Senin, 25 Juli 2011

Knock Sensor, Rahasia on-board computer CBR 150 bisa maju-mundurin pengapian secara otomatis

Well, sobat bikers. Hari ini kita semua dapet informasi dari para blogger kondang seperti IWB, TMCBlog, dan Indobiker bahwa ternyata CBR 150 R yang dijual AHM tidak mengalami spek down, beberapanya malah spek up, ditambah satu lagi sistem injeksi pintar yang mampu mengenali jenis bahan bakar dan mampu memundurkan timing pengapian secara otomatis apabila terpaksa diisi premium.

Woww, canggih sekali bukan ? Sehingga kalau diisi Premium, Pertamax, atau Pertamax Plus, si cibie akan merespon berbeda. Kalau minumnya kurang vitamin (Premium ya jadi lemot), klo diisi Pertamax langsung bringas lagi apalagi Pertamax Plus nambah bringas aja.

Memang sistem seperti ini jarang ada di motor kelas menengah dan biasa ada di moge, kalau di mobil sudah jamak diaplikasi. Jadi dibilang canggih iya, dibilang biasa bisa juga. Nah, yang bikin bisa gini namanya adalah knock sensor, bentuknya krg lebih kayak gini :


knock sensor cbr

Dipasang dengan ditanam di blok mesin, sensor ini akan mendeteksi apabila terjadi knocking/ngelitik yang disebabkan oleh bensin keremium, kemudian memberikan sinyal listrik ke komputer (ECU) untuk memundurkan timing pengapian. Nah kalau diisi bensin oktan tinggi, timing kembali akan maju, sehingga dengan demikian timing akan selalu pas dengan jenis BBM yang diisikan, hal ini mirip dengan fitur New Megapro yang mempunyai 12 ignition mapping, namun bedanya NMP menyesuaikan dengan bukaan gas (TPS) bukan melalui knock sensor, namun keduanya bisa dibilang merupakan teknologi yang canggih untuk motor sekelas 150cc.

Nah, sudah bukan misteri lagi kan?

Jagan lupa komentarnya ya, masbro :D

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

1 komentar:

  1. maksi infonya mas brooo
    saya bru pke cbr tpi dikmpong tidk tersedia pom ntk pertamax
    mensin pun oke lah yg penting gaya....

    BalasHapus