Nah, bicara masalah uokee, noted : bukan oke. Maka pemilihan oli menjadi subjektif, kadang metode masing-masing bikers berbeda-beda. Sebagian besar memilih oli yang mahal untuk kuda besinya. Ya kadang-kadang juga yang penting mahal / malah yang penting asal produk luar. Wooh.. ya jadi salah kaprah kalau begini. Emang sih ada ungkapan "harga ga pernah boong" , tapi kayaknya klo bisa dapet kualitas bagus dengan harga yang "lebih" realistis kenapa tidak mazbro? :D
sama dengan milih motor, masih pentingin merk? ga jaman!! |
Sebetulnya, sebelum oli dilepas ke pasaran, ia akan diuji terlebih dahulu lewat lembaga independen untuk memperoleh sertifikasi standar. Contoh yang paling banyak kita kenal ya misalnya JASO dan API. Untuk JASO adalah MA dan MA2, standar tertinggi adalah MA2 untuk 4 tak. Sedangkan API biasanya dimulai dari SH, SG, SJ, SL. Nah huruf dibelakang S, makin jauh dari A maka makin baik. Seluruh oli yang berstandar sama maka hampir dapat dipastikan mempunyai kualitas yang setara, namanya juga standar internasional, pastinya reliable untuk kita jadikan panduan.
Dan dengan demikian maka, bisa disimpulkan oli Evalube 4T Pro yang API SJ dan JASO MA semi synthetic sebetulnya kualitasnya setara dengan Oli Shell AX7 yang semi synthetic yang mengusung standar yang sama. Dan dengan demikian pula Oli Enduro 4T racing yang berstandar API SJ dan JASO MA2 lebih baik kualitasnya dibanding Oli Shell AX7. Begitu juga oli Top1 yang berstandar JASO MA2 dan API SJ bertaraf sama dengan Enduro Racing. *ini cuman contoh, saya tidak ada kaitannya dengan merk manapun
Memang kenyataan di lapangan, ada yang bilang oli anu lebih enak dari oli inu walaupun kenyataanya standarnya sama / bahkan lebih rendah. Perlu diingat bahwa mesin mempunyai karakteristik masing-masing yang belum tentu lebih enak bila diisi standar oli lebih tinggi dan lebih encer, masing-masing punya seleranya sendiri-sendiri, ya kayak ente aja kalao seleranya warteg disuruh makan hotel misalnya, belum tentu merasa lebih enak (cm contoh, ojo nesu :D). Jadi begini bila misalnya mesin motor anda uenakk diisi oli mahal anu dengan spek standar semi sintetik API SJ JASO MA SAE20W-50 misalnya, coba anda cari alternatif oli lokal/boleh juga sesama merk luar yang berharga dibawahnya dengan spek dan kekentalan yang sama (pasti ada). Yakin deh, gag bakal jauh berbeda, kecuali sugesti anda saja.
oli lokal juga oke lho |
Yap, nggak perlu asal mahal kan? Mari lebih cerdas , jgn takut mencoba oli lokal, banyak untungnya kok *kita untung, bangsa (mudah-mudahan juga) untung*, terutama di kantong *bikers kaya yang mau mencoba dan nggak ilfeel sama oli merk lokal welcome juga lhooo :D
Lha terus bagaimana kalo motor gue malah enaknya klo diisi oli murah, lha bersyukurlah sampeyan, motormu ae pangerten, mosok pacarmu/istrimu ora? huahahaha, ngelantur.
Silahkan berkomentar, bro. :D
Dulu saya jg pake Oli Pertamina Enduro 4T racing utk vixion boreip 165cc maknyusss bgt, skg udah pindah ke oli MOTUL H-tech ini lbh gila lg benar2 enak n halus bgt
BalasHapuskalau motul standarnya API SL masbro, jelas lebih bagus dibanding Enduro yang cuma API SJ :D
BalasHapushe5x justru itu skg g pake Motul H-tech walau harganya tdk bersahabat sebotol 70ribu n mesti beli 5 botol krn bengkel terdekat tdk jual motul tipe ini jd terpaksa beli dg agennya
BalasHapusane terakhir pake Evalube ProSyn yg gambar diatas..murmer banget cuma 20 rb 800mL.
BalasHapustapi sekarang koq baru2 200KM an oli udah agak item yah..
padahal mesin baru ane servis sendiri(bersihin karbu, busi, carbon cleaning pake VeryLube) :(
ane beli di bengkel umum tapi ada segelnya koq..