35/35, terang sihh...tapi tidak fokus, lampunya menyebar..lalu sy akalin dgn menambah ring setebal 4mm agar titik fokus lampu lebih kedalam, hasilnya lampu sangat fokus dan terang..trimss

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas iwan...bisa jelasin trik pasang ringnya??tq..kbetulan pake mx juga nihh

      Hapus
    2. bener juga sih,,lampu semakin kedalam brarti makin fokus,,,kayak senter

      Hapus
  6. untuk shogun 125 lama yg bgs lampunya apa za
    padahal udah beli mahal lampu dari dealer
    owg redup

    BalasHapus
  7. Gan, mau tanya nih, ane kan pake lampu merk Osram All season super 35/35watt tapi ko posisi lampu jauh dan dekatnya terbalik ya? apa karena watt-nya tidak sesuai (terlalu besar)? atau karena hal lain? motor ane beat, lampu standart-nya 18watt, mohon pencerahannya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Balik aja dari plastik socketnya gan. Gampang kok

      Hapus
  8. assalamu'alaikum... Thanks sobat artikelnya bermanfaat. Aku lagi test juga neh lampu motor ane agak redup...

    BalasHapus
  9. minta bantuannyamas bro. motor ane honda prima engkel tahu lawasssss tapi lamuna g terang blas cuma asal terang aja infonya ya tak tunggu via email aja mz hihihi ke rahadianext@gmail.com

    BalasHapus
  10. gan mau naya nehh,,,,
    knp lampu mio condong.a ke arah atas trus yahh,,,
    gmn cra.a buat nyorot fokus kedepan bawah,,???

    BalasHapus
  11. ya berati mio nya jantan tu gan,, karena lampunya nantangin orang teruuus,, piss

    BalasHapus
  12. Okey Maz Bro , ,
    thankz bget buat informasi nya , , ,
    btw , ,
    harga osram blue vision berapa an ??

    BalasHapus
  13. ane pake tako tapi hasilnya kayak orang buta tidak kelihatan jalannya

    BalasHapus
  14. klo standar watt sepeda motor supra fit brp?

    BalasHapus
  15. gan saya pengguna motor mio, standar nya berapa watt gan?
    kemaren saya abis ganti kiprok sama spul, halogen berdampak buruk ga bagi kiprok dan spul nya?

    BalasHapus
  16. bolham hsx aku yg standar 12v 18/18watt tap ta pake 35watt kok buta

    BalasHapus
  17. untuk supra X 125 sulit cari yg 18 Watt, kalo terpaksa dipasang yang 35 w masalah ndak untuk kiprohnya.
    cepat balas ya.....

    BalasHapus
  18. di medan ada ni bro yg 18 watt 15rb aj kok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli dimana gan daerah medan nya?? ane di medan jg ne.. apa bnyak pilihannya jg kan dsn??

      Hapus
    2. syg banget qu d makassar lama aqu caru yg 18 tp blum dpet, klo ada osram aj yg 18watt

      Hapus
  19. Lampu depan motor mio, berapa standar wattnya dan Volt?

    BalasHapus
  20. jangan salah... untuk motor semakin kecil wattnya semakin terang!

    BalasHapus
  21. aku nih baru pasang lampu HID di suprax125 hasilnya sangat terang lho sampai jarak 10m .

    BalasHapus
  22. gan, gimana carax milih lampu HID?? n klo buat ninja R yg super kips cocokx yang brp watt??? 35 atau 55 watt???

    BalasHapus
  23. gan mo tanya bohlam yang cocok buat motor jupiter mx, terang putih dan fokus,,, makasih sebelumnya

    BalasHapus
  24. Mau nanya mas bro.sy pakai lampu tako tapi jarak jauhnya nggak jelas apa slh pasangnya ? Di tgu jawabnya.trims

    BalasHapus