Back to topic, salah satu cara ngencengin motor adalah dengan mengupgrade pengapian. Ya diantaranya dengan ganti CDI, ganti koil, ganti busi perak, dll. Ya, kalo cuman ganti sih gampang, masalahnya kan gak semua bikers duitnya juga kenceng.
Tenang, buat yang berduit lumayan cekak atau lagi pengen berhemat juga bisa berkreasi ala mc.gyver. Bagi yang udah tahu, mohon permisi ya, kalo ane bagi-bagi ilmu ini. Metode ini dijamin murah namun hasilnya joss, udah ane buktiin sendiri di cs1 kilatperak ane makin wusss.
Ground Strap
Nah, yang bakalan kita bikin kali ini namanya adalah ground strap. Kalo ente belom tau, ground strap adalah grounding yang dilakukan pada kabel busi yang berfungsi sebagai booster sekaligus stabilizer pengapian. Lha kok bisa nge-booster. Yap, teknologi ground strap akan menghilangkan kapasitansi kabel busi dan menyerap frekuensi liar yang tercipta di sekeliling kabel busi. Kapasitansi dan frekuensi ini bervariasi tergantung kabel busi yang dipakai, biasanya kabel busi yang "super" (tebal/racing, cth: protec racing wire) akan menghasilkan arus yang lebih rendah, sehingga dengan demikian pengaruh ground strap akan lebih terasa pada kabel busi standar. Adapun efek yang dihasilkan mirip dengan stabilizer cth: 9Power. Untuk hasilnya bagusan mana, ente rasain sendiri aja ye, resep ini atau 9Power dsb, soalnya nanti ane bisa-bisa dilemparin bata sama produsen 9Power ntar. :D
Adapun koil yang sudah menerapkan teknologi ini adalah koil Nology dan Protec Ultimate yang termasuk koil mahal premium. Ente bisa mengamati sendiri perubahan pada api yang dihasilkan pada saat ground strap diaplikasikan, api akan langsung berwarna biru dan fokus. Ente dapat pula mengamati perubahannya di mesin dyno, wkwkwkwk.
Oke , pertama yang harus ente lakukan adalah membeli kabel kawat yang di toko elektronik dijual Rp 3000,- per meter, bentuknya kayak gini :
namanya kabel kawat |
dililit disepanjang kabel busi, lebih rapat + banyak lilitan makin joss |
ujung lilitan jgn lupa dihubungkan ke massa |
MAri berkomentar, bro. :D
siphhh udah bikin sendiri
BalasHapuswooh, sip bro ziz
BalasHapuskalo ane pake 2 pcs 9power bro di red vixion ane + autolite chopper core, kalo kate pake pretamax, beuh...kadang ampe susah tu ane nunggangin'y, bis bawaan'y mw kabur moeloe :D
BalasHapustanya brot, itu lilitan kabelnya dibuang isolatornya kan ? jadi mirip kyk lilitan spul/koil gitu..
BalasHapustrus pas udah jadi lilitan tersebut ditutup plester kan ?
thank's :)
@luv_riri : coba ente tambain ground strap deh, bakal lain lagi hasilnya, jauh kemana-mana lebih josss, wkwkwk. busi copper core langkaph pintar tu bro, terjangkau, performa dapet, IRIDIUM mah MAHAL DOANK
BalasHapus@willy : betul sekali dibuang isolatornya bro, nanti kalau sudah ditutup plester boleh, kabel bakar juga boleh, supaya enggak kotor aja :D
Ujung kabel yg sayu nya ke ground koil,trus yg ujung kabel satu nya kmana om....?
Hapustq ya om....
ujung kbal 1 ke masa koil . nah trus yg 1 nya ke mana gan ?????
HapusKalau pake koil racing bisa ?
Hapusjadi kalo ganti busi iridium hasil kurang maks ni bro??? enaknya pake ap ya
BalasHapus* mau ningkati performa vixi tapi yang paket hemat aj,, hehehe
mantap ini bro, bisa jadi referensi bwt vixi ane ini. . :)
BalasHapusthx..
Mau tanya... Ujung kabel yg satu di tempel ke ground coil, terus ujung kabel ug lain di hubungkan kemana...? Mohon jawabannya, thanks
BalasHapusMakjang...!!! Cakep bener KK jadinya...
BalasHapusMo tanya nich bro..... dah pakai ground strap di kabel busi tapi pas mo ke grounkan mesin hidup ko kabel nya nyetrum ya, didekatkan ke ground ada percikan api? apa kabel businya kurang bagus ya?
BalasHapuskalo pake kawat bekas trafo bisa ga gan?caranya gmn di bakar dulu apa engga?
BalasHapusijin sumbang pengalaman bozz,
BalasHapusmenurut teori dan sebagian praktek memang kabel ground yang dililitkan diluar kabel positif dapat menjadi penetral frekuensi liar(kalo tidak salah istilahnya storing). hal itu juga terdapat pada televisi tabung, preamp-head stereo, handphone bahkan sampai tuner alat gelombang.
akan tetapi (ada tapinya nih) hal ini tidak berlaku untuk motor saya, dimana motor saya apinya (entah) terlalu besar sehingga bila diberi penetral kawat terlilit justru apinya akan meloncat ke arah kabel lilitan tersebut, bisa menembus karet isolator kabel koil. jangankan setebal karet, lha wong cop busi motor saya dicopot dari businya aja motor masih bisa nyala kok. pernah coba juga, busi saya potong katodanya, masih nyala juga motornya. akan halnya jika hujan dan kabel busi basah, maka motor nggak bisa hidup dikarenakan api meloncat langsung ke blok mesin.
hemat saya, hal ini perlu dicoba bagi yang belum mencobanya, karena bisa saja karakteristik koil yang dipasang memang bisa digrounding.
@achmad soeltoni, menggunakan kawat bekas trafo tidak dibakar tidak masalah, sehingga emailnya masih menempel. no problemo. bahkan menggunakan kertas timah bungkus rokok pun oke, dengan mengabaikan perhitungan2 elektronis jika hanya sebagai grounding.
numpang tanya kalo mx stndr pke cdi mio trus mw coba trik di ats pke boostr koil kra kra ccok ga??sklian efk ngtif psitifny apaaan ???tlong yg lbh mngrti bgi ilmuny :p
BalasHapusMau tanya... Ujung kabel yg satu di tempel ke ground coil, terus ujung kabel ug lain di hubungkan kemana...? Mohon jawabannya, thanks
BalasHapusYg satunya biarkan saja
HapusYg satunya biarkan saja
Hapusmasbro saya butuh pencerahan nich buat bahan skripsi saya terkait landasan teori tentang groundstrap,.. saya dari teknik mesin konsentrasi otomotif tapi kurang mendalami kelistrikan,.. prinsip dasar kelistrikan untuk groundstrap ini dari mana yah,.. sejauh ini yg saya anggap mirip atau bisa di jadikan acuan adalah hukum gaya Lorentz,tapi saya belum bener2 yakin,.. bisa minta pencerahannya gag?? ditunggu gan pencerahannya
BalasHapusmas bagaimana skripsinya??
HapusUjung kabel yg sayu nya ke ground koil,trus yg ujung kabel satu nya kmana gan?
BalasHapusTlng di jawab gan
Kabel Satunya Ketukang Loak Buat dikilo Masbro noef...Wek
BalasHapuspake aja ferrit bead
BalasHapusGan w mau nnya nih w dah bkin buat mio kan ujung kbel satu d sambungin k massa trus ujung kbel yg satu d msukin k pala busi pa gmana ...w msh blm jlas nih butuh pencerahan nih gan...
BalasHapusBro,, harap di jawab,, klo menggunakan cdi racing atau sebut saja produk BeReTe, yg melarang pnggunaan coil boster/racing, nah penambahan groudstep itu bisa di katagorikan jadi coil booster kah,,??
BalasHapussaya udah di coba wal, tpi yg saya bingungkan itu kabal yg satunya di sambungkan ke mana wal, yg satunya kan ke groud koil, jadi yg satunya di kepala busikah wal,.???
BalasHapussatunya bisa ke negatif aki / langsung di putus dan di isolasi saja langsung alias terputus langsung tidak ada jalur ke mana2
Hapusane barusan udah pasang d motor trail seher bore up tapi pengapian standar.... wahh manteeep beneer... kabel busi nya ane pendekin potong 10cm biar nganterin listrik dari koil ke businy ga kejauhan.. klo ane pake kawatnya 3meter.. kabel ke busi full smua ditutup lilitan rapat.. ane tes di tanjakan offroad.. beda bgt axelerasinya jdi nonjok abiiis.. n 1 lagi.. ni modif murah bgt.. mahalan beli rokok nya daripada modifnya.. hahaa
BalasHapusapa gak ada kendala mas,seperti api loncat atau sebagainya
HapusGan, nanya dong.. arah lilitannya hearah mana? kalo kebalik ngefek ga?
BalasHapusgan, mau nanya nih gimana cara bikin DC&CDI booster y ??
BalasHapuspengen bikin buat motor ane nih
mantaaab gan ilmunyaaa.... lokasi dimana gan, kl ktmu lgsng kan lebih enak diajarinnya :D
BalasHapusujung satu ke ground coil...yang satu ke ground juga/dibiarkan saja tidak mengapa..
BalasHapus#baca di artikel laen..
arif rahmayadi@pake kawat email ukur brp mm bang??trus cat bungkus kawatnya diilangin nggak??
BalasHapussedikit pencerahannya gan banyak yg tanya kabel 1 nya ke ground dan kabel 1 kemana.
BalasHapusjawabannya:kabel ujung yg pertama di tempel kan ke ground koil ya kawan dan yg 1 nya itu tidak di tempel kemana" gan karena kan 1 kabel ujungnya sudah menempel di ground koilnya jadi gk perlu pusing lagi ujung 1 nya mau di pasang kemana,ya didiemin aja jngn di apa"in yg 1 nya.
kalo lilitan nya nggak rapat bisa "NGOBOS" hehehe
BalasHapusDah bohong .. Belum ada bukti nyata yang terlihat oleh mata kepala sendiri .. Soalnya uji coba tetep aja ..
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusane pernah baca (lupa sumber) dimulai dari deket koil ~ tapi ga usah tempel kemana2 dulu alias langsung dibadan luar kabel busi ke arah cop busi. nanti menjelang lilitan akhir kira2 1/4 dari panjang kabel mendekati pangkal busi biarkan terbuka(jgn ditutup semua tar api dari busi malah nyamber kabel), nah jika ada sisa tutup dulu kabel sisa pakai karet yg dibakar, ujungnya dikasih skun lalu tempel dimesin motor, alasan: menambah akselerasi pembakaran diruang bakar. klo ragu masing2 ujung ga usah tempel kemana2 tapi langsung dililit ferrite (dibutuhkan 2 ferrite) see http://www.indotechmall.com/parts/ferriteturn.jpg
BalasHapusDah dicoba di supri 2006,mantap.bunga api makin kuat,besar dan stabil tdk kabur.rpm bwh,menegah,atas mantap.pembakaran sempurna.apalagi pake pertamax .mau nya lari melulu tuh motor.kompresi di naikin makin enak gebukan nya...
BalasHapusDah dicoba di supri 2006,mantap.bunga api makin kuat,besar dan stabil tdk kabur.rpm bwh,menegah,atas mantap.pembakaran sempurna.apalagi pake pertamax .mau nya lari melulu tuh motor.kompresi di naikin makin enak gebukan nya...
BalasHapusIki tenanan pora jane.. aku kok penasaran..
BalasHapusDang ditest bro...aq pnasran pisan iki
HapusDang ditest bro...aq pnasran pisan iki
HapusMo share tanya" nih bro...aku barusan gulungin spul.. hasil keluaran listriknya besar bgt.. ku pake headlamp HID 100watt smp meleleh..(cocok buat nyetrum ikan kyke) hehe..
BalasHapusMohon masukan dan pencerahan agan" disini... apa harus gulung spul lagi ato di tmbh komponen kelistrikan nya
BalasHapusMohon masukan dan pencerahan agan" disini... apa harus gulung spul lagi ato di tmbh komponen kelistrikan nya
BalasHapuslogikanya grounding menstabilkan aliran listrik yg ada d kabel businya itu..besar kecil kawat tembagayg kita gunakan, dan rapat renggangnya lilitan yg kita aplikasikan sangat berpengaruh terhadap hasilnya..jika tembaga dibuat lilitan yang porosnya ada aliran listrik (sperti d kabel busi yg voltasenya sampe 35000volt) pasti lilitan tsbut akan mengalirkan tegangan listrik..jadi untuk menstabilkan arus listrik yg liar yg di tangkap oleh lilitan tembaga tsb..dialirkan ke ground atau masa body, sebagai penetral, jadi arus listrik yg mengalir di kabel busi tsb menjadi stabil..sehingga api yg di hasilkan ke busi lebih optimal, nb..sebaiknya gunakan kawat tembaga yg sudah ada isolasinya jadi aman jika tersentuh (ga nyetrum) beli d toko komponen elektronika atau tempat trafo.
HapusSalah luh.. fungsi tuh lilitan bukan layaknya penangkal petir..
HapusMas kalo di motor Shogun udah gak standar,,,bisa gak..
BalasHapusKalauu pake koil racing bisa tidak mas
BalasHapusgan kalu di kabel busi ada y di pakek kayak led nyala apa nama benda tersebut gan... tolong info nya
BalasHapusBang pengaruh pada alat pengapian ada ngak ya tolong balas bang
BalasHapus