Kamis, 29 September 2011

CBR 250 R vs Ninja 250 R : Motor safety jgn jual dimari, kenceng no.1 titik... (ane cuman bisa miris..)

Halo, sobat bikers. Ane coba ikut urun rembuk kenapa CBR 250 R yang menawarkan keunggulan utama berupa sistem ABS yang cukup canggih dengan sistem kombinasi dan elektronik gagal total merontokkan dominasi Ninja 250 R.

Nggak usah mikir jauh-jauh juga sebenernya udah ketauan dari dulu, simple banget nih -> Tinggal CBR 250 Ri ABS sama Ninja 250 R kencengan mana?


Jelas kencengan Ninja 250 R, makanya Ninja lah yang jadi raja 250 cc. Juga banyak yang beralasan bahwa dari segi performance Ninja 250 R jauh lebih baik daripada CBR 250 R ABS. (sengaja pakai yang ABS supaya head to head dari segi harga). Padahal yang namanya performance itu bukan cuma diukur dari seberapa kenceng tuh motor. Tapi juga aspek pengendalian, user friendly, konsumsi bahan bakar, dan pengereman juga bisa masuk aspek performance suatu motor, kalo nggak percaya tanya aja sama pembalap.

Nah, sebuah piranti ABS di motor mungkin belum masanya masuk ke Indonesia. Hal ini dikarenakan orang Indonesia terbiasa membawa motor bebek sehingga menganggap bahwa piranti ABS itu nggak penting. Jumlah kecelakaan motor yang terjadi setiap hari belum sampai mungkin ke pikiran. Sebagaimana pepatah : "Baru kapok kalau udah ngalamin". Nah, kalo sampe hilang nyawa, kapok sekapok-kapoknya juga percuma.



 Padahal tu sistem yang namanya aa be es kalo ada di motor bakal kerasa jauh lebih bermanfaat ketimbang di roda empat. Kecelakaan roda dua sebagian besar dikarenakan riders yang kehilangan kendali atas motornya karena panic braking, nah ABS ini seperti mengambil-alih otak kita yang error sesaat karena panik dan memberikan waktu tambahan bagi motor untuk dikendalikan sehingga diharapkan bisa melakukan manuver terakhir seperti menghindar, hal yang mustahal bagi motor non-abs yang langsung selip ketika panic braking. Memang tidak bergaransi accident-proof tetapi setidaknya meminimalisir kerusakan terhadap tubuh dan motor, dimana terkadang helm terbaik pun tidak cukup, nyawa kita cuman satu, brothers. Apalagi sebagaimana kita tahu bahwa motor sport pasti performanya diatas rata-rata. Si kilatperak ane aja pengen banget dipasangin ABS, nah mungkin gambar dibawah bisa lebih berbicara.

apa ya itu yang ditutupin koran ?
gbr dari smartfaiz.wordpress.com
ah, beli aja helm yg termahal *ga cukup bro

hasil googling, kecelakaan member NOC, rider meninggal meninggalkan seorang anak balita :(
 Motor kenceng itu bagus ? Bisa ya, bisa tidak. Ingat anda riding di jalan raya, bukan sirkuit yang sudah disituasikan. Ane paling suka analogi TVS, jalan raya adalah hutan. Kita nggak bisa duga apa yang bakal terjadi, maka dari itu perangkat safety sangatlah vital, apalagi kalau sudah ngomongin motor sport yang notebene high-speed.


*gbr dari iwanbanaran.wordpress.com
Masih butuh ABS? You decide.... Pernah dengar pepatah "Power is nothing without control". Anda mau pilih yang mana? The choice is yours, bro :D

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

8 komentar:

  1. pertamax diamankan :-P

    miris lihat motor2 bagus pada ancur...

    teknologi ABS memang dibutuhkan tetapi orang umum masih bingung apa bedanya abs dan non abs

    http://setia1heri.wordpress.com/2011/10/01/turing-syawala…-to-kakek-bodo/

    BalasHapus
  2. Setuju sangat !!

    Beda sama di Eropa n Amerika !!

    CBR 250 ABS disana lebih laku !!

    BalasHapus
  3. @setiaheri : ya motor-motor pada ancur itu akibat ridernya yang kurang paham, seharusnya ATPM juga memberi motor yang safety donk, jangan cuma umbar power, ngeri men, motor bisa lari 200 kpj ga pake ABS :)

    @haryudha : itulah bedanya mindset orang maju sama orang katro, kita tinggal pilih mau ngikut yang mana kan? :)

    BalasHapus
  4. @setiaheri : ya motor-motor pada ancur itu akibat ridernya yang kurang paham, seharusnya ATPM juga memberi motor yang safety donk, jangan cuma umbar power, ngeri men, motor bisa lari 200 kpj ga pake ABS :)

    @haryudha : itulah bedanya mindset orang maju sama orang katro, kita tinggal pilih mau ngikut yang mana kan? :)

    BalasHapus
  5. Gue yang udah make CBR ABS ber argumen bahwa ini memang patut d untuk di gebler di jalanan... Let's Run...

    BalasHapus
  6. Yang bilang ninja 250 performanya lebih bagus dari CBR itu salah besar bro, ninja itu cuma menang top speed doank yang lainnya CBR lebih unggul, buktinya di kejurnas 250 yang mendominasi podium 1 & 2 justru CBR, coz di balapan top speed bukan yang utama tapi handling dan akselerasi yang lebih penting. di balap jalanan juga ninja sering bgt kalah dari CBR, bahkan di balap trek lurus alias drag pun CBR masih bisa menang....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang bener cbr power mantap,,safety jg ok,, aq gak nyesal pakai cbr abs,, beberapa kali aq tancap gas,,terjadi hal tak terduga aq rem dadakan gak ngepot,,abs rem super pakem, apalagi d dukung ban bagus,, battlax S20,, tapi tetep doa dan safety no.1 jalan raya bukan sircuit,, cbr, ninja,, n motor sport lainnya buakan buat motor anak bawah umur

      Hapus
  7. yang mau jual motor bekas kcelakaan hubungi aja 085747226534
    serius

    BalasHapus