Rabu, 07 September 2011

Bikin kopling enteng spt sistem hidrolis dengan hampir tanpa keluar duit? Bisa donk...

 Halo, sobat bikers. Mempunyai motor dengan sistem full clutch (kopling manual) memang menyenangkan, selain tenaga yang terus mengisi di setiap putaran, top speed yang lebih tinggi dari motor matik maupun bebek, serta kendali penuh di tangan menjadikan berkendara lebih nikmat.

Namun, semuanya bisa saja berubaha menjadi mimpi buruk ketika mekanisme pengoperasian kopling manual yang sebagian besar menggunakan sistem tarik mulai keras, apalagi kalau dilengkapi dengan jalanan yang macet, sempurnalah penderitaan kita. Dijamin tangan ente bisa sampai mati rasa.

Nah, bagaimana cara mengatasinya. Suatu ketika ane iseng membandingkan tuas kopling motor yang sama gres di diler dan satunya  sudah berumur satu tahun di parkiran. Yup, yang sudah terpakai / di parkiran pasti koplingnya lebih keras, walaupun tidak selalu seperti itu. Kemudian dikarenakan banyak keluhan yang datang dari pengguna sport, maka variasi kopling enteng dengan menggunakan sistem hidrolis pun mulai banyak bermunculan dengan harga berkisar 500rb (cina) - 1 jutaan (thailand), untuk yang bermerek bahkan sampai 2 jutaan (jepang).

set kopling hidrolis kini banyak dijual bebas

Kontan, variasi itu pun langsung laris manis walaupun banderolnya terbilang tidak murah. Namun kelemahannya variasi seperti ini selain mahal, ia membutuhkan modifikasi yang bagi saya terbilang cukup merusak karena digunakannya las, membuat dudukan baru, bubut, dll di dekat bak mesin. Sebetulnya, kita bisa saja melihat penyebab permasalahan ini dan menemukan solusinya yang lebih murah. Pada dasarnya, dari pabrik semua motor full kopling sudah dirancang untuk dapat dipakai siapa saja termasuk para makhluk halus yang bertenaga lembut sekalipun. Persoalannya adalah kemudian aspek mekanisme kopling jarang mendapat perhatian, padahal sektor ini penting banget untuk keamanan dan kenyamanan berkendara kita.

Nah, sebetulnya ada cara murah meriah yang dapat kita gunakan untuk membuat tarikan tuas kopling lebih enteng sekitar 20% dari standar. Bahkan bisa tidak perlu keluar uang sama sekali, intinya hanya di pelumasan, berikut triknya :

1. Sediakan minyak pelumas, terserah ente mau pakai apa asal jangan penetran macam WD-40 yang cepat menguap dan kering, bisa ente gunakan minyak singer, kalau ane sih menggunakan oli mesin yang murah saja seperti di bawah ini yang dimasukkan ke dalam wadah minyak singer.



2. Mulailah dengan cara memasukkan oli / pelumas ke dalam selongsong kabel kopling. Caranya bisa dilihat seperti contoh di bawah ini (contoh menggunakan kabel kopling CS1, untuk kabel kopling motor lain caranya sama saja), masukkan satu sampai dua tetes perlahan-lahan. Kemudian ente tarik-tekan kawat kabel keluar masuk, dengan cara ini oli akan lebih mudah masuk ke dalam selongsong. Ulangi sampai sekitar 10 tetes oli dapat masuk ke dalam.

masukkan ke dalam selongsong kabel perlahan-lahan






ulangi langkah ini sampai sekitar 10 tetes pelumas terserap masuk ke selongsong

3.Setelah pelumas / oli berhasil dimasukkan, kabel jangan langsung dipasang. Sebaiknya digantung / diletakkan dulu dengan posisi tegak lurus selama kurang lebih 15 menit. Hal ini bertujuan agar pelumas bisa mempunyai waktu untuk menyebar ke sepanjang selengsong kabel.
4. Selesai, tinggal pasang kabel ke tempatnya semula. Resep ini bisa digunakan untuk kabel baru maupun yang sudah terpakai. Rasakan bedanya... Kopling enteng brooo, malah lebih enteng dari sutandarnya.... Nggak perlu lagi ente beli kopling hidrolik mahal-mahal.
*) Tidak perlu khawatir oli justru akan mengundang kotoran, sebab oli ada di dalam selongsong dan tidak memungkinkan kotoran masuk. Asiknya, kabel koling juga bakal berumur 2 kali lebih panjang dengan resep ini. Resep ini sudah diujicoba di CS1 kilaperak ane dan hasilnya sangat memuaskan. Sekarang kilatperak ane sudah menginjak 31.000 km dan belum ada tanda-tanda kabel kopling keras atau minta diganti.
Jangan lupa komentarnya, bro :D

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

20 komentar:

  1. waduuuhhh...dah keduluan... q mau share tentang ini juga sebenernya...
    hahahaha.....
    mantab bro..... :)

    BalasHapus
  2. @joan : wah, sip banget bro, bisa bantu temen menghemat jajan motor juga donk, toss sesama pengguna CS1. Jangan ngebut di jalan, ride safely :D

    BalasHapus
  3. sip infonya................lam knl bro.........

    BalasHapus
  4. tapi ane biasanya pake oli samping 2T, lebih mudah masuk ke dalam kabel

    BalasHapus
  5. @tiger250 : lam kenal juga, sob

    @kristalkuning : wuah, nanti ane coba bro, thanks inputnya :D

    BalasHapus
  6. Ane dari dulu udah pake cara gini Bro...
    Tapi cara ini cuman hanya bertahan 1-2 bulan aja, selebihnya udah keras lagi...
    Apalagi kalo pemakaian motor lebih banyak di daerah berdebu, ane jamin 1 minggu ajah tuh di area kedua ujung kabelnya udah ditempelin debu...
    Masih mending kalo olinya pake yg sintetik, kalo pake yg mineral pasti udah balik lagi tuh olinya ke bentuk asalnya yaitu tanah...
    Yahhhh... buat yang punya waktu lebih sih ngirit kok pake cara ini...
    Kalo gak yah ikutin ane aja pake Kopling Hidrolik...
    Maknyussss...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas biaya kopling hidrolik brp tuh..

      Hapus
  7. "misi 0m ..numpang nanyak..
    "kopling hidrolik dipasang di speda bebek bisa kagak 0m???

    BalasHapus
  8. Tempo hari iseng coba trik ini...

    Eh sekarang walau umur kopling kira2 udah setahun masih enteng aja, malahan masih lebih enteng ketimbang FU tetangga yang baru ganti beberapa minggu lalu.

    Thanks infonya bro, sangat bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya, saya pakai minyak sayur. Alhamdulillah sampai sekarang masih aman dari debu... Padahal tinggal gak jauh dari pesisir, dan tiap weekday itu motor sehari PP bisa jalan 60km lewat daerah macet pula...

      Hapus
  9. @alexander yudho.....mantab bro ..kapan touring ke vl bareng...wkwkwk

    BalasHapus
  10. mohon bantuannya..... kopling hidrolik motor ane kemarin malam putus yg untuk d stut koplingnya..ada yang tau cara memperbaikinya gak ya...mksh

    BalasHapus
  11. aduhhh gan
    wda cobak cara yg agan buat, tapi masi aja beraT Megang itu kopling
    so, problemnya dimana itu gan

    BalasHapus
  12. Maaf guys mnt komen/masukan nya dong ane punya motor blade respol n ane bru aj pasang kopling manual.tp kopiling manual ane keras ny mnta ampun gmn cr ny yaaa supaya koplinh manual ane bs enteng??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan kopling hidrolik nya yang salah, Bro ...
      memang model kopling blade berbeda dengan bebek honda lainnya. kopling nya lebih canggih dan plat nya cm 3. tapi per koplingnya, keras banget ...
      jadi nggak recommended utk diaplikasi kopling manual. Kecuali ente ganti rumah kopling nya 1 set pake punya karisma, nah... ketolong dech tuch

      Hapus
  13. pake oli sampig MOTUL jga gpp yah .di masukan nya

    BalasHapus
  14. Pake oli tranmisi mobil gan. Licin beud. Mantab !

    BalasHapus
  15. Mantap dah.... Entar aneh coba

    BalasHapus
  16. kalo ane sih pake singger, lebih tahan ma debu

    BalasHapus