Senin, 18 Juli 2011

Ternyata mesin Megelli 250 RE/RV BUKAN buatan EDI Progetti ?

Adanya Megelli One Make Race yang cukup heboh belakangan ini jujur membuat gue melirik lagi motor ini. Sebenarnya dari pertama kali muncul gwe langsung jatuh cinta. Hanya saja memang gue ragu dengan kualitas mesinnya, terlebih lagi saat gue mencoba mampir ke salah satu dealer Minerva di Jl.Panjang Kebon Jeruk, salesnya memberitahu gue bahwa garansi motor ini hanya 1 tahun.

mmg cantik sih, tapi...menurut gue kurang worthed dari segi kualitas
Alamak, uang sebesar 29 juta itu banyak men kalau buat gue, dan dengan jaminan yang seadanya. Gue wait n see. Lalu belum lama ini keluar versi terbaru RE dan RV, dengan pembuktian yang cukup heboh lewat Sachs Megelli Racing Championships  maka terbukti mesin baru yang power dan speednya bahkan DIATAS CBR 250R maka membuat gue kembali jatuh cinta dengan motor ini.

Apalagi denger-denger sebentar lagi EDI Progetti Sviluppo yang katanya pembuat mesin Megelli ini akan ngeluarin part racingnya.

Namun, gue coba iseng-iseng googling ke situs resminya si EDI Progretti di http://www.ediprogetti.it/index_en.php, kok enggak ada Minerva / Megelli / Sachs ya di daftar merk customernya si perancang mesin Italia ini ya ?
Merek-merek yang pakai mesin rancangan EDI Progetti cuma ini disana :

Terhitung motor yang pakai mesin buatan Italia ini jadi Piaggio, Moto Guzzi, BMW, Aprillia, Benelli, dan Kymco.

Ternyata, setelah gue investigasi lebih lanjut, mesin yang dipakai di Megelli 250 RE/RV ini memang mesinnya Zongshen, yang dipesan dan DIPRODUKSI oleh Zongshen serta dalam desainnya memang sedikit banyak melibatkan EDI Progetti tapi bukan keseluruhan desain. Artinya sebenarnya mesin ini bukan DIBUAT apalagi DIPASOK oleh EDI Progetti seperti yang diberitakan sudah-sudah.

nah, ini justru yang asli, jangan liat mereknya bro ;P

perhatikan kesamaan detailnya....

mesin zongshen

ini mesin + motor yang aslinya, mantap bukan ;p
Megelli sendiri memang nggak punya mesin buat motornya, ia cuman rangka aja yang bisa ditemplokin mesin apapun. Menurut gue mesin Cina kan juga bagus. Bilang saja rancangan EDI Progetti BUKAN dipasok oleh EDI Progetti. Begitu kan bisa daripada harus nipu.

Gue salut sama Bajaj sama Kymco yang mengakui keorisinalitasan produknya, buatan India ya bilang India. Buatan Taiwan ya bilang Taiwan, padahal tuh jelas-jelas malah ternyata mesin Kymco malah yang asli rancangan Progetti Italy.

Gue pakai Kymco Spike saja masih banyak orang yang ngetawain, pas di jalan ngeliat larinya baru deh pada terheran-heran ngeliat motor Taiwan larinya kuenceng.

kymco spike 120 RR perak juga :D
Kymco Spike, asli buatan taiwan bukan jerman bukan UK jadi-jadian tapi maknyus
Silahkan berkomentar, bro :D

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

4 komentar:

  1. maknyoss....

    memang kebanyakan merk lokal menggunakan mesin OEM zongshen koq...

    sebut saja nasha, torindo, tossa, daiheyo, grand surya, dll. hampir semua memakai produk zongshen..

    BalasHapus
  2. kang tolong dikoreksi. saya lihat di situs edi progetti ada lambang megelli di situs costumer. tolong dikoreksi kang. silahkan cek di http://www.ediprogetti.it/index_en.php.

    BalasHapus
  3. setuju ma coment atas ane, udah ada lambang migelinya mas bro,....

    BalasHapus
  4. cek bro.. http://megelli-indonesia-groups.blogspot.com/2012/05/surat-dari-italy-edi-progetti-buat-para.html

    BalasHapus