Rabu, 04 Juli 2012

Studi kasus: Kenapa Nissan Juke sukses tapi Honda CS1 gagal, konsumen R4 lebih moderen ?

Halo, sobat bikers. Berbicara produk otomotif, salah satu aspek penting utama yang membuat seseorang menjatuhkan pilihan kepada suatu produk adalah model dan design. Yap, brand image masih berpengaruh namun model dan design sepertinya akan memegang aspek lebih dominan. Contoh nyatanya ada pada kasus Yamaha Byson vs Honda MegaPro dimana Byson dengan mudahnya meng-KO MegaPro. Contoh lain ada pada Minerva yang cukup sukses dengan produk RVX 150 nya yang cukup dikenal walaupun pada berbagai aspek kualitas masih dirasa sedikit kurang.

Mayoritas konsumen Indonesia masih konservatif soal model, mereka ingin model yang sporti namun konservatif dan tidak terlalu berani. Istilahnya modelnya keren tapi tidak terlalu unik, sporty-keren tapi gitu-gitu aja, itulah yang disukai oleh masyarakat Indonesia. 

model konservatif seperti ini masih terlalu disukai
Namun demikian, ada beberapa pabrikan otomotif yang mulai berani merilis produk yang berdesain unik dan out of the box. Saya ambil contoh dari motor yang Honda CS1 dan dari mobil yakni Nissan Juke 1500cc. Keduanya merupakan kendaraan bergenre cross over yang mempunyai bentuk nyeleneh. You name it, akan sangat mudah membedakan kedua produk ini dari motor-motor dan mobil-mobil yang diparkir. Istilahnya, standing out among the crowd.


Sayangnya, nasibnya berbeda. Honda CS1 dianggap gagal total dan menuai cacian yang beraneka ragam. Mulai dari hidrocepalus, domba garut, bagol, barongsai, padahal desain Honda CS1 adalah desain premium dan sama sekali tidak aneh dan bahkan eksotis melewati jamannya. Jauh jika dibandingkan dengan motor yang digadang-gadang sebagai saingan langsungnya yakni Satria 150 FU yang menurut saya *maaf* lebih mirip sepeda ditempelin mesin. Istilahnya, desainnya abadi, tidak kemakan zaman, bahkan Ducati saja menggunakan desain CS1 untuk motor dual purpose kebanggan mereka Multistrada 1200 S. Lihat kesamaan antara keduanya, hampir hanya berbeda ukuran saja.

Honda CS1, modelnya nyeleneh

Ducati Multistrada 1200 S, CS1 wanna be...
Sedangkan Nissan Juke bernasib sangat berbeda, ia sukses menjadi trend setter, dengan harga yang mahal dan kapasitas mesin yang kecilpun tidak menyurutkan konsumen untuk meminang mobil premium berharga 200 juta++ ini. Adanya berita kecelakaan yang melibatkan Olivia Dewi pun tidak membuat penjualan Juke bergeming. Bak kacang goreng, Juke laris dibeli orang yang bahkan rela mengantri untuk mendapatkannya. Padahal tidak ubahnya seperti CS1, Juke juga punya desain unik yang bisa dibilang nyeleneh, berkepala besar di depan (hood gembung), lampu model mata kumbang yang unik, bisa juga disebut hidrocepalus....

Nissan Juke, nyeleneh juga kan ?

sekarang jadi trend setter anak muda, saingan berat Honda Jazz

Apakah memang konsumen roda empat lebih moderen ketimbang roda dua, ah ya mungkin saja...

Silahkan berkomentar, bro... :D

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

7 komentar:

  1. juke aka kodok balap.... nyentrik dan ganas bro,itu sebabnya laris,cs1 terkendala harga juga... sebab dengan posisi harga segitu dah bisa dapat sport tulen.

    BalasHapus
  2. Biasa lah bro, pola pikir orang Indonesia masih kuno.

    Ex: masih banyak berprinsip, kerja keras = kita sukses.

    Padahal kerja efisien itu lebih bagus loh.

    Di tempat magang saya pernah ada tagline:

    "it's not about haw hard you work, but how much you get done"

    Yaa kira2 begitulah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi maksudnya efisien disini tuh ya kendaraan efisien..

      Sport bisa, turing bisa, tampil bebek bisa, sport bisa dll :)

      Hapus
  3. menurut ane CS1 gak terlalu aneh, sdh oke cm krg cocok aja rasanya desain headlamp sm panel spedonya, mungkin bakal lbh serasi klo dganti model single headlamp kayak vixion/byson, dgn panel spedo lbh simpel tanpa rumahan/batok.
    tambahin lg dikit, desain knalpotnya terlalu simpel, mungkin harus lbh berani dikit modelnya.CMIIW

    BalasHapus
  4. aq mw beli cs 1 malahan dibulan juli ne, nunggu uang cukup dlu bru ta pinang mw love cs 1.. Hehe

    BalasHapus
  5. gan mau nanya artikel yang "Bikin booster kelistrikan ver.advanced ala warung perak..., harga kaki lima".
    Motor ane Tiger 2000 tapi pas ane pasngin masa' ada percikan api geto gan.... ane bingung banget, kelistrikn motor ane baru ane ganti ma kabel bodi, kiprok ma spul juga baru, accu masih normal.
    Pertanyaan ane:
    1. Apa ga papa kalo ane pasang tu elco walaupun ada percikan apinya???

    Terima kasih agan WP....ditunggu.

    BalasHapus