Selasa, 19 Juli 2011

Jetmatic Nex, langkah inovatif Suzuki patut diacungi jempol !!

Suzuki mulai menggeliat. Walaupun gerakannya belom bisa dibilang radikal, gue yakin Suzuki masih punya peluang besar untuk kembali memperkuat pasar roda 2 nya. Yang paling hangat dan agak kontroversial sekarang ini adalah kabar-kabarnya motor skutik baru Suzuki sebagai pengganti Spin yakni Suzuki Jetmatic Nex. Kok bisa Jetmatic?

Yeah, lihat saja bentuknya yang copy paste terinspirasi Jetmatic Kymco, mulai dari desain bodi, front fenderless, batok lampu depan, sampai footstep boncenger yang memakai tombol (desain paten Kymco). Sepertinya Suzuki membeli desain ini dari Kymco, karena desain footpeg otomatis bertombol sudah dipatenkan oleh Kymco.

suzy nex, keren :D

kymco trend sr
Anyway, terlepas dari banyak cibiran biker Indonesia yang cenderung kolot terhadap hal-hal baru (hehe, memang kenyataannya gitu :P, makanya produk sepeda motor di Indo ya gitu2 aja) model Jetmatic seperti inilah matic yang seharusnya, bukan yang "Mio-mio-an". Sebenarnya anaeh juga sih selera orang disini, masa matic kok kayak bebek, eh malah laku, hadeuh :P

Disinyalir, sudah ada 2 ATPM yang siap meluncurkan matik dengan bentuk fresh, yakni AHM dengan ruckusnya, dan Suzuki dengan Nexnya. Langkah ini patut diacungi jempol, karena dengan begini model sepeda motor di Indo akan berkembang.

Tapi untuk mengambil langkah ini, kadung ada resiko besar. Masih ingat kejadian yang menimpa Honda CS1? Modelnya yang out of the box malah menjadi cibiran sana-sini. Yang aneh lah, hidrocepalus lah. Padahal jelas-jelas Honda Cross Runner 800i dan Ducati Multistrada 1200S pakai desain yang serupa, ini desain kelas dunia bok!!. Ini menunjukkan betapa menyedihkannya mayoritas biker Indonesia alay terhadap produk motor yang bagus.

Pengennya justru yang konvensional, yang itu-itu aja (*kadang bikin gemes juga sich). Lha, kalau sudah begini, apa ATPM mau disalahkan kalau setiap ada model baru cuman ganti warna/striping. Ya elahh, orang sini emang maunya gitu, yang gitu2 doank.. *Gedubrakk

Honda Crossrunner 800 - lihat DNA CS1nya (stang,winsil,fairing)

Ducati saudara kembar CS1
BTW, gue sich sangat berharap AHM dan Suzuki jadi ngelepas Ruckus sama Jetmatic Nexnya. Tapi yah itu kudu pake nyali ngeluarinnya... Kalau emang berani, two thumbs up buat Suzuki sama AHM.

Honda zoomer/ruckus 110/125
Tapi perasaan gue sih Suzuki cuman pakai nama Nex-nya doank, modelnya bukan Jetmatic alias cuman facelift ringan dari Spin yang CMIIW kubikasinya diturunkan menjadi 110cc. Sedangkan Honda masih gelap, kata Kang Taufik sih malah mau nelorin Airblade, yah matic gituan lagi, enggak deh.

Yahhh, kecewaaa... Nunggu Kymco Benson aja deh ekspansi ke Jakarta, modelnya bener-bener true matic, elegan dan berselera tinggi. Kalo Piaggio masih kemahalann, cuman Saranto yang mampu beli :P. Matic model Mio? Sorry, but no thanks !!

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar