Senin, 25 Juli 2011

Yuk, rawat radiator. Gampang lho, banyak manfaatnya lagi.

Sobat bikers, sekarang ini sudah banyak motor harian yang menggunakan radiator. Yah, ambil contoh Jupiter MX, V-ixion, Vario, CBR, CS1, dan Ninja 250. Mesin yang menggunakan radiator umumnya ialah mesin yang menghasilkan residu panas yang lebih tinggi (berkompresi tinggi). Nah, cilakanya banyak bikers yang acuh tak acuh terhadap sistem pendinginan yang satu ini. Nah, jangan begitu yah, mari kita belajar.

Sebagai sebuah sistem yang mempunyai komponen lebih banyak, mesin beradiator atau yang jamak disebut sebagai liquid cooled engine sudah pasti menuntut perhatian yang lebih dibanding mesin konvensional. Nah, tuh radiator sudah sepantasnya dirawat biar kondisi semplakan tetep oke.

Nih dia manfaat yang bakal ente peroleh jika radiator ente terawat :

1. Radiator bakal bersih dan awet sampe akhir hayat motor ente, jadi enggak bakal ada tuh kejadian radiator bocor karena pemakaian, duit ente juga bebas dari acara belaja radiator yang harganya kira-kira 1/2 jutaan.
2. Mesin lebih adem, walhasil piston dan komponen yang terkait di dalamnya lebih awet. Juga bebas dari masalah overheating.
3. Awet pelumas , ya ini sebagai implikasi dari ademnya mesin (suhu yang stabil)
4. Bensin lebih irit.
5. Lari motor lebih maknyuss.

Nah, lumayan oke kan tuh manfaatnya. Nah sekarang apa yg musti dilakuin untuk ngerawat radiator. Wooh.., nggak susah kok, langsung aja nih :



1. Sering-sering cek air radiator ente, ya enggak usah sering-sering lah, 3 bulan sekali juga cukup. Nah, pas tuh ngecek, liat kondisi air, klo masih ijo dan bening brarti masih oke, tinggal tambahin sampai penuh (luber dikit). Nah klo udah keruh, apalagi berwarna rada coklat, itu berarti harus ente kuras.

Wooh, ribet nich. Wah, belom baca udah nyeletuk aja :P. Jadi gini, sama sekali nggak susah kok bro, setiap motor sudah dilengkapi dengan baut pengurasan air radiator, jadi ente tinggal buka itu - semacam baut pembuangan oli di bak mesin. Nih, ane kasih contoh letaknya di beberapa motor :

CS1/CBR *gbr: servis-kecil.blogspot.com

Yamaha V-ixion/ Jup MX

Vario / Xeon
Nah, setelah dibuka, maka air akan mengalir keluar. Hal yang musti ente lakukan berikutnya nyalain mesin dan gas diputar beberapa kali sampai air radiator yang masih ada di sistem tersemprot keluar.

Selesai, pasang kembali baut dan isi radiator dengan radiator coolant sampai penuh lewat mulut utama radiator (yang ada cap radiatornya), BUKAN dari tabung reservoir.

2. Pasang cover pelindung radiator, cukup yang variasi, harga pasti ga mahal, ini salah satu variasi yang penting buat dimiliki.

wajib buat motor beradiator depan

3. Pastikan tangki reservoir terisi cukup.

4. Buat motor yang dilengkapi automatic fan, fan/kipas harus dicek apakah masih menyala pada saat suhu mesin panas. Merawat kipas ini mudah, caranya dengan melumasi as kipas dengan WD40, usah kuatir kipas akan konslet.

5. Setelah mematikan mesin, putar kembali kunci kontak ke keadaan on, hal ini akan menyalakan kipas apabila mesin masih panas. Apabila kipas ternyata menyala, tunggu sejenak sampai kipas mati dengan sendirinya, jika kipas mati, maka kunci boleh dicabut. Hal ini akan membuat thermostat dan thermoswitch anda menjadi lebih awet.

Selesai, mudah bukan ?

Jangan lupa tinggalkan komentar dibawah ini ya :D

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

10 komentar:

  1. wah...tips yg sangat berguna bro, kebetulan ane penyemplak red Vixi :). Thanks mas bro tips'y, salam kenal and salam rider...

    BalasHapus
  2. mangstab, bro. Moga awet trus Vixion sampeyan :P

    BalasHapus
  3. AMIIIIIIIIIN....(menundukan kepala dan mengangkat tangan)

    BalasHapus
  4. hiks.. ngiri ane pengen punya motor canggih kyk broths..tp sayang klo SusuPera owe dijual pasti rugi :'[

    BalasHapus
  5. ada yang kurang dengan seperti ini..

    1. Sering-sering cek air radiator ente, ya enggak usah sering-sering lah, 3 bulan sekali juga cukup. Nah, pas tuh ngecek, liat kondisi air, klo masih ijo dan bening brarti masih oke, tinggal tambahin sampai penuh (luber dikit). Nah klo udah keruh, apalagi berwarna rada coklat, itu berarti harus ente kuras

    pertanyaan :
    ini tambah air radiator di reservoir tank dalam keadaan full atau luber pada waktu mesin dingin atau panas??????
    karena servervoir tank berbeda ukuran pada mesin dingin dan panas..

    BalasHapus
  6. kenapa setelah di service radiator jupiter mx saya gak nyala ???
    kira* penyebabnya apa ia ???

    BalasHapus
  7. Mau tanya Gan,
    motor mx sy th2006.kalau di pakai air radiator suka keluar dari tutup atas resevoir tank nya.itu yang perlu diperiksa apanya ? terima kasih petunjuknya.

    BalasHapus
  8. THERMOSWITCH TUH BISA D PASANG YG PEKA TERHADAP SUHU AGAK RENDAH GA GAN...MISAL 70 DERAJAT GITU...GMN GAN ..?KLO BISA TOLONG MERK NY APA TRUS BELINYA DIMANA SAMA SATU LAGI HARGANY BERAPAAN GAN...BUAT NJMX...?

    BalasHapus
  9. Bro, infonya sangatlah berguna, yg mau saya tanyakan, apabila kipas saya sambungkan langsung ke kontak, jd tiap kontak di on, kipas lngsung nyala, apa ada pengaruh buruknya, makasih bro, tolong blz di no.085729233378 thanks

    BalasHapus
  10. Slmt mlm mas..mas sy mau nanya..sy punya cb 150r streetfire..koc kipas liquid tdk berputar pd saat berhenti stlh mlkkn prjalan jauh/luar kota krg lbh jarak tempuh150km.posisi wkt brhnti mesin msh hidup...apakahnrusak atau mmg spt itu...mhn saran nya...trmksh sblm nya mas....

    BalasHapus