Minggu, 08 Januari 2012

Share : Ingin busi lebih awet, rebus dengan air mendidih dulu sebelum digunakan...

Halo, sobat bikers. Yuk kita bicarain busi lagi. Kebetulan pada saat menjelajah Google dan Kaskus, ane mendapat info yang menarik nih perihal busi.

Ternyata busi bekas masih dimanfaatkan kembali dengan cara direbus. Nyeleneh bukan?, ya betul sekali. Busi direbus dengan air mendidih seperti bikin telur rebus. Menurut info dan beberapa pengalaman dari anak skuteris, ternyata proses perebusan ini memperkuat struktur penyekat di dalam busi. Akibatnya memang tidak ada peningkatan performance dari busi namun umur busi bisa meningkat bahkan sampai 5 tahun (busi baru). Dan juga menyebabkan busi bekas bisa dipakai lagi dalam waktu cukup lama.



Pengen tau caranya ?, inilah dia :



1. Kumpulkan beberapa busi bekas atau busi baru yang akan direbus.
2. Siapkan rebusan air sebanyak setengah panci diatas kompor. Panaskan.
3. Pada saat air mulai mendidih (keluar bunyi "blupuk-blupuk") mulai masukkan busi yang akan di-treatment.
4. Rebus sampai air mendidih, sampai air hampir abis, tapi jangan sampai zat sekali (busi terlihat), matikan pada saat busi masih posisi terendam. Paling lama waktu rebusan adalah 20 menit.
5. Angkat dan dinginkan, busi lalu siap dipakai.


Nah, ane udah nyoba nih busi ane yang uah kepake +- 1000km ane bersihin trus ane rebus. Ya emang ga ada peningkatan performa tapi emang kerasa awet aja, belum ganti-ganti sampai sekarang udah 6000 km lebih. Tapi tentu pengecekan elektroda harus tetap dilakukan, kalu sudah habis/aus sekali ya diganti.






NB : tips ini niscaya bisa membatu mengurangi resiko busi mati mendadak, dan hanya bisa digunakan untuk busi tembaga yang memang biasanya ane rekomendasiin, hehe


Ada yang mau nyoba? Monggo komentarnya, hehe 

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

3 komentar:

  1. Cara pakai Busi,
    beli baru, buka dusnya, pasang, 5.000 Km, GANTI, beli baru... dst...
    salam,
    bengkelsepedamotor

    BalasHapus
  2. coba ahh,,eh bang bengkelspedamotor wkwkwkkw ^
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/06/16/koboys-siaran-di-star-jogja-radio-ketika-blogger-terbang-mengudara-jangan-dilewatkan/

    BalasHapus