Senin, 18 Juli 2011

How to: Cegah kantuk saat riding

Sebagai kelanjutan dari artikel saya terdahulu mengenai bahaya mengantuk pada saat riding, kini saya mencoba mengetengahkan solusi yang bisa kita ambil untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan kita bersama. Cekidot, bro :D

haram saat riding :D
haram saat riding :D
Sebagai biker, keamanan berkendara menjadi salah satu point yang sangat penting. Mengapa? Hal ini terkait dengan konsep kendaraan sepeda motor itu sendiri yang direct contact dengan lingkungan luar, sehingga resiko dari kecelakan sepeda motor sangat tinggi.

Mengendarai sepeda motor sesungguhnya membutuhkan energi yang jauh lebih banyak daripada mengendarai mobil. Konsentrasi dituntut selalu prima, tentunya untuk menjaga koordinasi otak terhadap badan dalam menjaga keseimbangan, akselerasi serta deselerasi dan kemudi.

Namun, tentunya keadaan kita sebagai rider tidak bisa selalu dalam peak performance. Apalagi dalam keadaan tertentu misalnya sehabis pulang kerja, pulang kuliah, bahkan beberapa harus menempuh perjalanan dini hari. Kelelahan badan yang telah terakumulasi biasanya membuat otak merespons dengan mensekresikan kelenjar melatonin. Yup, simple-nya kita jadi merasa ngantuk. Ini adalah hal yang normal, dan merupakan reaksi alamiah badan.

Ada beberapa tips yang dapat diambil untuk meminimalisir timbulnya rasa kantuk ketika berkendara :

1. Rasa kantuk sebenarnya merupakan suatu bentuk kelelahan badan, oleh karena itu dapat diminimalisir dengan riding position yang nyaman sehingga tidak membuat kita cepat lelah, yakni :
  • Pada saat berkendara posisi pundak tidak tegang, berusahalah serileks  mungkin menurut selera anda, masing-masing rider berbeda-beda.
  • Posisi siku tangan jangan lurus tegang (kaku), tekuklah sedikit, ini akan mengurangi tingkat stres pada otot lengan.
  • Ambil posisi duduk yang nyaman, kaki jangan terlalu keluar melebihi bodi motor.

riding position nyaman cegah kantuk *gbr dari jalanberkarisma.wordpress.com
riding position nyaman cegah kantuk *gbr dari jalanberkarisma.wordpress.com
2. Ada juga tips yang dapat kita lakukan sebelum mulai berkendara yakni dengan mengkonsumsi minuman isotonik ringan sebangsa mijon, vitajon, dan jon2 yang lain :D. Hal ini dipercaya mampu membantu tubuh mengatasi kelelahan dan pada akhirnya mengurangi kemungkinan timbulnya rasa kantuk, apalagi bagi mereka yang berkendara di daerah ibukota. (*dalam hal ini kopi juga dapat dipakai, namun semenjak berkenalan dengan seseorang saya jadi agak menghindari kopi karena efek jangka panjangnya yang kurang baik :D)

3. Jika rasa kantuk terpaksa harus tetap muncul, menepilah di tempat yang aman, jangan paksakan untuk trus berkendara. Kemudian lakukan gerakan-gerakan senam kecil, jika mungkin minumlah air putih atau apapun asal jangan miras, hehehe...

menepi dahulu jika ngantuk :D
menepi dahulu jika ngantuk :D
4. Jika riding terutama di malam hari, pastikan sebelum berkendara anda mengisi perut anda, jangan cuman tangki motor aja yang dipenuhin, he3. Makanlah dahulu, tapi ingat jangan sampai kekenyangan. Ini akan memberikan anda energi yang cukup untuk menunggangi kuda besi anda. Ingat, riding perlu lebih banyak energi ketimbang driving.

Semoga bermanfaat :D Keep safety riding

Monggo ditambahi bro jika ada yang kurang....

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar