Senin, 18 Juli 2011

5 tahun bersama Kymco Spike 120 RR

Sebelum bersua dengan si kilatperak, inilah tunggangan saya sekaligus tunggangan pertama saya. Mungkin belom banyak yang familiar dengannya karena faktor merek dan barang tentu usianya. Hmm, warnanya perak juga, hehehe... Sebenarnya saya menyukai warna putih akan tetapi karena waktu itu dan sekarangpun CS1 tidak menyediakan opsi warna putih ya ambil silver yang paling mendekati warna putih :)

kymco spike 120 RR perak juga :D
kymco spike 120 RR perak juga :D
Kymco Spike 120 RR, merupakan motor bebek yang diproduksi oleh pabrikan Taiwan, Kymco yang masuk ke Indonesia lewat perantara Lippo Group sejak tahun 2000. Produk yang pertama kali masuk adalah Jetmatic Trend 2000 yang bermesin 125cc. Walaupun Yamaha mengklaim sebagai pionir matik 4 tak di Indonesia, namun sebenarnya sejarah skubek di Indonesia Kymco-lah pelopornya.
Spike sendiri dibrojolkan ATPM Kymco Indonesia yang bernama Kymco Lippo Motor Indonesia (KLMI) sejak tahun 2002. Daan sejatinya Kymco kembali menjadi pelopor untuk bebek 125cc pertama di Indonesia dan bukanlah Honda Karisma, namun jelas kalah pamor dengan Honda.

Motor ini kurang dilirik calon konsumen karena modelnya yang berdesain Eropa terbilang out of the box ("aneh", kata orang sini) serta kurangnya pengetahuan dari masyarakat yang mengasosiasikan Kymco dengan merk mocin yang kurang berkualitas dan gampang jebol, padahal jelas-jelas brand Kymco notabene masih sedarah dengan Honda Motors baik dari segi teknologi maupun kualitas yang serupa. Namun yang jelas motor ini kaya fitur, cekidot :


konsol spidometernya :D
konsol spidometernya :D

lampu belakang udah LED :D
lampu belakang udah LED :D
Dari segi ketahanan, selama 5 tahun memakainya kualitas ala Honda-nya pun teruji, tidak pernah sedikitpun bermasalah (mogok paling-paling karena kehabisan bensin :D)) bahkan sampai sekarang tidak pernah turun mesin. Top speed yang bisa didapat sekitar 120 km/jam. Bensin pun irit, karburator memakai tipe persis yang dipakai Honda C70 lama, untuk mesinnya Kymco Spike memakai mesin Honda tipe GY6 yang kondang di Taiwan dan Cina dari segi ketahanan walaupun tergolong model kuno. Nggak aneh kalau KLMI tidak malu-malu untuk memberikan garansi panjang, terakhir sampai 5 tahun pada produk-produknya.
Namun, apa mau dikata, tutupnya ATPM dan keberadaan spare-part yang langka bin selangit harganya membuat saya harus mempensiunkan motor kaya fitur ini dari dinas sehari-hari :(
Walaupun begitu, sampai sekarang motor ini berstatus sebagai kendaraan cadangan (istri kedua) kalau misalnya si kilatperak tiba-tiba ngambek, he3 :D

Berikut spesifikasi lengkapnya :
TECHNICAL SPECIFICATION
Manufacturer (Make)Kymco
Model NameSpike 125
Year2002
Category(class)Moped
Engine
Engine Capacity (Displacement)120.4 ccm (7.35 cubic inches)
Engine Type1 cylinder
Stroke4
Cooling SystemAir
Powertrain
Gearbox4 speed
Chassis/Suspension/Brakes
Front BrakesSingle disc
Rear BrakesDisc
Front Tire2.50-17 4pr
Rear Tire2.75-17 4pr
Dimensions
Overall Length2005 mm (78.94 inches)
Overall Width730 mm (28.74 inches)
Dry Weight120 kg (265 lb)
Performance
Max Power9.2 HP at 8000 RPM
Max Torque9.50 Nm at 6500 RPM
Power/Weight Ratio0.07 Hp/Kg
Top Speed-
Acceleration (dart, speedup) time
0-100 km/h23.8 seconds
0-60 mph22.6 seconds

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

4 komentar:

  1. sy jg pake mtr ini dl, mtr pertama sy, cm blm yg RR, memang manteb ini motor, aplg kalo dipake di tanjakan..ngacir bgt, bebek lain mpot2an klo disuruh nanjak, cm pemakaian diatas 6thn mtr ini mulai bermasalah, jd dipensiunkan. motor kenangan.

    BalasHapus
  2. Sy juga pakai motor kymco spike keluaran 2004 n sampai skrg msh oke (sdh 8 thn). blm pernah turun mesin. dan msh sy pakai utk kerja sehari-hari. Kymco memeng terbukti handal dan mesinnya bandel. Sayangnya sparepartnya sulit n mahal.

    BalasHapus
  3. wah pada cari part kymco kayaknya saya nggak pernah kesulitan om. saya pakai 3 type kymco semua matic. saya pasarahkan ke dr matic om masalah part. selama dunia raya masih eksis jangan kwatir sola part

    BalasHapus
  4. mantab mas tunggangannya…sampai sekarang msh dipelihara kah?
    boleh tahu ukuran/dimensi bushing di tengah teromol belakang dan bushing di nap gir?
    barangkali dulu sempat bongkar dan sempat diukur :D

    trims

    BalasHapus