Eits, tunggu dulu, jangan terus kemakan iklan ataupun rayuan SPG busi. Yup, kita harus jadi bikers yang sedikit lebih cerdas. Busi yang sekarang ini difavoritkan bikers kayak misalnya busi platinum / iridium itu justru busi yang BURUK masbro!!
Hah, boong nih, hoax ni artikel, muosokkk??
Sabar dulu, ada penjelasannya. Semua produsen rata-rata bilang bahwa busi iridium keluarannya lebih bagus
dari busi standar.Yap, busi-busi berbahan platinum dan iridium itu bagus. Tapi, nih sob ada tapinya. Bagus di daya tahan doank, yah rata-rata umurnya 2 kali busi standar lah untuk iridium, yah bisa diatasnya sih tapi performanya pasti udah menurun. Lha bung, itu katanya iridium diklaim bisa 90.000km. Hehe, sekali lagi kita dituntut lebih cerdas, masbro. Yah, memang benar kepala businya (elektroda) mungkin tahan, tetapi support system dari kepala busi itu sendiri, misal: keramik, internal elektrode-nya tidak masbro. Kalau nggak percaya, monggo saja dibuktikan sendiri, pasti kinerjanya lantas menurun... :D *di dynokan juga boleh.
Buat motor harian? Mubazir bro :D |
Wah, tapi tetep bagusan busi platinum,iridium donk *ngotot.com kan tahan panas. Hehe, sob..sob. Emang tu engineer motor sama busi sekolahnya cuman sebulan. Ya enggak lah, busi yang dari tembaga/perak pun sudah didesain tahan panas ruang bakar unless mesin ente sudah di bore-up ekstrem misalnya. Ya dengan kata lain busi platinum / iridium cuman cocok dipake di motor-motor bore-up misalnya aja ya motor drag/road race gituuu. Buat motor standar, gag ada gunanya sob!!! Yang ada dompet ente bolong (*busi platinum/iridium mahal bos) sama gak ada pengaruhnya sama tenaga motor ente, malah kadang menurun. Sama satu lagi, tu busi bakalan cepet mati, bro!! Lha kok bisa, tadi katanya tahan panas. Yap, panasnya motor ente yang sutandar gag cukup buat bersihin tu platinum atau iridium yang super tahan, yang ada malah berkerak dan koit dah tu busi kecuali ente geber terus motor ente 100kpj teru-terusan, wkwkwkwk.
Nih berikut kemampuan daya hantar listrik logam mulai dari yang terbaik sampai terburuk : Perak, Tembaga, Emas, Platinum, Iridium
*Untuk kebenaran daya hantar listrik logam silahkan dibuktikan di google.com, banyak jurnal ilmiah yang sudah membahasnya (in case nggak percaya artikel ini, wkwkwk :P)
Lha terus yang busi yang bagus apa? GAMPANGGG, tuh busi yang dari dealer nemplok di MOTOR ENTE, wkwkwk. Yap, busi standar jauh lebih bagus performanya dan yang pasti harganya murah, bro. Enggak percaya, nih ada tabloid yang udah nguji. STD adalah busi standar dan peserta yang lain kesemuanya busi Iridium kecuali Splitfire. (liat pengaruhnya, cuma 0,2 detik maks, malah ada yang menurun) (harga busi bisa 9x lipat STD - Denso Iridium) Not Worth to BUY !!!!
Tabel hasil pengetesan | ||||||
Akselerasi | STD | Denso | TDR | SplitFire | SDG | Shark |
0 - 60 km / jam | 5,4 detik | 5,3 detik | 5,3 detik | 5,6 detik | 5,4 detik | 5,5 detik |
0 - 80 km / jam | 8,6 detik | 8,4 detik | 8,5 detik | 8,8 detik | 8,7 detik | 8,8 detik |
0 - 100 km / jam | 14,5 detik | 14,2 detik | 14,3 detik | 14,7 detik | 14,6 detik | 14,6 detik |
0 - 100 m | 8,2 detik | 8,2 detik | 8,2 detik | 8,5 detik | 8,5 detik | 8,5 detik |
0 - 201 m | 12,5 detik | 12,3 detik | 12,4 detik | 12,5 detik | 12,6 detik | 12,6 detik |
*) sumber data : http://motorplus.otomotifnet.com/read/2010/04/29/10317/105/13/Lima-Merek-Busi-Motor-Adu-Taji-Bagaimana-Hasilnya
Terus klo mau ganti busi yang lebih bagus dari standar apa donk dalam meningkatkan performa mesin. Gampang!! Cari busi yang elektrodanya murni tembaga (copper), cth : autolite copper core, varso brisk atau kalau malau yang beneran super performance, pilih elektroda yang terbuat dari perak (*perak adalah satu-satunya logam yang berdaya hantar listrik lebih baik dari tembaga), cth : nology silver.tapi harganya enggak nahan sekita 200rb-an. Silahkan ente pilih, klau ane pke autolite copper/std, harga cuman 15rb. Busi iridum? Lewattttt !!!! (performanya)
Asiknya busi yang terbuat dari tembaga (std) dan tembaga murni (autolite copper) tuh harganya muuuraahhh masbro palingan cuma 11-15ribuan, hehehe tidak menyangka bukan? Yup, barang bagus tidak musti mahal kalau kita jeli :D
Nah, ini baru meningkatkan performa, pilih sesuai kocek sampeyan :D (yg atas 200rb, yang bawah 15rb-an) |
Daripada beli busi Iridium yang nggak ngefek, malah bikin tenaga ngedrop sama cepet koit *memang gengsi doank, mending pilih busi copper yang murah, isi pertamax/shell, sama oli yang berstandar tinggi tidak harus merk mahal (inga..inga, berkualitas tidak harus mahal :D)
Silahkan komentarnya, masbro :D
owe pernah ukur pake tester ternyata tiap2 busi baik yg standar tembaga sampe yg platinum rata2 ada tahanannya sekitar 4 k.. aneh ya knp ?
BalasHapusowe pernah pake busi platinum yg zero resistance, emang apinya gede,tebel & biru.. super manteph dah.. cuma gatau knp tiba2 motor ane baru jalan brp km tiba2 mati.. :cry:
PreettAmaatt koq mahal lagiii :))
BalasHapusJAdi begini, masbro. Kesalahan bukan pada busi / motor anda. Busi2 platinum/iridium adalah busi dingin, dengan demikian karakteristiknya adalah busi ini membutuhkan tegangan koil yang besar (koil racing) dan panas ruang bakar yang tinggi agar supaya self-cleaning busi dapat berjalan, jika tidak maka akan berkerak dan bikin busi mati. :D Maka dari itu lebih baik busi dari copper / perak untuk harian, performa akan terdongkrak, tapi tentunya harus yang asli ya :P
BalasHapusYa jelas bukan salah busi nya klo pakenya premium ato nga bensin eceran di pinggir jalan lu mau pake platinum iridium perak ato full tembaga ya sama aja bohong klo pakenya bensin yg tingkat karbonnya/timbal hitam lebih banyak ketimbang oktannya, Ya busi dan ruang bakar jadi cepet berkerak dan ga akan bisa bersih orng pakenya bensin yg lebih banyak timbal hitamnya otomatis umur busi ya jadi pendek karena kerak karbon tersebut bukan masalah dari pembakaran busi mau gede kecilnya mau panas dingin tapi dari bahan bakar yg anda gunakan berkualitas bagus yg timbal hitamnya lebih sedikit apa buruk yg timbal hitamnya lebih banyak daripada oktannya yg menentukan umur busi
Hapusngomong2 soal tingkat ketinggian oktan bensin, kembali lagi kepada rasio kompresi mesinnya bro, motor honda C70 (aka honda pitung) yg masih standar (8,8:1) ente minumin pertamax ato pertamax plus sekalipun yg notabene ente bilang bensin dg karbon timbal yg lebih sedikit dari oktan atau apalah itu, ya percuma bin perkutut bro, tambah melempem yg ada. jadi, busi, bbm dan kompresi mesin adalah aspek yg saling korelatif dan harus diperhatikan
HapusBusi platinum dan/atau iridium hanya pas digunakan di motor yang di bore-up / digeber terus-menerus, karena itulah fungsi iridium dan platinum di kepala busi yang teramat sangat tahan panas. Tapi harap diingat, iridium dan platinum justru tidak sebaik copper dalam penghantar listrik, oleh karena itu performa justru turun kalau dipakai harian :D
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapusw nyari busi copper di sini gk ada gan,,, kira" di daerah mana yaa gan..
Hapusklo cdi ama koil masih standar mah emang mubazir, g kan kerasa pengaruhnya pake yg iridium
BalasHapuspenasaran yg silver, tapi motor bajaj xcd, bisa g mkn setengah bulan beli 2 biji...haha
bajaj yg baru malah 3 biji om ya businya? haha
Hapusbetul, bro. 2 x 200rb = 400 rb. Saran ane sih beli busi full tembaga aja masbro, e.g : autolite, biar dikata mirip standar, apinya justru lebih gede, harga maks 20rb. untuk standar maknyus bgt
BalasHapusbrow tau gak busy autolite yang buat vario masbrow
Hapus^ haah bener brot ? apinya lebih gede & biru ? merk AutoLite yg owe tau pan import dari amrik yah ? :">
BalasHapusthank's btw buat artikelnya yg mencerdaskan :D
tau gak type busi autolite yang buat pulsar 180 ?
BalasHapusBukannya material busi yg ada itu , iridium, platinum, nickel, gold, silver...???
BalasHapusKalau dikatakan iridium itu pnghantar listrik yg buruk kenapa api yg dihasilkan lebih besar & fokus...???
kalo untuk motor ninja r harian bagus nya pake busi autolite yang standar apa yang platinum?
BalasHapustrus kode/type nya brp?
thanks infonya...
BalasHapusmnurut saya ya masbro...tembaga dan perak memang memiliki daya hantar yang bagus,masbro blg sndiri kabel2 listrik yg make tembaga.... itu kan tembaga buat pemakaian arus listrik yg dialiri 1 tegangan saja...klw utk busi... katoda dan anoda lah yg menghasilkan percikan api,,klw dikabel listrik itu ground sama api diadu baru menghasilkan api... yg dimaksud disni motor membutuhkan busi yg anoda dan katodanya untuk pembakaran di ruang mesin ( bukan untuk dialiri listrik saja )...jadi busi yg menghasilkan api yg lbih besar itulah membuat mesin lebih bersih karna semua bensin dan oli ( pada mesin 2 tak ) ikut terbakar sempurna oleh api yg besar dan fokus... busi cepat mati??? ya iyalah businya jarang dibersihkan keraknya( mengingat iridium dan platinum logam penghantar listrik yg buruk ) tman saya yg make busi racing tahan tuh sampe 2 thun,,merk ngk iridium...
BalasHapuslogika saja... anda ingin membakar habis sampah dengan api yg besar atw yg kecil??
makanya bro jgn asal buat kputusan sndiri aj,, banyak peneliti2 yg me research tentang ketahanan dan pembakaran busi.... busi yang berkualitas adalah busi yg memiliki pengapian baik dan stabil,,dan juga tahan lama...
hmm, wah..wah...
Hapusmaksud anda busi racing lebih besar apinya daripada busi standar di motor standar.
Hmm, mungkin sampaeyan perlu lebih belajar lagi nih. Di tulisan saya bilang busi racing apinya justru kecil kalau pakai di pengapian standar termasuk koil standar.
hasilnya juga sudah ada tuh di pengujian media, so buat apa anda membela produk yang jelas-jelas ga ada manfaatnya di motor ente. Busi racing bisa bikin mesin bersih, ini lebih ngawur lagi, yo wis sak karepmu..., ane cuman ngasih info :)
Ente pedagang busi ya? hmm...
Pemilihah jenis logam adalah masalah perhitungan oksidasi dalam proses pembakaran. logam terbaik untuk masalah tersebut adalah Iridium tetapi logam tersebut termasuk langka.( ada logam lain yang lebih tahan dari iridium ) tetapi sangat mahal.
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusBukannya Busi Iridium butuh daya yg lebih rendah dari busi standar untuk menghasilkan percikan api yg lebih besae dari busi standar ya?
HapusSoalnya sdh dibuktikan juga koil yg sama, tp busi beds bahan beda hasil,,,
nggak usah ribut2 mengenai busi,
BalasHapusnih pengalaman saya pakai busi platinum walau semuanya standard tak ada modif pada motor pulsar 220F saya,bbm 3.5 liter bisa menempuh jarak 243 km (Bontang - Samarinda pp)yg penting pembakaran dalam mesin bagus!!.coba hitung sendiri berapa km/liter....hehehehe mantapkan?
Kalau pakai busi tembaga yakin bisa lebih bagus lagi deh
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusJangan jangan penulisnya pedagang atau makelar busi tembaga...ada harga ada rupa bossss...itu ga bisa dipungkiri...kalo mmg ga ngdefek tentu pabrikan gak mau ambil resiko dituntut secara hukum oleh konsumen...tulisan anda itu ga ada faktanya sm sekali cuma omong doang...
BalasHapuslanjut oy
BalasHapusGini aja...daripada ribut antara busi std sama iridium...mending ngasih review masing2. ane setuju sama bro nono...tapi ane gak mihak yang unggul unggulan merk busi
BalasHapusTunggangan ane vixion 2010...All standar...sebelumnya ane pake busi bawaan, selama 2 tahun konsumsi bensin nya 300Km/10 ltr pertamax, kalau pake premium ya 280km/10 ltr dan selama itu baru satu kali ganti. Setelah ane coba ganti pake Denso Iridium IU24 bulan februari kemaren, konsumsi bensin ane sekarang 350Km/10 ltr pertamax atau 340km/10 liter premium. Ya lumayan lah nambah 2x hari kerja gak ngisi bensin buat ke kantor... Yg pasti sekarang udah nggak batuk lagi vixi ane...
Tapi menurut ane memang lebih aman yang spesifikasi nya sama dengan bawaan rakitan...soalnya itu dari pabriknya sudah dihitung kebutuhan pengapian standar terhadap mesin. Mana ada sih produsen yang mau dikomplen kalau motornya rusak...
Kembali lagi sama pemilik motor...sejauh mana modifikasi yang masing2 tunggangannya...ya seenaknya dan senyamannya masing2 lah...
Review suatu prodak boleh, tapi jangan terkesan saling menjatuhkan antar merk dagang, meskipun kita bukan yang berjualan...
nitip link ah http://diks2.blogspot.com
BalasHapusgua udh prnh pke' smua tu busi,pndpt gua,dg spek tigi STD ."autolite"(ok bgt,api lbh gd,hmpr kyk api nya vespa,kn gd tu api nya,tarikan lbh nendang,tp..untk pmkaian agk lm dy kudu srg cek),"Platinum"(api g sgde autolite,tarikan lmyn,untk pmkaian hrian lmyn,agk cpt pnz dknalpot gua,bwt jauh stlh rpm tinggi,tz lgsg kRpm rendah,dy kdg mti,jd pas belok an,dy mnt agk dgeber2 kyk harley biar rpm trun msin g mti),"Iridium"(kt kawan2 busi dingin,yg plg krasa g nyaman bgt dhrga,mhal bos...,tp untk tarikan ok,hrian krg co2k,ap lg jlnan macet,untk jauh ok bgt,cz stau gua iridium dpke sm mtr2 gd,bwt Bmw classic dy d anjur in,kl api msh gd an autolite).
BalasHapusksmpulanx,smw org py pndptx msg2,da klbh an n kkuranganx ndri2.
belajar menulis dan mengeja dulu sebelum komentar...
Hapusmas yang iridium itu ujungnya doang, kalo penghantar dalamnya tetep pake tembaga berkualitas tinggi. mau pake emas cuma kemahalan. maka di pake tembaga. yg daya hantarnya lumayan tinggi, kenapa dibuat kecil karena agar pengapian lebih fokus sehingga pembakaran lebih sempurna, trus knapa pake iridium karena dengan ujung sekecil ntu denso 0.4, ngk 0.6, dibutuhkan penghantar yang tahan trhadap suhu tinggi maka dari itu dipake iridium itu maksudnya setau sya, moga tercerahkan.......
BalasHapussaya dah rasakan sendiri di saat rpm tinggi terasa tarikan lebih bertenaga,
pokonya puaaaassss iridium
paling masuk akal ne komen,.. pusing jg knp dia bisa lbh tau coba?? pke pnjg lebar lebar lg ngjelekin iridium.
Hapusyang pasti produsen NGK dan DENSO di jepang sana sudah memperhitungkan dan meneliti, jauh sebelum mengapa produk ini dibuat
Nah ini baru bener,,, iridium dipake ya untuk ujungnya aja karena lebih tahan,,, disini yg jadi ukuran itu titik lebur, bukan daya hantar saja,,, busi iridium kan cuma ujung doang, didalamnya tetap tembaga murni,,, produsen juga jelas2 bilang gitu,,,
HapusArtikel ini jelas cuma opini pemilik blog
paling masuk akal nih komen nya mas broo.. intinya ya kembali lagi ke selra kita masing" aja bro dan jangan menjatuhkan masing" produk
HapusEmas = (20 °C) 22.14 nΩ•m ( titik lebur =1064.18 °C) ( oksidasi = 3 )
BalasHapusPerak = (20 °C) 15,87 nΩ•m ( titik lebur = 961,78 °C) ( oksidasi = 1 )
Tembaga = (20 °C) 16.78 nΩ•m ( titik lebur = 1084.62 °C ) ( oksidasi = 4 )
Iridium = (20 °C) 47.1 nΩ•m ( titik lebur = 2446 °C ) ( oksidasi = 6 )
Platimun = (20 °C) 105 nΩ•m ( titik lebur = 1768.3 °C) ( oksidasi = 4 )
Nickel = (20 °C) 69.3 nΩ•m ( titik lebut = 1455 °C) ( oksidasi = 3 )
Hapusberarti kalo...harley yg cc nya gede torsi galah kompresi gede..yg suhu bakarnya gede...kalo make busi tembaga lebur pasti tu mata busi....ancur deh
Hapuscontoh oksidasi dari pembakaran.
BalasHapussiapkan plat tembaga ukuran 20 cm x 20 cm tebal 1 mm, bakar di atas kompos gas sampai ada lapisan hitam di atasnya. hentikan pembakaran, tunggu sampai dingin. coba usap lapisan hitam di atas tembaga. akan menempel warna hitam di tangan. itulah oksidasi. jika di teruskan perlakuan pembakaran tersebut secara terus menerus, maka plat nya akan bolong.tembaga yang terbakar akan menjadi CuO2 ( CupprumOkside ) buktikan saja.
wkwkkw maksudnya yang bolong itu apa... ini kan konteknya membahas seputar busi ... apa kepala piston bisa bolong juga maksudnya
HapusYa, busi yg tembaga yg teroksidasi/rusak makanya sering ganti busi, mahal dikit tapi awet sampai motor dipakai sama cucu dan cicitnya.semakin rendah nilai oksidasinya semakin cepet rusak.
Hapusmau nanya bro ada busi autolite & nology silver buat scorpio ga?
BalasHapuskalo ada tipe / kodenya apa ?
thx
lagian ini blog mau share atau menjelekkan dagangan orang ya ,,, ane juga pake NGK platinum tapi fine - fine aja malah tarikan lebih ringan dan gnacir terus kalo mau share harus ada 2 pendapat bos pro n kontra kalo pro doang bukan share namanya , admin tolong jangan di hapus ya kalo emang rencana ini blog mau buat share
BalasHapusada harga ada rupa bro.. ane sampe sekarang dah mau setahun pake iridium ga ada masalah, malah lebih enak distarter walau motor ane (vixion) kaga ada hidup selama 3 hari dalam keadaan dingin distarter dikit dah hidup, bahan bakar lebih irit, ane bukan pedagang gan, ane konsumennya. udah dibuktikan jutaan org gan busi iridium itu bagus
BalasHapus@all jangan-jangan semua itu karena cuma asumsi dan perasaan kalian saja......,dg feeling ketika naik si kuda besinya setelah di ganti busi racing,yg ngk lah,denso dsb........,karena menurut saya pribadi saya sudah 5x ganti2 busi karena kena racun di toko variasy, dr jenis ngk yg platinum serta denso platinum dan yg iridium.......,smua busi racing yg saya gunakan sdh di sesuaikan dg spek busi ninja rr standar nya bawaan pabrik untuk ukuran nya......,......,,,,di motor rr saya yg masih standar pabrikan smua,dr cdi dan ccoil nhya....demi tuhan sekali lagi demi tuhan penggantian busi racing faktanya di rr saya sangat tidak ngaruh sm skl alias nggak ada beda nya babar blas dg busi standar nya...,larinya sm aja,kalaau ngidupin pagi2 tetep harus choke terus...,dr rpm 1000 sampai rpm 7000rb ketika superkips buka sm aja,tendangan ganas bukan karena busi nya,tp krn kips ngebuka jk di rpm 7000 ke atas....,malaah yang sangat kurang menyenangkan...,kalau giliran di service dan ketika busi nya di buka fakta yg terjadi pada rr saya,baik itu busi yg iridium dan yg platinum yg ada malah busi nya sangat hitam skli tdk terbakar smua,dibir busi nya dan di ujung busi nya hitam legam.....,saya sudah pake yg type dingin,panas hasilnya sm aja.....yg ada ujung dan bibir busi hitam legam..mungkin oli samping nya tidak terbakar semua......,tapi ketika saya belikan kembali busi aslinya di dealer kawasaki ruang motor hayam wuruk jakarta pusat......,setiap itu busi dibongkar untuk di bersihin bibir busi nya hitam tapi ujung businya yg di tengah itu merah bata dan tidak hitam legam seperti diwaktu saya pakai busi racing....,
BalasHapussaya tidak mempunyai maksud apapun,demi tuhan ini hanya fakta yg terjadi di rr saya dg nopol motor B 6932 UWS selama saya memakai busi racing dan standar larinya motor sm aja,nggak ada beda nya sm skl,malah lbh enak busi standar nya di rpm tinggi.saya hanya berbagi pengalaman dg dulunya yg slalu ganti2 busi racing beli toko variasy kebon jeruk,terkadang saya beli di toko abadi kebonjeruk,terkadang di toko polaris kebon jeruk,terkadang beli di toko sena kebon jeruk....
gk pernah skul ya.... pada dasarnya semua komponen itu ada karakter masing2 yg musti disesuain kebutuhannya. motor standar ya pke yg standar, motor modif extreem ya pke yg extreem. so jgn asal bilang itu baik n ini jelek yg penting dosisnya pas :)
BalasHapusTuh dengerin kata orang dealer
HapusSetuju brow,kalo mtr std pake busi Racing itu percuma karena panas ruang bakarnya tidak mencapai panas ideal untuk busi Racing,kalo motor yg udah di bore up yg rasio kompresinya udah extreem wajib hukumnya pake busi Racing,kalo pake busi std dipake satu lap aja bisa lumer.
Hapustapi gw pake busi splitfire oke oke aja om,, peforma emang naik sedikit sampe sekarang alhamdulillah motor gw awet,, sebelom nye motor pake denso iridium malah suka meledak" knalpot gw!!! baru seminggu tuh busi udeh koit!!! inti nye mau beli busi ga usah begaya lah,, sesuain aja sama performa motor kita toh kalo motor kenceng pun apa tiap hari lw bawa nye sampe 100kpj ke atas,, ini bukan masalah kantong aja tapi gimana qte harus knal dengan motor qte sendiri supaya tau perawatan & spare part yang cocok sama motor qte...
BalasHapusBuat info aja ni mas bro...
BalasHapusBusi iridium itu fungsi utamanya
1 Menghilangkan distorsi gelombang radio n TV (buat yg suka denger radio di mobil or liat siarian TV di mobil)
2 Menstabilkan Tegangan listrik (misalnya yg udah pake fuel injection or electronic control unit "Mobil or Motor mewah")
intinya yg gw tau, kalo kendaraan mewah supaya nyaman katanya sih harus pakai busi iridium ini.
Jadi mobil or motor mewah lebih di fungsikan fungsi kemewahannya kalo pake busi ini.
Kalo mau test, coba aja yg masih pake busi panas kyk vespa or busi biasa di geber gas nya... apa siaran radio or TV masih normal??
setau ane itu busi resistor deh bro, alias busi yang dilengkapi resistor berbahan keramik didalamnya, dan setau ane lagi busi resistor tersedia di tipe standar platinum iridium dkk. cmiiw ya :D
HapusMungkin TVnya blm pake 4G kali
Hapusbusi tipe resistor (tahanan) tidak lain karena dibagian dalam elektroda tepatnya di tengah (warna hitam) terpasang sebuah resistor atau tahanan yang umumnya merupakan elemen bubuk kaca dan tembaga. Dalam pemasangan resistor ini tujuannya adalah untuk memperlemah gelombang elektromagnet yang ditimbulkan karena loncatan pengapian.
HapusHarapannya jika gelombang elektromagnet lemah…maka hasil positif yang didapatkan tidak lain berkurangnya gangguan (interferensi) radio dan peralatan telekomunikasi baik yang terpasang pada motor ataupun di sekitar area motor berada.
semuanya kembali ke kondisi kendaraan dan pengapian kedaraan kalian masing2, kalo sudah pake cdi aftermarket dan koil nya jg boleh deh sekalian busi racing, tapi kalau masih standar semua dan kedaraan belom sytem injeksi mending standar aja, pengalaman aja supra ane 2005 bore up tapi pengapian masih standar, di TMA ga dapet pake busi racing, setelah upgrade cdi dan koil baru tuh terasa manfaat busi racing, walopun bore up tetep aja irit, maklum tiap pagi harus ke pasar dan kejar2an dengan sales lain yg dah pake motor2 baru.
BalasHapusane pnya vixion 2009,ane pake busi standart baru 2 minggu kinerjanya koq dah loyo
BalasHapusdr pihak bengkel nyaranin pake platinum,tp stlah baca artikel ni q jd bingung,
Tolong ksih info busi yang cocok !!!!!
Standard itu bawaan pabrik.
Hapuskl mau enak ya emank sesuai anjuran Bengkel yaitu Platinum.
Tp kl motor dah ganti Knalpot CDI ato Koil. cocok nya pake Racing / Iridium.
Motor standard pake iridium = pemborosan. tidak sesuai karakter Mesin
saya cuman mau kasih testi nih,
BalasHapusmotor saya ninja rr 2008 kondisi kelistrikan dan mesin masih standar pabrik, kemarin sempet nyoba pake busi NGK platinum VX yang harganya 25rb an. Memang saya rasain ada peningkatan di throttle respon waktu pake si platinum, mesin jadi lebih enteng konsumsi bahan bakar juga jadi lebih irit daripada waktu pake yang standar.
ah G pake busi racing irit. tarikan ok. memang di motor bajaj iridium itu malah bikin motor boyo. intinya tergantung spek motor lah bro. lo ga bisa bilang ini bagus itu ga bagus. intinya merk denso dan ngk sudah di pakai mendunia sampai motogp. ga mgkn juga kan lo lebih pinter dari pada mereka yg udah ahli?
BalasHapusikut komen ya ... sebelumnya, mohon maaf bila ada salah .... ngga bisa dipungkiri memang, buat mereka2 yg hobi otomotif (bahkan hobi apapun yg "kejar2an"), cenderung rentan dibujuk rayu suatu metode atau produk yg diklaim bisa meningkatkan kinerja sistem. Masalahnya, banyak dari mereka2 ini (ngga semua lho ya...) yg asal manut aja apa kata orang. Kayaknya pernah ada iklan di tipi yg isinya berganti orang yang cuman ngomong, "Tuh, kata dia..." (lupa iklan produk apa). Terlebih lagi banyak yg "kesetrum" dan manggut aja ketika yg ngomong tu orang yg dianggap ahli. Dianggap lho ya, bukan ahli beneran. Karena, banyak orang yg karena kantongnya tebel (atau sebenernya kantongnya tipis seh, cuman berani ngutang dan doyan pamer doang)lantas beli ini-itu utk sistemnya, lantas dianggap "suhu" dan pantas diikuti. Kalo kata orang bule, "Do your homework". Sebelon beli barang, riset lah kecil2an, atau bahasa gampangnya : gogling. Ini kan era informasi via internet. Saya sampe hari ini ngga pake iridium, karena ketika saya googling, soal busi iridium atau platinum ini, masih pro-kontra soal peningkatkan kinerja. Bahkan sebenarnya, lebih banyak yg kontra. Ngomong2 kinerja, gimana sich ngukurnya ? pernah denger 'placebo effect' ? atau, pernah denger 'gengsi' ? placebo effect tu kurang lebih boleh diartikan sbg efek semu yg dirasakan seseorang dari produk yg dimilikinya. Ya, semu, ngga real. Apalagi kalo orangnya gengsian. Ya, gengsi utk pamer produk yg dipunyainya. Gengsi pula utk mengaku bahwa dirinya keliru. Ketika komunitas hardware kompie di negeri ini mulai dirasuki 'menu' baru bernama overclocking, saya termasuk yg paling awal ikutan. Kami dulu o/c pasti diikuti oleh benchmarking, dgn berbagai aplikasi benchie yg ada. What for ? utk melihat dan mengukur peningkatan kinerja yg didapat. JAdi, ada angkanya, ada fisiknya, bukan klaim semu. Malahan, kalo bukan utk lomba, metode atau produk yg misalnya harganya muahal tapi hanya memberikan kinerja seiprit, ya ngga bakal laris. Saya ngga tau benchie di otomotif apa, selain DYNO TEST. Tapi, saya pun jarang juga denger orang yg abis pasang ini-itu lantas dyno test dan mengukur berapa (kalopun ada) penambahan kinerja yg ada, dan lantas dinilai berdasarkan price-to-performance rationya. Klaim produsen ? silakan lah produsen mau koar-koar, saya udah dikasih tau oleh reviewer soal apa itu yg namanya "golden sample".
BalasHapusHmmm org awam jd bgung... mau pk yg mana. Mana yg bner mana yg bernanfaat
BalasHapusBusi std yes...! Platinum very nice...! Iridium... too much. Soal keawetan Iridium di mesin std gak sampai terpaut 20.000 km dr kemampuan busi platinum, tp harganya 3 x lipat (kadang lebih).
BalasHapusApapun itu, mending beli busi std tp 2 biji (buat cadangan). Soalnya beli yg platinum/iridium jg gak menjamin bebas mati ketika dipakai. Buktinya klo kunci kontak dicabut, busi platinum/iridium sekalipun gak ada bunga apinya...hehehehe.
kalau busi iridium cocok gak buat mx yg udah bore up 165cc?
BalasHapusSip, informasi-nya mantap, numpang nimbrung sedikit pengalaman, kmrn sempat pake busi Platinum keluaran BOSCH, sy pikir pengaruh kabel busi ataupun coil yang tak imbang, tapi setelah melihat spesifikasi part utk Lancer GTi yang jelas-jelas secara orisinil pake part racing, tapi power-nya malah jadi turun, dan kadang suka ndut-ndutan (di gas lembut malah ngga enak, mau-nya lari, tapi di kecepatan tinggi kaya kehilangan tenaga) padahal udah pake pertamax, ganti pake busi orsinil (standard), akhirnys wussshhh... lari ampe 160 Kpj pake pertamax terasa enteng banget...
BalasHapusKalo busi copper murni yang buat mobil apa ya merk/tipe-nya mas bro......?
BalasHapuskalo pengalaman ane busi standar HANYA untuk pengapian standar. Kalo udah upgrade Coil+CDI boleh gunakan level Platinum. Jika sudah bore up lebih baik pake Iridium.
BalasHapusKadang rider main ganti busi suka salah kaprah liat temen ganti ini itu langsung ikutan. Lalu teriak2 gak sesuai dgn iklan produk. Padahal dia sendiri yg main asal ganti tanpa perhitungan.
Ane pribadi upgrade COil+CDI saja pake NGK Platinum CPR8EVX-9 udah 26rb KM hasilnya maknyuss. Motor bebek tua 4 tak 4 klep 1 silinder masih kuat lari 130kpj dgn rentang lama..
Belum ada sejarah mesin brebet
aduh2 yg bkin blog ni ngotot bgt...he5 peace ah...
BalasHapuspnglman saya...
mtor smash 2005 full standar... pkai busi iridium dah 2 thn nahan... tapi kalo settingan karbu kurang pas emank suka turun performanya krna byknya kerak pd busi jd pmbkaran kurang smpurna,, cabut busi bersihin lg setting krbu yg tepat ngacir lg motor ane... he5
nah klo pke busi standar... merek pa z api memang besar tp gkuat diputaran atas, mtor mlah ngbrebet bro..... pke busi standar cuma pas lg bersihin busi iridium z... 1 atw 2 hri lah pke bsi standar.. stlahnya y iridium lg...
ntar dah ane coba tu busi yg dblg m obos itu... yg tembaga itu... he5
ikut nimbrung masbro...
BalasHapusPengalaman ane sebagai mekanik mobil selama 8 tahun pernah ngalamin konsumen ane pusing dah keliling bengkel mengeluh bahwa mobilnya (mobil sdh EFI) gak bertenaga, boros, ngelitik (bunyi2 pas gas kita paksa injak full) semua setting udah normal baik lewat scanning computer ataupun manual, trs ane n temen2 saranin coba2 pakai busi platinum atau irridium, tuh masalah2 yg diatas clear semua...byk yg sudah ane saranin pake busi ini hasilnya baik semua...kok bisa bisa gitu yah gan klo emang busi irridium or platinum jelek kenapa ada perubahan yg signifikan di mobil konsumen ane? Maaf sebelumnya nih masbro ini cuma share pengalaman ane sendiri...gak dibayar sama pihak busi manapun sepeserpun yg penting bagi ane konsumen ane puas itu hal yang terpenting...
Mas wiann , mobil saya kijang LGX injeksi 2000 cc ( efi ) baik nya pake busi apa ya ?
Hapusgimana untuk motor yg ud diupgrade pengapiannya,contoh ud pke CDI aftermarket spt CDI BRT dll,ap busi copper alias tembaga msh bisa ngatasi atw emang tuh busi diganti aj sm yg iridium or platinum,,trus gimana dg mesin yg mtr yg memang temperatur suhunya slalu naek?newbie bro.. mohon penjelasannya thx..
BalasHapusgak usah pada ribut deh .
BalasHapuskalo motor standar , yaudah gausah make part2 racing segala .
kecuali yang udah bore up an ,
pada ribet yee .
Saya baru ganti part busi merek autolite copper,mengunakan 2 buah 9Power dan bbm pertamax..alhasil tarikan vixion saya bertambah..terbukti saya sudah merasakannya..
BalasHapusterima kasih mas... jd nambah nie pengetahuan sya... hehehe..
BalasHapusSeru..!! nih..
BalasHapusPENGUMUMAN..!!
Telah Hadir formula DANT, menjadikan Ban anti Bocor. Menutp lubang bocor, tanpa turun dari kendaraan. Ramah Lingkungan, Harga Eknomois.
Kunjungi www.antibocordant.blogspot.com
RALAT..
BalasHapusPENGUMUMAN..!!
Telah Hadir formula DANT, menjadikan Ban anti Bocor. Menutp lubang bocor, tanpa turun dari kendaraan. Ramah Lingkungan, Harga Eknomois.
Kunjungi www.antibanbocordant.blogspot.com
Lah itu di tabel pengujian iridium lebih cepat dari standar???gimana sih...
BalasHapuspnya ane vixion 2009, tarikan loyo, top speed cma nympe 115kpj,, udah ane bawa ke beres kata mekaniknya kondisi mesin normal smua, trs katanya biar tambah joss suruh ganti busi yg iridium,, tp stelah liat blog ini ane jd bingung nih
BalasHapusmnurut agan2 smua baiknya gmna ya?
mohon pencerahannya, thanks
kalo mekaniknya udah bilang gitu yah silahkan dicoba mas hehehe...
Hapusts nya kabur v^_^
BalasHapusBener motor harian jangan disamakan motor buat balap atau drag.
BalasHapusApalagi konsumsi BBM nya tidak sesuai kompresi tambah kerja berat tuh mesin.
Tapi ngomong-ngomong nyari busi bahan tembaga murni dimananya bro?
Heheheh
BalasHapusDimana mana MAHAL itu Pasti sesuai Manfaat
Orang kita aja aneh nyari barang bagus MURAH mana adaaaaaaaaaaa
MURAH= Bahan -2 so pasti murahan
MAHAL= Bahan-2 so pasti PILIHHAN
Kalo ane baca dari artikel diatas, memang iridium daya hantar nya lebih rendah dibanding tembaga.. namun titik leburnya lebih tinggi. Namun ada yang kurang.
BalasHapusKalo busi bukannya ada satuan resistansi (R) dengan satuan ohm.
tembaga dengan resistansi misal 2 ohm akan sama daya hantarnya dengan iridium dengan resistansi 2 ohm.
inget gan i = V/R. iridium ama copper akan sama daya arusnya. namun lebih tahan panas. (tegangan koilnya sama)
Ane lebih mantep pake busi iridium dengan resistansi sesuai dengan buku petunjuk mobil / motor.. karena
1. pengapiannya lebih effektif (elektron lebih mudah merambat dengan dari ujung yang lancip (lihat probo osiloskop))
2. lebih tahan lama (udah 1.5 tahun masih baek2 aja.)
ini pendapat ane gan.. moga tidak menyinggung para bikers lain.. hanya urun komeng
ah,,,bulshit ne smua...
BalasHapusyg penting nyampe tujuan dengan selamat, aman, sehat dan gak cacat sedikitpun....
busi iridium klo buat ane cuma buat ngiritin bbm bro,
BalasHapusvario ane waktu ane pake busi standar solo semarang PP 25-30ribu,
setelah ganti iridium solo semarang 20-25ribu,
klo soal performa sama aja menurut ane,
iridium cuma menang 3 bulan pertama ganti, setelah itu biasa2 aja,
iridium ane pake 2tahun lebih 3bulan waktu nyopot patah keramiknya,(sebelum nulis ni komen)
hahahahahahaha,
gw pake autolite cooper 4303 setahun di motor spacy pgmf1 emangsiii performa harian bagus. tapi begitu dibuka elektroda yang melengkung di atas patah/ raib so kalo dilihat dari atas terlihat seperti lingkaran dengan titik di tengah. gw takut tuh elektroda masuk ke klep.... trus drat busi dimasuki busi standar denso u20epr9 losss... wah mesti di bushing nih kalo mo pake standar lagi. akhirnya terpaksa deh ganti autolite lagi daripada bongkar mesin, apalagi ini lagi jelang lebaran uhh.....
BalasHapusati-ati deh daripada kecanduan kayak motor gw
mau tanya....
BalasHapuskalau pk cdi no limit, mesin std, bagusnya pake busi apa ya??
mohon jawabnya....
masa sih ? nih motor ane pake splite fire udah ada 7000 km an lah, baik-baik aja tuh motor ane (ga minta sih :D) malah nambah top speed motor ane yg tadi nya cuma 120-125 km/jam jadi 130-140 km/jam.
BalasHapusRibut loe semua ganti aja businya. dgnPetasan ledakannya tak tertandingi
BalasHapusDgan bom amrozi sekalian ya bro. . Hahahaha piiiss. .
HapusMotor ane Scorpio Z 2013 Masih standard, cuma main di CDI Hyperband, Perkopling sm kanvas kopling doang... semua serba BRT... pake Denso Iridium mubazir gak yaa??
BalasHapusmotor ane FU150 kalau mau maen busi racing,,per kopling n CDI,,,gimana sob??
BalasHapusada efex samping buat mesin gak di penggunaan jangka panjang??
buatKu ono REGO ono RUPO broo
BalasHapushahahahahah
wong og do ribut
yen gelem yo tuku iridium (yen duwe duit) yen ora yo gwo standar ae
hahahahahahaha
GITU AJA KOK REPOT
PY BRO IJEK PENAK JAMANKU DISIK TO
hahahaha
ngomong apaan sih ???
HapusINI BANGET...
BalasHapusTOP
GW BIKER DRI DULU, PKE FEDERAL 6 KECEPATAN..
BalasHapusGK PKE BUSI, TTEP JALAN, TOKCER..
motor ane mio standart gan..dulunya sering mbrebet klo buat tarik2an...
BalasHapussetelah saya bawa ke klinik TONG'FANG
motor ane jadi keceng larinya,
terimakasih klinik TONG'FANG, sudah mengganti mio ane jadi vxion...
"klinik tongfang: melayani tukar tambah untuk motor anda...
(maaf gan jgn serius nanggepin iklan diatas)
yg jelas comeng dari ane smua busi bagus, busi itu ibarat cinta, "yg indah pada waktunya"
motorku scorpio 2006 bulan september , dari awal turun dari dealer sampai sekarang belum pernah ganti busi sama sekali alias masih pakai bawaan pabrik,7 tujuh tahun broo ga pakai ganti busi standar.
BalasHapusga ada masalah sama mesin walau tiap hari aku pakai pp temanggung jogyakarta n so kalau keburu telat juga aku geber motorku.
daripada keluar duit buat beli busi apalagi yang mahal mahal tadi mending buat beli kopi sama rokok brooooo ngebull jozzzz hahahahahaaaa
Saallam biker ane mau tanya gan..mtr Ane tiger revo mtr Ane pake busi racing merk TDR iridium menurut.juragan gimana bagus ga klau buat tarikan
BalasHapuspermisi, bantu jawab
Hapustentu buat tarikan akan bagus, apalagi bila settingan karbu sesuai
tetapi perlu diingat, benar yang dikatakan TS, iridium lebih tahan panas, jadi bila pemakaian untuk sehari-hari, daya tahan busi ini tidak akan bertahan lama, karena dibutuhkan suhu yg lebih tinggi dibanding standar untuk busi tersebut membersihkan diri dari kerak yang menempel, maka dari itu pemakaian harian dan mesin standar akan membuat busi sejenis ini cenderung cepat mengalami penurunan peforma
tentu dengan suhu mesin yg tinggi untuk berkendara bukanlah hal yang baik, akan banyak komponen mesin yang mudah bermasalah
kalau saya lebih menyukai busi platinum, karena dilihat berada di antara busi standar, dan iridium.
busi ini dapat menghantarkan letikan api dengan cukup baik dan tahan terhadap suhu tinggi cukup baik, harganya pun terjangkau, kisaran 2x lipat busi standar
perihal daya tahan, mungkin kembali ke pribadi sendiri, bagaimana karakter mengendarai dan lagi settingan yang sesuai untuk tiap komponen
Salam buat mas bro yang lagi pada ngotot2an masalah busi........
BalasHapusmisi, mo nyoba kasi penjelasan masalah busi, mudah2an bermanfaat.
1. Guna busi yang punya resistansi/hambatan listrik +/- 5KOhm
- untuk nahan arus listrik biar gak manasin ujung elektrode berlebihan
- untuk mengurangi gangguan dari gelombang elektromagnetik yang mengganggu peralatan elektronik, akibat lompatan bunga api pada elektrode yang lebih besar dari pada gak pake resistor. (penanggulangannya seringkali pasang ferrite di kelistrikan agar ECU yang ngatur injection tidak terganggu gelombang elektromagnet)
- kalo gak pake resistor elektrode jadi lebih panas yang berakibat bisa lumer kalau kepala busi hanya pake lapisan nikel, langsung tembaga atau perak. Bisa berakibat lumer dan lumeran yang panas dapat melubangi piston.
2. Bentuk kepala busi.
- Kepala busi dari tembaga umumnya berdiameter 4 mm bertujuan agar tidak mudah lumer pada panas yang dapat mencapai lebih dari 1000 derajat (jika dibuat runcing maka konsentrasi panas diujung runcing dapat melebihi 1500 derajat yang dapat melumerkan tembaga)
- Kepala busi dari irridium umumnya berdiameter 0,6 atau 0,4 mm bertujuan agar lebih memudahkan lompatan bunga api pada elektrode, sehingga api lebih besar, oleh karena runcing maka lebih panas dan harus dibuat dari logam yang lebih tahan panas.
3. Penyebab kerak pada ruang pembakaran adalah karena pembakaran tidak sempurna atau karena penambahan additive yang dipakai meningkatkan performa mesin tapi malah berakibat merusak.
4. CDI untuk motor umumnya memiliki waktu percikan yang lebih singkat (0,8 msec dengan tegangan lebih tinggi) dibandingkan dengan IDI ( model koil yang lama 1,2 msec tapi tegangan lebih rendah sehingga api lebih kecil), sehingga sering dapat menyebabkan pembakaran tidak sempurna, yang dapat mengurangi tenaga / boros BBM. Dengan memakai busi kepala kecil maka dapat lebih menyempurnakan pembakaran.
4. Yang lebih baik untuk menyempurnakan pembakaran adalah menaikan tegangan pada busi tapi arusnya tidak boleh diperbesar dan sekaligus memperpanjang waktu pembakaran. Ane udah coba pakai produk dengan nama SPARK BOOSTER (sayang belum beredar di dunia dan sekarang masih dalam bentuk prototype pada produsennya) yang berfungsi menaikan tegangan dan memperpanjang waktu pembakaran, hasilnya sangat oke buuuangeeet. Sorry yang ikutan diforum ini gak boleh ngiri karena yang boleh pake hanya kalangan terbatas yang terpilih untuk memberikan tanggapan atas risetnya.
Salam kenal untuk mas bro semua
ikutan dikit bro, apapun businya dari pengalaman saya klo busi mati dijalan gak bawa cadangan busi dan kuncinya sama ajja toh, dorong juga...
BalasHapusapapun businya biarpun tahan panas pada elektrodanya tapi kecipratan air pada saat panas, keramiknya retak juga alhasil api bocor samping jadi mbrebet klo gak di gas tinggi...
intinya kmanapun slalu bawa kunci busi dan busi cadangan yg masih baru... oke... daripada diketok harga tinggi sama bengkel ajimumpung...?? kan...???
Ini baru yang paling bener... TOP
BalasHapusPengalaman pake busi standar, baik. Setelah ganti knalpot R9, busi sering minta dedek, sekitar 3 minggu udah angus, pernah pake iridium yg Kw 75rb an, tahan agak lama, sekarang pengen ke klinik tongfang buat beli denso iridium.. Pasti lebih menggelegarr
BalasHapusaq pakai iredium 2 tahun g mati2 bos...
BalasHapusSori nih mas bro,ane tertarik sama tulisan ente..! Ente dapet sumber dari mana yg mengatak kalau perak dan tembaga itu penghantar arus listrik paling baik? Bahkan mengalahkan emas! Ngawurrr.. Panghantar listrik paling baik itu emas,di karenakan emas sangat mahal harga nya jadi tidak terlalu bnyak di pkai hanya untuk menghantarkan listrik..! Dan bicara busi,memang sebetul nya busi itu tak terlepas dari arus listrik,tetapi arus listrik hanya memercikan api saja,bukan sebagai sumber api utama,nah jadi yg berperan besar dalam sisitem pengapian itu bukan tentang bagaiaman penghantar listrik tersebut,tetapi tentang bagaimana logam tersebur tahan dan menghantarkan panas yg terbaik,agar pembakaran itu fokus di dalam ruang pengapian..!
BalasHapusIsi teorinya ngawur kabeh......
BalasHapusPada temperatur ruang, konduktor yang bagus diurutkan dari terbaik adalah Silver - Gold - Copper - Platinum.
Silver tidak digunakan pada banyak beralatan elektronik karena sifatnya yang mudah beroksidasi dengan oksigen sehingga menurunkan daya konduktifnya. Itu alasannya kenapa Silver digunakan di ruang hampa seperti angkasa luar.
Gold sebagai logam yang memiliki daya tahan tinggi kecuali kelenturannya, hanya digunakan pada pada peralatan elektronik berskala mikro seperti didalam INterated Circuit sebagai media penghubung antara Dye (otak IC) dan Terminal (kaki IC) dalam bentuk serat / benang emas. Kenapa demikian? Karena sulitnya mendapatkan Gold sehingga dari Cost Efficiency menjadi sangat kecil skalanya.
Copper alias Tembaga adalah pilihan terbaik dengan tingkat oksidasi yang rendah terhadap lingkungan, daya tahan tinggi dan nilai konduktif yang rata rata membuat Copper banyak digunnakan di berbagai peralatan elektronik. Copper juga dikenal sebagai logam yang "mudah menyatu" dengan logam lain menambah predikat sebagai konduktor yang sangat pas, jika dilihat juga dengan Cost Efficency.
Platinum merupakan logam keras yang memiliki sifat tahan panas yang tinggi, konduktif yang dibawah Copper.
Namun, kenapa Platinum digunakan sebagai logam yang bagus digunakan pada busi?
Lihat alasan di atas. Silver tidak cocok digunakan di ruang beroksigen karena mudah beroksidasi. Gold tidak cocok dari sisi kekeasan maupun harga. Copper akan memiliki index konduktivitas yang menurun cukup banyak pada temperatur tinggi dan menurun seiring me ingkatnya panas. Platinum sebagai logam tahan panas memiliki konduktivitas yang censerung bertahan pada temperatur tinggi dan tidak mudah pula beroksidasi meski terdapat akselerator macam panas super tinggi maupun percikan listrik.
Dari dua sifat yang ditulis di atas, dimanakah busi akan berada? Temperatur ruang atau Temperatur tinggi bahkan ekstrim? Fyi, disaat pembakaran panas yang tercipta dapat mencapai 1000*c seketika dan menurun dengan cepat menjadi sekitar 250*c disaat terjadi dorongan pada torak atau piston dari TMA ke TMB. Tapi apapun itu, apakah itu disebut dengan temperatur ruang?
Informasi yang saya tulis sudah cukup banyak diulas juga di banyak jurnal ilmiah dan kebetlan saya dulu salah satu orang yang mempelajari sifat konduktivitas terkait dengan temperatur. Dan satu lagi, sifat sifat itu juga kemudian dipengaruhi oleh metal campuran yang digunakan.
Knapa saya tulis ini? Karena ada banyak salah pengertian dan pemahaman dimana sepertinya menulis hanya pada 1 sisi seperti sifat konduktiv pada temperatur ruang saja, tanpa melihat perubahan temperatur, cost efficiency dan kemungkinan adanya Metal Mixing.
Ini saya sertakan tabel bahan bahan metal yang berhubungan dengan sifat konduktivitasnya buat bacaan anda : http://periodictable.com/Properties/A/ElectricalType.al.html
yayaya msuk akal ada jurnalnya sgla tp g iso mocone om hahaha, yg penting dr ulasan di atas paham2
HapusYa betul konduktivitas logam cenderung turun seiring bertambahnya temperatur logam tsb
HapusGw cari busi yg penghanyarnya emas....
BalasHapusMotor gw vario 125 fi.dah pake busi standart,platinum,iridium,hancur smua kepala businya.padahal cm ganti koil protec sm ngelilitin tembaga dikabelnya....sebulan ganti busi trus.
hancur gmn mas ?
Hapuscoba share kalau" jadi pengalaman dan informasi
patah ? penyok ?
Kepanjangen mgkn kepala businya wkwkwk
HapusMau ikut nimbrung aja...sebenernya ga cmn busi, oli, bensin dan udara serta suhu udara di luar, sedang jalan atau berhenti di tambah cara bawa... yg bener dalam analisa ambil sample tiap bahan 3 merek sama dengan pola dan hasil rata2... contoh biasa di jakarta ama di puncak ga bisa...ane pernah pake busi dingin nangis darah motor ga hidup di puncak...tpi di jakarta ajib dan irit... knp di buat variasi krn emank di buat utk medan masing2...
BalasHapusom...mau nanya..ane kan awal2 bore up pake busi platinum/iridium gitu,,ane lupa nih,,,pas pake busi std agak menurun akselerasinya.. Spek motor ane (mio 2007) BU 54+cdi BeReTe hyperband..yg pas buat dipake harian dan biisa mendukung kebutuhan ruang bakar motor ane pake busi apa ya? mohon pencerahannya om..thx :)
BalasHapusDi kasih kompor gas saja dalam mesinya malah gampang cari isi ulangnya,,,,apinya justru lbih besar dan biru.....kurang kurang bisa bikin air panas buat ngopi wkwkwk
HapusTS tidak paham mengenai busi. Tapi terkesan paling pintar. lainkali kalau sharing, coba cari dulu sumber2 yg bisa dipercaya, jgn asal ngomong :))
BalasHapusbusi iridium itu selain tahan lebih lama, dia butuh arus lebih rendah untuk menghasilkan busur listrik yg optimal, makanya mahal bro...kalau mau buat artikel, googling dulu bro...
BalasHapusNgomongke busi wae ribut...tinggal uang mu cukupnya buat beli apa tu busi,pasang,selesai..g usah neko2..pengen banter numpak helikopter..
BalasHapusBetul....kalau ngga tnya tukang tebang kayu yng pakai mesin sengso tyain pakai busi apa.....ko bisa ngrobohin kayu gede ngga kenal panas dingin lg....trus suaranya bisa kedengeran sampai 3kecamatan...apa ngga hebat tuh.....
HapusHaha kocak nih yg buat artikel sekolahnya di jepang ya? wkwk di jepang tapi jgn2x di gunung fujinya jadinya otaknya beku hahaha
BalasHapusSalah.....bukan di jepang....di jerman jejer kauman hihihi
Hapuspostingan sales
BalasHapusnyari dmn gan busi copper,, di daerah sni gk ada,,,
BalasHapusJadi bingung
BalasHapusTerus busi yang bagus buat vario cw apa ??
Yang enak buat touring/harian ?
Semua bagus gan.....yg penting jangan busi yg sudah mati di pasang kembali,kasihan nggenjotnya....hehehe
Hapuskalo ada dwit sih insyaallah beli iridium jerman, cos udah pernah make yang tipe itu selama 6 tahun (2005-2011) masih oke,,tanpa ane bersih2 tuh busi. ya paling kalo bersihin kalo abis keujanan mogok ..motor ane vega r th 2004. itu juga busi iridiumnya ga beli, tapi dikasih temen yang kerja dibengkel(bekas motor karisma)= ga tau tuh orang yang punya karisma udah make berapa tahun.POKOKNYA ANE UDAH MAKE 6TH+. ane ga pake lagi karena ane pinjimen temen.. kalo busi standar, 6 bulan mati... tapi ane ga tau sih kalo busi iridium yang sekarang. tapi yang jelas yang dulu pernah ane pake itu kuat ane pake 6 tahun lebih + orang yg pertama beli + temen ane yang ane pinjimin..
BalasHapuskalo dari pabrikan dikasih busi yang bagus, ntar toko spare part jadi ga laku donk.. bisa aja ah... tapi jangan ketipu milih busi nya, cos banyak busi yang palsu katanya
BalasHapusNgga ada yang palsu bosss,anda salah liat kali,cba di perhatikan lg....waktu beli busi di amati bentuknya.....mirip lontong apa busi....kalau mirip lontong berarti palsu,kalau kaya busi.....itu asli......jngn salah yah semua asli......kualitas mungkin yng berbeda....hehehe
HapusIbnu Azam<<<<<<<<<<<< rajin iya blzesin comen,, cemugut broo....
HapusJadi bingung
BalasHapusTerus busi yang enak buat vario cw apa ??
Biasa buat harian/touring
Asal masih bisa jalan......udah pakai yng ada saja.....ngga usah macem macem ini itu,ini itu,kcuali mau lawan Valentino Rosi baru pake yg baguszzzzz ok...
Hapus1. standar, 2 platinum 3. iridium. khoirol umur ausathuha "sebaik2 perkara adalh yg pertengahan" gitu az kok repoot ^^
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapuspengalaman: ane beli shogun sp 125 maret/april 2010 hampir 4 tahun, busi msh standar pabrik smpai sekarang dipakai dan sdh nyampe 21.060 km. max speed dr awal2 beli smpai skarang kisaran 95-98km/jam, lumayan lh, skarang ad rencana mngganti busi dgn ngk platinum, ngk pabrik buat cadangan mndadak ^^
BalasHapusmobil nissan livina busi standarnya cuma ada NGK iridium, berarti ga bagus dong...
BalasHapusMati ngga saat di pakai.....kalau ngga berarti bagus.....kalau mati berarti jelek....begitu.......
HapusKalau mau fair itu ya di DYNOTEST dwooong... tapi jangan yg versi produsen, tes sendiri untuk membuktikan, before-afternya gimana
BalasHapusDi ajak saja kang ke pabriknya masing masing....biar ngga pada asal cuap cuap
HapusSaya sudah buktikan pada bajaj pulsar 220F pakai busi iridium CR8EA,pasang 9power pada kedua businya,pasang xcsr pada kelistrikan motor,koil standar bajaj...pada rpm 6000 gigi dengan mudahnya mencapai 130km/j,sebulan lalu saya beli new vixion setelah service 1 dan ganti oli beberapa kali...saya adu cepat dengan pulsar 220F kalah jauh new vixionku itu...padahal saya tambah boncenger total berat 140kg...mulai start adu cepat pada kecepatan 60km/j....tertinggal jauh motor baru saya new vixion...coba nanti saya pasang 9power dan xcsr dan ganti busi iridium
BalasHapuskok gak ada spesifikasi untuk jenis motor CC berapa dan berapa. coba di uji tes CC 110, 125,150, 200 tiger atau 225 untuk pio.. kalau gw perasaan Pio cocok nya platinum dari pada iridium. lihat dari karbulator CDI sm kompresi motor. ya begitulah. itu menurut gw bro.
BalasHapuskelebihan busi iridium...
BalasHapus1. titik lelehnya tinggi, 2454 derajat celscius.
2. daya hantar listrik dan panasnya bagus.
3. jika dipakai pada suhu ruang bakar yang pas, maka pemakaian bisa tahan sampai 30000rb km.
4. percikan bunga api lebih fokus
kekurangan busi iridium...
1. harganya cukup mahal, antara 90rb-100rb.
2. suhu diruang bakar harus minimal diatas 800 derajat celcius karena bila tidak, busi akan lebih cepat mati lantaran terlalu basah. karena itu bila mesin masih standar, jangan berani2 pakai busi iridium. hanya cocok untuk mesin yang sudah kena sentuhan ekstrim.
kelebihan busi platinum..
1. titik leleh busi 1 tingkat dibawah iridium, yaitu 1769 derajat celcius.
2. harga cukup bersahabat tapi kualitas diatas busi standar(value of moneynya bagus)
kekurangan busi platinum..
1. mesin minimal kohar, klo mesin standar agak sayang2.
Blognya lucu....hehe pada ngributin busi.....yang bikin busi siapa,yng ngga ikut bikin malah ribut.....Gampang sja yg mau pakai y d beli,,,,,yg ngga suka jangan di pakai.pabrik bikin prodak tidak secepat anda semua bikin blog,butuh watu tahunan untuk memprerhitungkan kekurangan dan kelebihan produk yg mau d bikinya,dan fungsinyapun pasti sudah di tujukan masing masing penggunanya....itu pasti....ngga asal dibikin walau fungsinyapun sama,cuma efeknyalah yg berbeda.kesimpulanya belilah busi sesuai kebutuhan mesin motor anda,..motornya setandar beli busi setandar,motornya lebih dr stndar belilah yg bisa lbh dr stndar, '''makanya kalau beli motor jngn banyak di oprek,,,,,,jdnya begini...... banyak tuntutanya,sampe milih busi saja bingung.
BalasHapusIya juga sob
BalasHapussaya pake iridium di motor saya jupiter z sampai sekarang udah 5 thun (lima tahun) belom pernah rewel masalh busi. stater lagsung jreng,,,,
BalasHapusmotor turing saya pakai denso iridium dari pertama kali beli motor sampai sekarang alhamdulillah aman-aman aja tu, +- 500km / 12liter bahan bakar bensin
BalasHapuspenulis blognya cuma tamat tk bro, ya jadi beginilah hasil artikelnya,LOL
Hapussotoy abisss
BalasHapusuntuk tipe 4303 (motor) : busi standart untuk , Vixion (busi panjang)
BalasHapusnah yg di tanyain Busi AUTOLITE COPPER CORE Rp 20.000 & XTREME SPORT IRIDIUM ORIGINAL Rp.120.000 apa bedanya ya.......?
terus bagus mana?
nah buat lu2 yg just2 gak bener gak boleh gitu, ini pengetahuan kok jadi anggep untuk ilmu dan manfaatnya kita ambil ya kawan... bgs dah share ma yg bmlm tau.......
busi pake apa aja, yg penting dari koil sampe busi pake yg hambatan hampir nol, dijamin api businya gede banget, kemaren coba di mobil, kabel busi non hambatan plus busi platinum hasilnya full power, kekurangannya mesin jadi panas.
BalasHapuslangkah ke depan mau ganti busi platinum yg pake resistance, yg ada kode R di ngk
ini gurunya kok beda ya..
BalasHapuskalau memang TEMBAGA lebih konduktif (listrik, bukan panas)
mengapa PROCESSOR komputer tercanggih tetap bermaterial EMAS
masa sih para ilmuwan INTEL dan AMD kurang berpendidikan
yang jelas, resistansi busi iridium lebih konstan/konsisten di setiap siklus ledak nya. besarnya percikan api stabil
Hapustidak mudah berubah2 seperti di busi nikel (standar)
kadang gede kadang kecil
memang, tembaga lebih konduktif ketimbang iridium, tapi busi tembaga pun sebenarnya tetap mengandung resistor tambahan di dalamnya. monggo diukur pakai OHM meter.
CMIIW
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusgw pake iridium NGK di E36 udh 4 thn, baru ganti pas udh 67rb km thn lalu.. pake Denso iridium di Ertiga udh hampir 1 thn... so far gak ada tuh masalah2 spt yg ditulis di blog ini... tenaganya nambah, tarikan lbh galak, RPM lbh panjang, buat nanjak jd lbh bertenaga, klo pake shell jauh lbh ngacir.... BBM jg lbh irit krn pake iridium tekan gasnya lbh sedikit tetapi udh lbh laju dibanding pake busi standar... klo ada yg bilang pake iridium bikin tenaga loyo cuma 3 jawabannya, belinya yg merk gak jelas yg murah, palsu atau salah kode, udh itu aja... beli yg udh branded spt ngk, denso atau bosch..3 merk itu yg dipake di dunia balap dan standar pabrikan mobil2 merk berkualitas... jgn pelit beli sparepart yg mahalan dikit utk kendaraan kita
BalasHapusdulu saya pake busi iridium di motor F1ZR ku yang lama, sekitar 2 tahunan gak ada masalah bro... tarikannya lebih menghentak dibanding busi standar. dan skali lagi gak pernah ada masalah tuh.
BalasHapusjd hemat saya buat adminnya.. lebih baik dicoba dulu mas, dirasakan sendiri, baru kemudian beri kesimpulan. hehe
ini skrg saya baru beli CBR, rencana mau pakai iridium lagi malah :-)
jaman sekarang kalau gak iridium pada gak mau,,,heran....
BalasHapusPengalaman saya, kalo motor bawaanya berat itu kinerja mesin yg menariknya akan menjadi berat lebih2 kalo daya keluar (torsi) motor itu kecil akibatnya semakin banyak energi yg keluar alias boros lebih2 jika elemen yg digunakan berunsur standart untuk pengguna yg punya bobot tubuh "sesuai" dengan standar motor OK OK aja tapi kalo kegendutan atau over capacity tentu harus disesuaikan dengan kinerja motor yg segitu2 aja membuat motor menjadi lebih berat so.
BalasHapusBusi Standar/Biasa gak tahan pada musim dingin, mesin susah hidup terus umurnya pendek paling 3bln, pake busi platinum stabil untuk di bawa macet...umur lebih lama bisa hampir setahun dalam keadaan setelan karburator pas.... trus busi standar agak boros bensin saya sudah buktikan sendiri .....
BalasHapusAne pemakai busi denso irridium di matic ane. Plus minusnya. Plus nya tarikan lbh responsipe bertenaga di semua rpm. Minusnya. Gg cocok kl mesin setingannya boros bensin sering gg nyala pas wkt starter.
BalasHapusTernyata enakan busi standar ya broo... gw pake busi TDR baru 2 hari dh tewas, mungkin karna gw pake CDI BRT sama koilnya BLUE thunder.... ya listriknya jadi banyak gitu...pas pake busi standar NGK enakan ga knp" awet..
BalasHapusHARGA NGGA PERNA BOHONG....TAPI KITA HARUS SESUAIKAN DENGAN KEPERLUAN KITA.......DAN AKTIVITAS KITA....
BalasHapusKalo tembaga dibilang penghantar listrik paling baik,
BalasHapuskenapa alat elektronik bnyak yg pakai campuran emas (*procie komputer misal) ?
Terlepas dari Pro dan Kontra busi Iridium,,, ane udh pake DENSO Iridium Power IU27 di Vario 125, so far so good,, bagus2 aja,,,
BalasHapusGini yah,, busi itu bisa diketahui kinerjanya lewat warna di elektroda nya,,, nah busi yg ane sebut diatas pas pemakaian 30rb KM kondisi bersih, warna elektroda coklat kemerah bataan yg artinya mixture ideal karna Vario 125 itu Close Loop (o2 sensor),,,, secara teori mixture selalu ideal,,,
Pernah ane balik ke busi standar dan performa terasa menurun, gejala nyendat2 muncul lagi,,,, salah siapa ?
Busi Iridium itu cuma butuh tegangan sedikit untuk menghasilkan api yg bessr, jd pakai koil standar pun akan gede "petir" nya,,,
Soal panas, Vario 125 panas, makanya pakai Radiator, kompresinya 11:1,,, apalagi pas ane pake knalpot racing, suhu mesin lebih panas hingga ane pasangin resistor 1 ohm di kabel o2 sensor agar bensin lebih rich,,,
Soal self cleaning, yah sejauh ini ane katakan busi yg ane pake ini sukses melakukan self cleaning,,,
Motor ane ini dipake PP luar kota tiap hari dgn speed rata2 80kmpj dan lebih sering 100kmpj hingga 110 kmpj, karna jalan yg ane lalui sering sepi,,,
Mesin masih standar 125 cc kok,,, dan DENSO Iridium Power ini emang didesain untuk harian dgn syarat dan ketentuan yg berlaku, ada kok busi Iridium, dari DENSO yg khusus Racing.
Jadi, pilihan tetap jatuh pada user, jadilah user yg smart,,, bukan sok pintar, hanya saja yg ane rasakan busi iridium yg ane pake ini malah bagus dari busi standar, soal artikel2 kontra ya kenyataannya gk seperti yg ane alami.
Harga busi ini memang mahal, tapi yg ane cari itu performa, bukan semata2 usia pakai aja,,, buktinya 30rb KM ane ganti tu busi, tetap pakai DENSO Iridium IU27, karena seperti yg agan bilang, Iridiumnya awet, tp komponen lain tidak,,, jd klaim 90rb KM jgn dianggap serius, gk usah kecewa kalo gk sampai segitu,,, toh 30rb KM ane udh ngerasa ada penurunan performa kok.
"Lha bener kan turun performanya ?"
Ya bener,,, tp itu setelah 30rb KM, busi standar ane pake umur 1KM pun ane gk srek, coz gejala nyendat2 khas vario 125 jd ada lagi kalo pake busi standar,,,
numpang komen aja, blm pernah make soalnya
BalasHapuskalo untuk mobil sama ga yaa penggunaannya?
BalasHapusjdlines
gan mau tanya nihh motor fu ane udh ganti cdi noken as perkopling sm karbu nahh koil ane stndar ane mau ganti busi mending pake busi apa ya gan ?
BalasHapusminta sarannya agan2........
Bang numpang tanya
BalasHapusMotor ane NJMX tu udah makek blok vixion trus koilnya TDR recing sama karbunya makek punya RX KING
Tp pas di gas gede kok keluar asep item ?
denger2 sih katanya pembakaranya kurang sempurna
Nah biar pas pembakaranya businya makek apa bang ?
Tolong saranya bang
Bang numpang tanya
BalasHapusMotor ane NJMX tu udah makek blok vixion trus koilnya TDR recing sama karbunya makek punya RX KING
Tp pas di gas gede kok keluar asep item ?
denger2 sih katanya pembakaranya kurang sempurna
Nah biar pas pembakaranya businya makek apa bang ?
Tolong saranya bang
itu bensinnya kebanyakan, gak bakalan bisa cuma ganti busi aja, caranya di atur lagi jet karbunya, atau naikin sekalian kompresinya
Hapuscoba cabut businya skrang, pasti item kan??
kalo mw enak larinya
1, naikin lagi kompresinya
2. jet karbu di setting lagi
3. air filter open
4. upgrade CDI, n koil pake yg energi pengapiannya tinggi, ada lupa mereknya, klaim sama energi pengapiannya dg ninja 250, busi platinum aja ud cukup
mungkin perlu diluruskan
BalasHapusBusi iridium sudah pasti lbh bgus dari yg biasa
busi biasa itu, copper intinya, tipnya nickel
kalo iridium, copper intinya tipnya iridium
perlu diluruskan ini
corenya sama2 copper, bukan iridium, tipnya saja yg iridium
keunggulannya, tipnya bsa di buat sangat kecil, karena iridium sangat keras dan tahan panas, lain dg nickel
gakda busi full iridium, goblok yg buat
tip yg kecil unggulnya api terfokus, jadi kalornya lbh tinggi, bensin lbh mudah terbakar, busi full copper ngimpi kali, bsa tahan 1 hari aja canggih bener dah wkwkwkwkwkkw
copper itu lunak, mw di gimanain ya tetep lunak, apalagi yg copper murni
copper murni loe gores pke pisau stanless juga kegores dalem, dan gampang teroksidasi, gitu mw di taruh di ruang bakar, yo modyar rek
coba cek konektor2 audio high grade full copper, pasti dilapis full dg rhodium atau gold, bukan karena apa2 hanya untuk melindungi copper biar gak gampang teroksidasi dan rusak,
konduktor terbaik tetep silver, tpi harganya jauh sma copper
makanya copper msh value for money dalam bidang ini
kalo mw enak businya, pke corenya silver, tipnya iridium, manteb dah pengapian bgus, n busi tahan lama, kurangnya??
harganya aja bro selangit
Sharing pengalaman aja..
BalasHapusSy sangat menikmati kendaraan dg mesin yg uda upgrade (porting polished+high compresion+modif camshaft+carb)...
Kebetulan jg pernah oprek di motor&mobil dg tuner yg cukup ahli di bidang masing2, untuk pengapian motor upgrade dg coil feroza+kabel jumper aki (hmpir 0ohm; tidak ditekomendasikan di mobil/yg ada audio krn bakal high storing) dan mobil dg modul pengapian msd 6al+coil crane cams ps91+ kabel busi msd..
Dg spesifikasi upgrade performance yg dilakukan rekomendasi kedua tuner untuk busi sama pakai BUSI STANDAR aja, busi high performance (iridium,lithium, ato apalah namanya) pengaruhnya ga sebanding dg budget yg dikeluarkan...
Sy ga ahli ttg kelistrikan, tp kedua tuner tersebut ahli upgrade performance motor&mobil, baik dari segi mekanis n pengapian..
Note: pekerjaan lain si tuner motor sbg dosen
Yg self cleaning terbaik mana yah iridium atau platinum,? Atau silver platinum
BalasHapusBrow mo nanya2 nih beli busi autolite buat new mx di bandung di mn ya ?? Ada yg tau ga beli di mn ?? Soalnya ud puter2 toko accecories di bdg pd gk ada. Thanks.
BalasHapusGanti pake busi gergaji mesin
BalasHapusAne udah baca dari awal sampai akhir, baik penjelasan TS, juga postingan pembaca, sayang mobil ane di buku manualnya cuma bisa pake NGK standar BKR5E-11, baru ganti busi standar tarikan bawah OK tapi di ajak lari 100km/jam, mulai gk kuat rencana mau coba ganti yang NGK platinum aja, mau ganti iridium takutnya terlalu dingin, mesin gak hidup, loyo, ato brebet.
BalasHapusitu problem di fuel pump gan, bongkar fuel tank. tapi lumayan kalau beres diatas 500K, ganti fuel filter, carbon cleaner tank ,check sensor, biaya jasa. kalau gak ada masalah fuel pump di injektor/ karbunya yg bermasalah
Hapusbelajar dulu yang bener masbro, urutan daya hantar yg lo jabarin aja salah masbro.
BalasHapusdimana2 emas itu daya hantarnya lebih bagus daripada tembaga,kenapa kabel2 ga make emas?
karena emas itu super mahal masbro, kalo dibikin jadi kabel bakal jebol dompet lo, apalagi kalo PLN pake kabel emas, yang ada bakal dicuri maling masbro.
platinum itu emas putih masbro, daya hantarnya lebih bagus lg.
makanya belajar dulu yang bener masbro, jangan coba2 nyimpulin kalo data dan ilmu yang lo pahamin aja salah.
LOL
asli blog gooooobloooooggggg
BalasHapusNumpang nanya broo... untuk motor drag.jupiter z 130 cc tu bagusan pake busi iridium ap pake busi standart tp pakek punyaknya fu atau motor gede yang businya gede...
BalasHapusKalau buat drag race pakai turbo costum saja di bagian aliran udara masuk, tapi harus diimbangi mengingat tenaga yang keluar besar dan kurang stabil.
Hapusooo ternyata emas termasuk yg terbaik penghantar listrik tp krn mahal dicari gantinya... ya ya ya... gimana tanggapan si penulis nih?
BalasHapusplatinum atau platina itu emas putih bro.. emas asinya kuning, terdapat campuran nikel jadinya putih, kalau di sound system atau elektronik masih tetep emas kuning yg di pake..
Hapusplatinum atau platina itu emas putih bro.. emas asinya kuning, terdapat campuran nikel jadinya putih, kalau di sound system atau elektronik masih tetep emas kuning yg di pake..
Hapusgan busi racing apa yg cocok buat v_xion ks 2013 ..info donk
BalasHapusBro numpang nanya nih.mio j ane udh bore up pke kaze.ecu brt busi bagusnya pake apa y p3ngenya sih densoklo gak ya ngk.ane minta kodenya aj makasi suhu smwnya.soalnya klo pake busi standarnya borosnya gak nguatin tenaganya gak ad lgi.tahang suhu ditunggu rekomenya para suhu.
BalasHapusSoalnya kmarin pke tdr super iridium 3nak banget atasanya.irit lg b3nsinya.cma patah businya.ama mekanik oon.udh tau udh gak pas dipasain.mo cba yg lain kya denso or ngk
BalasHapushanya memberikan Review pribadi. . .
BalasHapusmotor saya Vixion 2013 waktu itu aki ane mati udah 2 kali dalam rentang wakktu cuma 6 bulan setelah yang ke 2 saya gak ganti aki cuma beli Busi NGK iridium sama Koil Kawahara, iseng aja abis gajian beli 2 item itu, cuma gak di sangka yang tadinya di starter gak kuat malah jadi gampang banget kayak ganti aki baru, ini pengalaman pribadi percaya gak percaya terserah. . .
untuk masalah performa ane gak ngerasain dampak apa-apa, untuk emisi gas buang sama efisiensi jelas terasa. . .
Satu lagi gans, cuma mau nambahin,,,
BalasHapusPerhatikan Desain Insulator
Insulator pada Busi ada yang Projected dan Non-Projected, ditandai Huruf "P" pada Kode Busi-nya.
Busi Denso Iridium Power IU-Series menggunakan desain Non-Projected Insulator, tapi banyak orang yang nekat memasangnya di Motor yang Busi Standard-nya adalah Projected Insulator.
Misalnya Denso IU-27 yang disamakan dengan NGK CPR9EA-9/Denso U27EPR-9
Desain Insulator tersebut mempengaruhi Heat Level dari Busi tersebut.
Busi Non-Projected Insulator lebih dingin dari Projected Insulator, meski Nomor Heat Levelnya sama.
Contohnya: Denso Iiridum Power IU-27 lebih dingin dari Denso U27EPR-9 atau NGK CPR9EA-9.
Dampak Negtifnya cukup buruk, yakni ketidakmampuan Busi mencapai Temprature yg cukup untuk dapat membersihkan diri sendiri (Self Cleaning Ability), ditandai dengan terbentuknya dan terakumulasinya Dry Carbon Fouling pada Busi. Inilah yang menyebabkan Mitos bahwa Busi Iridium adalah Busi Dingin meski Nomor Heat Level sama sekalipun.
Anehnya banyak yang menyalahkan jenis logam alloy pada Center Electrode, banyak yg menyalahkan bahwa penyebabnya adalah material Iridium yang digunakan yg menyebabkan Busi Iridium adalah Busi Dingin.
Sehingga terbentuk lagi Mitos bahwa Busi Iridium tidak dianjurkan untuk pemakaian Harian yang lebih sering kecepatan rendah. Padahal bukan Iridium-nya, tapi Desain Insulator-nya.
Non-Projected Insulator dikhususkan untuk High Performance, yankni penggunaan yg Tidak Eco Riding, Kompresi Tinggi diatas 10:1, Speed minimal sering 80 kmpj- Top Speed), jika tidak,, maka terbentuklah Dry Carbon Fouling.
Projected Insulator dikhususkan untuk Daily Use, yakni Eco Riding, dengan speed sering 20 kmpj - 60 kmpj, tapi tidak masalah sesekali mencapai kecepatan 80 kmpj ke atas (Top Speed). Karena Projected Insulator dapat membersihkan diri sendiri meski digunakan dengan Riding Style Eco Riding, asalkan Mixture tidak Rich. Busi ini kurang cocok untuk High Performance.
Motor saat ini mengarah ke Eco Friendly, makanya sekarang busi Standard-nya menggunakan Projected Insulator.
Ketika memilih Iridium, gunakan yang juga Projected Insulator, sayangnya Denso IU-Series tidak ada, sehingga ane rekomendasikan pakai NGK Iridium yang Projected Insulator, misalnya NGK CPR9EAIX-9.
Walau bagaimanapun Iridium jauh lebih baik daripada Platinum, yakni pada kemampuan Electrical Resistivity (Resistensi Listrik) yang lebih rendah 10x lipat dari Platinum (lebih rendah lebih baik), sehingga daya hantar listrik lebih baik, selain itu Iridium sedikit lebih tinggi Melting Pointdan Hardness -nya daripada Platinum, sehingga lebih kuat dan lebih tahan temprature tinggi.
Kembali lagi ke kebutuhan kita, jika motor dipake kecepatan rendah, gunakan Projected Insulator, tidak peduli itu apakah mau pakai Nikel, Platinum, atau Iridium (saya lebih memilih Iridium karena faktor Electrical Resistivity itu tadi), maka untuk kebutuhan ini, NGK memenuhinya dengan baik. Lupakan soal Diameter Center Electrode Denso Iridium Power yg terkecil di dunia yakni cuma 0,4 mm itu, kamu gk butuh.
Kalo motor sering ngebut (sering loh ya, bukan sesekali), maka gunakan Non-Projected Insulator, maka Denso adalah pilihan terbaik. Apalagi Denso mencampur Iridium dengan Rhodium, sehingga Electrical Resistivity menjadi lebih kecil lagi.
Ada lagi Desain Busi yang lebih dingin lagi, yakni Slant Ground Electrode, Denso IU-A Series, misalnya Denso Iridium Power IU-24A.
Busi itu lebih dingin dari IU-27 sekalipun, padahal Heat Levelnya lebih panas yakni 24.
Sesuatu yang digunakan sesuai peruntukannya pasti optimal.
nice info broh,
Hapusnambahin juga, bukan hanya api gede yang dibutuhkan pembakaran internal mesin, tapi fokus dan konsistensi percikan yg dihasilkam busi,
ada beberapa yg masuk akal karena punya ilmunya, ada yg sok tau
BalasHapusOrang pintar diam saja.. hmm berpendapat boleh, tapi jangan memojokkan,
BalasHapusPlatinum iridium sama aja busi std.
BalasHapusKalau ada yg bilang busi racing
suruh telen aja tuh busi.
Busi iridium busi dingin kalo kode angkanya 6 atau 7 suruh telen aja tuh busi iridium panasnya.
Nah kalo ada yg bilang busi platinum sama iridium jelek suruh telen aja tuh busi std pabriknya.
Mau milih busi ya sesuaikan kode heat rangenya
Percuma lu pake tembaga super fine rate S tapi lu slah pilih busi panas padahal seharusnya motor lu perlu busi dingin
Dan juga sebaliknya untuk platinum dan iridium
Lalu lihat ujungnya mendem atau menonjol.
Salah pilih bolong seher lu.
Platinum iridium sama aja busi std.
BalasHapusKalau ada yg bilang busi racing
suruh telen aja tuh busi.
Busi iridium busi dingin kalo kode angkanya 6 atau 7 suruh telen aja tuh busi iridium panasnya.
Nah kalo ada yg bilang busi platinum sama iridium jelek suruh telen aja tuh busi std pabriknya.
Mau milih busi ya sesuaikan kode heat rangenya
Percuma lu pake tembaga super fine rate S tapi lu slah pilih busi panas padahal seharusnya motor lu perlu busi dingin
Dan juga sebaliknya untuk platinum dan iridium
Lalu lihat ujungnya mendem atau menonjol.
Salah pilih bolong seher lu.
kalo menurutku ga ada busi jelek busi bagus, semua bagus, tetapi harus sesuai dengan peruntukannya..
BalasHapusjustru banyak mobil keluaran terbaru malah pake busi² iridium sebagai OEMnya. dengan maksut spark plug (busi) yg disematkan itu long life. Contoh mobil ane keluaran 2013 kode businya NGK-IX SILZKR7B-11, itu busi iridium, (loh kok IR bukan IX?) IX itu iridium biasa, masih ada tipe diatasnya IX, yaitu IR alias Laser Iridium. Memang sih selama ini belom ganti busi mulai baru, dan performanya tetep konsistrn. Menurut klaim pabrikan sih bisa sampe penggunaan 5 tahun (100.000 km), bahakan bisa lebih. Menurutku busi terbaik selama motor/boil ente standar ga banyak ubaham spek mesin, cukup pake OEM pabrikam aja, atau paling engga pake substitusi merk lain dengan kode yang sama. Sorry jadi oot ke R4, lhah paling gampang jelasinnya disitu..
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusUntuk bebek, harian, atau apapun. kalo pengen iridium liat kodenya. Biar slamet.http://www.oprekmotore.com/2013/11/busi-iridium-untuk-harian-perhatikan.html
BalasHapusMisi bos, klo grand vitara pengen nendang dikit performanya pakai busi apa ya? Std NGK, denso twin iridium, atau autolite std? Busi saja lho ya,belum pakai pendongkrak klistrikan atau smacam stabiliser cuman pasang kabel ground di silinder head aja..
BalasHapusKompresi masih 10.5 tapi cuman diminumin pertamax saja ndak prnah pakai aditiv dll. Suwun
kalau mau nendang filter mobilnya diganti sama yg racing, knalpot ganti, pasang turbo intercooler set, Ecunya disetting. tapi kalau mode irit ganti filter yg lebih baik, sama kelistrikan di cek teganganya.
Hapusgak setuju gan. ane pakai vixion busi Standar nya tahan 3 bln udh habis tu elektrodany. ane pkai iridium TRD 4,5 tahun baru rusak, itu pun yg rusak bagian plat iridium ny. bagian plat besi ny yg korosi. jadi saya hemat 100rb menggunakan iridium di banding yg standar
BalasHapusmaaf ralat busi TDR. *typo
BalasHapussederhananya gini, busi standar pakai koil racing maka busi standar akan cepet keok karena tegangan koil racing besar dan bahan busi standar tidak tahan terhadap arus dan tegangan besar.
BalasHapusbusi racing pakai koil standar justru bikin mesin gak bisa lari karena tegangan koil tidak cukup kuat menghasilkan api yang maksimal pada busi racing(jadi memang benar kalo busi standar apinya lebih besar dari busi racing, lah pakainya koil standar).
secara dasar untuk meningkatkan performa mesin salah satu faktor adalah api yang besar untuk pembakaran yang maksimal. untuk mendapatkan api yang besar pada busi mesti disesuaikan pula penyuplai arusnya yaitu COIL, busi standar mesti pakai coil standar, busi racing mesti pakai coil racing.
untuk mesin yz 125....bagusnya pakai busi apa ya......share ilmunya dong//...
BalasHapusBrp busi autolite....? Klo 25.000 aja w borong. Skrng di angka 100-140.000/ pcs
BalasHapus