Minggu, 11 September 2011

TVS, keep your momentum high.


Halo, sobat bikers. Kali ini ane akan mencoba membahas ATPM India ini lagi. Sudah kita ketahui bersama, bros bahwa sepak terjang ATPM India, dalam hal ini Bajaj dan TVS yang hadir di Indonesia telah sanggup memukau pasar Indonesia. Bajaj dengan Pulsar seriesnya telah dapat kita temui di hampir semua jalanan di ibukota, populasinya seakan meledak. Lalu bagaimana dengan TVS? Kok keliatannya adem-ayem aja ?

TVS Tormax, adem ayem?
 Seiring dengan perkembangan industri roda dua yang kian meroket setiap tahunnya tentu kita harapkan menjadi ajang bertumbuhnya persaingan yang sehat antar ATPM. Melahirkan produk yang bernilai tambah tinggi dengan layanan after sales yang baik bisa menjadi tujuan yang bagus. Secara umum, ane membagi tiga tahap untuk dapat unggul sebagai berikut :

Attract your customer

Untuk berkompetisi unggul, suatu produk harus bisa menarik minat calon konsumen. Banyak cara bisa dilakukan, yakni dengan fitur yang unggul ataupun desain yang ciamik. Dalam hal ini TVS sudah “masuk” dengan merilis Tormax. Fiturnya mampu menandingi motor flagship dari pabrikan ternama Jepang yang sudah lama bercokol di Indonesia, walaupun dari sisi desain terlihat kalem-kalem saja. Hal ini tidak menjadi masalah. Terlihat TVS sudah cukup berhasil menarik perhatian khalayak, memang lebih baik jika punya produk flagship, tetapi hal ini tidak terlalu mendesak.

The next Apache 250, boleh jadi flagship TVS !
Win the customer heart

Ketika seorang pelanggan mulai tertarik apalagi sudah membeli produk kita, kita keep in mind bahwa pelanggan tersebut sejatinya sudah menjadi aset kita. Layanan terbaik akan memberi hasil terbaik, pelanggan yang kecewa bisa menjadi sangat berbahaya namun pelanggan yang puas bisa menjadi sangat berharga. Jangan sampai kekecewaan akan langkanya spare-part atau salah impor harus dialami oleh pelanggan.  Terlihat sepele memang tapi justru ini yang efeknya paling dahsyat. Nah, TVS yang notebene lebih siap dengan mempunyai pabrik dan infrastruktur yang lebih lengkap di Indonesia seharusnya mempunyai kekuatan lebih disini. Segera tingkatkan kemudahan akses para pelanggan terhadap produk dan spare-part yang sudah siap, terutama di kota-kota besar. Jangan tunggu terlalu lama.

harus beraksi cepat
 Maintain customer loyalty

Sesuai sifat dasar manusia maka konsumen yang puas cenderung untul loyal. Ini bagus sekali, jika level ini sudah tercapai. Jangan lupa untuk terus membina hubungan baik dengan para konsumen yang sudah ada. Nilai plus ane berikan pada TVS Motor Indonesia dengan mengadakan TVS Gebyar Servis Lebaran serta Posko Mudik pada event Lebaran yang belum lama ini.


Nah, TVS sebagai pabrikan motor alternatif sebenarnya sudah mempunyai bekal yang cukup kuat dari segi produk dan hubungan dengan konsumen untuk berkompetisi. Tinggal geber lagi aja untuk investasi dealer guna memudahkan akses konsumen terhadap produk dan layanan 3S-nya terutama di kota-kota besar yang sampai saat ini masih terlihat adem-ayem digarap oleh TVS Motor Indonesia.

TVS Apache 180 ABS, bukti kemumpunian produk TVS

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar