Senin, 18 Juli 2011

DRL.., kalau safety, kenapa enggak?

Sebenarnya himbauan untuk menyalakan lampu di siang hari / Daytime Running Lamps (DRL) bagi pengendara motor sebenarnya sudah menjadi bahan pembicaraan yang agak basi. Namun entah kenapa sampai sekarang masih terkesan angot-angotan.

Topik ini kembali mencuat ke permukaan dikarenakan pada tahun 2011 ini akan menjadi titik balik penggunaan DRL. Beberapa pabrikan besar sudah mulai merapatkan barisan untuk  melengkapi  semua lini produk mereka dengan fitur Automatic Headlight On (AHO) mulai tahun ini.
Dimulai dari Suzuki dengan Axelo-nya.

suzy axelo pelopor DRL :D
suzy axelo pelopor DRL :D
Honda pun memastikan diri menggunakan fitur AHO untuk New Honda Revo-nya.

new revo hampir pasti menggunakan DRL :D
new revo hampir pasti menggunakan DRL :D
Yah, sebenarnya enggak perlu lagi dijelaskan buat apa sih menyalakan lampu. Sudah banyak tulisan yang menjelaskan hal ini panjang lebar, dari A sampai Z. Intinya dengan menyalakan lampu di siang hari, bikers menjadi "lebih" terlihat. Tentu saja ini menjadi sangat signifikan apalagi di dalam kota. Kita sama-sama tahu motor itu bisa nyempil di mana aja. Jangan sampai karena tidak terlihat, kita menjadi gepeng dijepit roda empat. Yah, memang enggak 100% aman sih, tapi paling enggak menambah unsur safety.

Tambahan dari om wiki :
"Numerous studies done worldwide since the 1970s have tended to conclude that daytime running lights improve safety.[1][2][3] A 2008 study by the U.S. National Highway Traffic Safety Administration analysed the effect of DRLs on frontal and side-on crashes between two vehicles and on vehicle collisions with pedestrians, cyclists, and motorcyclists."

Walaupun banyak manfaatnya terutama bagi keselamatan sang penunggang itu sendiri, masih banyak yang enggan tuh menyalakan lampu di siang hari. Jawabannya bermacam-macam, berikut jawaban yang pernah muncul : *versi saya

1. Lupa
2. Males
3. Boros, ngabis-ngabisin aki
4. Ngapain sih, kurang kerjaan tauk *dgn gaya agak genit
5. Hasss... *sambil mrengut
6. Lampu kan dipakenya kalo malem (ehm, monyet juga tau kalee)
7. Emang ga ada lampunya (yang ini jgn ditiru yach..)

Sebenarnya kalau saya sendiri simpulkan, hanya ada 2 faktor besar yakni kemalasan dan ketidaktahuan. Untuk ketidaktahuan, sepertinya baik kalau penjelasan mengenai manfaat DRL ini disisipkan dalam safety riding campaign dan disetiap pengenalan produk motor baru, bahkan jika perlu di setiap manual book motor baru. Peran komunitas / klub motor juga besar dalam hal ini, untuk menjadi role model yang baik bagi masyarakat, bukan malah bawa-bawa light saber ala darthvader a.k.a polisi militer kalo lagi di jalan. Sedangkan untuk faktor kemalasan, ya balik ke diri bikers itu sendiri.

mari nyalakan lampu biar aman :D
mari nyalakan lampu biar aman :D
Safety dimulai dari diri sendiri, bukan begitu bro? Mari membiasakan diri, jujur saya pun masih belajar, kadang masih lupa nyalain lampu kalau siang.

Keep safety riding, bro. :D

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar