Senin, 18 Juli 2011

Bensin Sintetik Masa Depan Rp3500/liter.... Muosoookkk??

Well, gue rasa kita semua setuju bahwa harga bensin khususnya non subsidi sekarang-sekarang ini mulai membuat isi dompet kita ndlosoorr... Ditambah lagi dengan adanya kriris politik yang terjadi di Mesir dan terusan Suez yang menjadi akses kunci jalur perminyakan dunia membuat harga minyak makin meroket sazaa..

Per tanggal 4 Februari 2011 harga minyak dunia sudah mencapai level 103,37 per barrel.
Namun seperti setetes embun di gurun sahara *halah, di tengah krisis minyak dunia ternyata ada kabar gembira yang datang dari Inggris. Adalah Stephen Voller, CEO Cella Energy yang menyatakan bahwa mereka sudah berhasil menemukan cara untuk membuat bensin sintetis.

Stephen Voller, Sang penggagas bensin sintetik
Bensin sintetis ini dibuat dari senyawa hidrogen yang diproses dengan teknologi yang disebut dengan coaxial electrospraying, suatu teknik nanostruktur yang dikembangkan dalam program sangat rahasia di laboratorium terkenal, Rutherd Appleton Laboratory, dekat Oxford, Inggris selama 4 tahun. Bensin sitentik ini dikemas dalam bentuk kapsul yang dikemas khusus.

Cella Energy mengklaim teknologi nanonya mempunyai prinsip yang sangat sederhana dan secara skala industri tergolong murah untuk dapat dibangun dan diaplikasikan. Untuk menggunakan bensin hidrogen ini bisa dengan mencampurkan ke BBM, namun dapat juga digunakan 100% yakni cukup dengan menambahkan katalisator hidrogen sederhana (sistem pemanas) pada tangki bahan bakar, sedangkan bagian mesin yang lainnya tidak diperlukan adanya modifikasi.

Hebatnya lagi, bensin sintetik ini harganya lebih murah dibandingkan dengan hasil tambang, hanya Rp 3.500 per liter (1,50 dolar AS per gallon). Ditambah lagi, ia tidak menghasilkan emisi karbon karena terbuat dari hidrogen sehingga sangat ramah lingkungan.

Cheap, Green Fuel for everyone
Cheap, Green Fuel for everyone
Jika ingin diboyong kesini, memang kudu disiapkan anggaran untuk biaya alih teknologinya. Namun menilik dari potensi manfaatnya, sepertinya layak untuk dicoba.

Gimana? Monggo share komentar-nya bro, semoga bermanfaat :D
*dihimpun dari berbagai sumber

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar