Senin, 18 Juli 2011

Mau Safety ya jangan naik motor!!, gimana pendapatnya, bro?

First of all, gue bukan FBH, tapi kebetulan gue tertarik dengan visi Honda dalam membuat motor yang aman, oke kita lanjut dulu...

Sepertinya bukan Honda jika tidak bermain dengan teknologi baru dan canggih. Sementara pesaingnya sibuk bikin mesin yang sekencang-kencangnya, Honda kini lebih memilih mengembangkan konsep sepeda motor yang canggih, irit, nyaman, serta aman dibanding hanya kencang. Walaupun sepertinya Honda bisa juga bikin motor kenceng, VTR SP2 misalnya.

Visi membuat motor safety sudah tercermin dari dibenamkannya C-ABS di CBR 250R yang merupakan pertama kali di dunia untuk motor 250cc. Memang banyak biker yang mencibir, padahal sesungguhnya safety dan keselamatan lebih berharga daripada sekedar koar-koar top speed yang dicapai. Kalau soal top speed, ingat di atas langit masih ada langit. Hayabusa saja masih ada yang bisa ngalahin kalau soal top speed.
Tapi kalau keselamatan ?? Harga mati bro!! Nggak ada yang namanya cacat gara2 gedubrak (ih, amit2 sih ini) bisa dibalik lagi. Apalagi soal nyawa, kita bukan kucing yang nyawanya 9 bro, hehe..., tapi ya biasanya kalau belum ngalamin, orang cenderung mengesampingkan unsur safety dan lebih memilih membayar lebih untuk mengorek mesin motornya terkadang bahkan sampai lebih dari kemampuan dukung sasis serta kendali motor itu sendiri dan enggan membayar lebih untuk keselamatan. (baca: pakai helm cetok, rem dilepas, anti rem ABS,alay racer,bore up ekstrem, dll).

Sering gue dengar pernyataan seperti ini:  Mau safety ya jangan naik motor, bro!! Wow, ternyata banyak biker yang daredevil di Indonesia yah, hehehe. Atau sebegitu sombongnya mereka sehingga amat yakin mereka dengan keahlian ala pembalapnya bakal kebal kecelakaaan ??!. No offense, jgn ada yang tersinggung, introspeksi aja... :D Memang motor nggak bisa seaman mobil sih, tapi kalo ada safety lebih yang ditawarkan, Why not??

Lain halnya di luar negeri, kebanyakan lebih memilih fitur safety daripada kecepatan, Yah, pola pikirnya memang sudah beda sih ;P

Ngomong-ngomong soal fitur safety, baru-baru ini Honda mengembangkan lagi piranti baru keselamatan di sepeda motor namanya seatbelt dan ejection seat. Oke, bro, ini bukan April Mop nih tapi seriusan. Pengembangnnya akan mengambil basis pada Honda Goldwing. Sehingga nantinya motor ini akan dilengkapi dengan C-ABS andalan Honda, Airbag, Seatbelt, dan Ejection Seat. Yup, betul kursi pelontar seperti yang ada di pesawat tempur, bro!!

Adapun fitur baru Seatbelt dan Ejection Seat ini tentunya akan diatur oleh sistem AI yang canggih, jadi nggak bakalan loncat sendiri pada waktu dan tempat yang salah. Caranya gimana? Pastinya bakal banyak sensor-sensor di sekujur bodi motor tersebut, hehehe

Kayak begini kira-kira bentuknya :

Prototype Honda Goldwing dengan Seatbelt dan Ejection Seat

Kira-kira akan seperti ini, terlihat modul elektronik pengaturnya
Silahkan berkomentar bro :D Semoga bermanfaat dan tetap peace brotherhood...

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

1 komentar:

  1. PreeettAmaatt lagiii gak ada lawan :|

    Onta emang canggih makanya mahal wkwkwk :D

    BalasHapus