Jumat, 29 Juli 2011

Bikin booster kelistrikan dengan modal 1000 perak, mau..mau..mau?

Halo, sobat bikers. Kali ini gue bakal sharing lagi, kali ini adalah tentang bagaimana cara meningkatkan kinerja sistem kelistrikan kuda besi kesayangan. Dan asiknya, sobat ga perlu keluar duit mahal-mahal, cukup Rp1000-2000,- saja. Hah, muosookkk?

Aslinya, di pasaran sudah banyak tersedia variasi peningkat performa kelistrikan, dari murah sampai yang paling mahal. Salah satu produk premium contohnya seperti XCS yang harganya kurang lebih 250-ribu. Nah, sekarang kita juga bisa bikin yang seperti itu, ya memang hasilnya tidak bisa sama persis, tapi menurut gue sangat lumayan.


salah satu variasi booster kelistrikan, @ 275rb
Mass/Ground Stabilizer

Yang yang bakal kita buat sekarang nama kerennya adalah ground stabilizer/ stabiliser massa. Nah, yang seperti ente tahu bahwa semua komponen kelistrikan motor semua terhubung ke massa. Nah sekarang kita bakalan mengoptimalkan arus massa (-)pada kuda besi kesayangan kita. Hasilnya nanti kurang lebih nyala lampu lebih terang, klakson sedikit lebih nyaring, serta komponen kelistrikan lain seperti kiprok, aki, dll akan lebih awet. Okelah langsung aja, pertama anda yang perlu ente siapin adalah seutas kabel, kabelnya jangan asal-asalan, serabutnya sebaiknya cukup banyak/besar/tebal. Nah, kabel ginian paling cuma 1000-an perak, malah bisa gretong klo di rumah ente ada sisa kabel listrik. Ingat, makin besar kabel makin bagus. Nah terus, setelah itu soket ring 2 buah di masing-masing ujungnya. Tau kan soket ring? Itu lho soket kabel yang bisa dibaut, nah soket ginian paling harganya 500-an perak, lagi-lagi bisa gretongan kalao misal ada sisa di rumah. Selesai, itu aja modalnya, cuman seutas kabel, muosookkk? Lanjut terus dulu..

Nah, stabilizer yang akan kita pakai mungkin tidak ente duga sebelumnya. Yup, kita akan pakai stabilizer yang sudah ada di motor sejak di dealer yakni rangka motor itu sendiri. Langkah selanjutnya tinggal pasang kedua soket di kedua ujung kabel. Lalu kemudian, kabel dihubungkan ke rangka motor (bisa melalui baut manapun yang berhubungan dengan rangka) lalu ujung satunya dihubungkan dengan negatif aki.

cth posisi penempatan di CS1 kilatperak (lingkaran merah), ujung satunya dihubungkan ke negatif aki , joss
Selesai, mudah bukan? Kelihatan nggak masuk akal? Wkwkwk, rasakan sendiri dah efeknya klo ga percaya *bocoran : klo tipe CDI motor ente DC, kerjaan mc.gyver ini bahkan bisa ikut menambah performanya lho, api jadi lebih biru!! semua sudah tested di CS1 kilatperak ane, lebih maksimal bila digabung dengan busi autolite copper. Maknyus !!

Nah, enggak harus mahal kan? Sebenernya masih banyak rahasia lagi rahasia memaksimalkan tunggangan dengan grounding. Semoga berguna, BTW jangan lupa tinggalin komentar yah, sobat bikers, klik di link bawah, tinggalkan komentar :D

*stabilizer massa ini dapat diaplikasikan untuk semua motor termasuk motor injeksi

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

101 komentar:

  1. pertamax masi bisa mass bro?? hehe.... wah tips yang menarik...tar ada waktu kita coba di CS1 saya mas brooo :D
    ada tips lain mas broo??

    http://motoisme.wordpress.com

    BalasHapus
  2. terima kasih sudah sudi mampir, mas. Banyak tips2 lain kok :D. Silahkan mampir ke beranda

    BalasHapus
  3. thank's mantabs gan, ane mo coba di cs1 ane juga ah...

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. pa bosss,mw nanya ni,,itu cara yg diatas kn harus pake kabel tambahan lg,,truz klo kabel yg nenpel di aki motor,harus diapain?...dilepas lalu disolasi pa di diemkan ja...blz

      Hapus
    2. kan ari sia di tempel di baut body ari maneh ,
      ngarti te hah kehed.....!!!!!!

      Hapus
  5. apakah ini yg disebut menambah grounding?

    BalasHapus
  6. hmm berarti klo motor standar itu dari negatip aki ga langsung ke massa ya broth ?

    heheh nice tips broth.. owe mao coba ah di SusuPera ane sapa tau bisa lebih irit & kenceng

    BalasHapus
  7. @willykk : betul sekali analisanya, masih melalui wiring utama dulu, jadi banyak hambatan. Silahkan dicoba, masbro

    BalasHapus
  8. Waghh Manthephss euy brot.. knp ane kaga kepikiran sebeloonnya yah ? :oops:

    skrg stater mesin lebih gampang & puteran mesin lebih stabil..

    BalasHapus
  9. tanya bro...klo ane praktekkan cara ini digabung ama tips : http://kilatperak.blogspot.com/2011/08/bikin-booster-kelistrikan-veradvanced.html

    kira2 beresiko gak? secara semua kabel menjurus ke accu...

    Sekalian nanya yg Booster kelistrikan ver advanced itu ELCO-nya musti yg "ber-merk" ato yg biasa ajah? Merk yg bagus/stabil?

    Mohon pencerahannya mas bro...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo you pakai elcho resiko nya ketika mesin dimatikan itu arus akan kembali ke elcho dan tdk tersimpan di aki....klo echo kan hanya bersifat penyimpan sementara jadi besok nya tu motor gak bisa di doble starter nak....lu kudu pasang nya ikut positif kontak nak...nah klo ini pengisian hambatan jalur lebih singkat dan cepat ke aki...alhasil aki gak bakal kekurangan alias tekor.

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. itu buat semua motor bro?
    kalo groudingnya koil, lilitannya pake kawat yg ukuran berapa? 0,5 atau yg gedean?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai kawat tembaga 1 mm saza mantab atau pakai batang ferit atau pakai magnet bekas tamiya

      Hapus
  12. @chipichawa : jawabannya adalah enggak, bro. Aelama masangnya bener sesuai instruksi serta soket perkabelan jangan sampai ada yang kendor. Efeknya bisa berkali-kali lipat bagusnya

    @arya16 : ya betul sekali bisa untuk semua motor, bajaj, mobil, traktor, genset, semuanya yang pakai aki pokoknya.

    BalasHapus
  13. buat jupe burhan bisa ngga bro....
    soale ke lampunekan model AC yah, apa perlu diubah dulu ke DC?
    thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ac dan dc sama malah klo ac seperti losss total pengisian maximal ke aki dan aliran listrik ke semua komponen motor merata yahud bel nnyaring ring dan lampu sein nyala cerah secerah klo liat cewek sexi broth

      Hapus
  14. bro ane masih awam soal yg beginian..
    ane pelajar pake n250 mau modif yg begituan tapi masih pusing..
    hehehe
    ane udh baca-baca tips modifikasinya bro dr booster kelistrikan,booster koil,kopling enteng kaya kopling hidrolis,induction system dll tapi ane masih bingung
    klo bro mau berbaik hati mau ga sms gw trus masih byk yg mau gw tanya sms ke 085831131666 atau ke fb bibinsetan@gmail.com
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak usah bingung mas brooth...baca saja manfaatnya dan cara kerjanya dag beres

      Hapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. jadi intinya..pasang atau sambung kabel negatif aki ke kerangka motor...gitu kang kang broo....???
    gak kena setrum kan??? maklum masih aaauuuuwwaaammm...hehehhe.

    BalasHapus
  17. mau nanya bro,
    itukan kabel massa akinya langsung nempel ke rangka, sedangkan setau ane jalur kabel massa aki emg gak langsung terhubung ke rangka, nah yg ane kuatirkan itu klo misalnya ada kabel yg konslet ke rangka, otomatis jg nyamber langsung ke aki kan, apa gak malah bahaya ?
    biar lbh aman klo kita kasih sekring dulu diantara kabel massa tadi kira2 bisa gak ? CMIIW

    BalasHapus
  18. @naufals......Bisa juga pakai sekering..bro.malah lebih aman.

    BalasHapus
  19. Infonya bagus banget, Gak nyetrum mas bro?, ditunggu inovasi lainya bro

    BalasHapus
  20. perlu dicoba,,ni?trims broth..

    BalasHapus
  21. gan...posting booster utk tipe ac donk....pengen nich...

    BalasHapus
  22. wah ok jg ni makasih masbro minta tips lain ya dong

    BalasHapus
  23. kebanyakan tips di internet , abal2 dan tidak bisa dipertanggungjawabkan, motor mu modyar, bingung mw kemana .............. yg terakhir saya coba adalah tips supaya lampu utama terang dengan memakai resistor, hasilnya gelap gulita semua krn seluruh lampu utama dan lampu rem mati

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya namanya juga resistor bro, kan fungsinya sebagai hambatan listrik. jd kalo dikasih resistor ya tambah berkurang listriknya... lucu lucu

      Hapus
    2. yang pakai resistor itu orang goblook,,,ada juga ditambahin kapasitor di kutub aki nya,,,hehehehe....

      Hapus
  24. aku pake ini mas di cs1 saya tp bikin mesin makin panas...apa mungkin jd minta diborosin...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mesin panas oli mesin berkurang. Ganti ring pistin mu nak.

      Hapus
  25. boleh di coba nih buat cs1 ane :)

    thanks gan (y)

    BalasHapus
  26. mas bisikin contoh nya di motor CB dong mas byar jelas banget gitu, skalian sama foto2nya juga mas hehe
    terus efek negatifnya apa mas? hehe
    sangat bermanfaat ini mas (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua motor cara nya sama...klo masih ragu suruh mekanik pasangin ke motor

      Hapus
  27. mas bro salam kenal klow bikin lampu + TERang gmna yy trimz....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasang diode 6 amper 4 biji...lalu dua biji disusun arah anode nya ke kanan dan yg 2 lagi arah arah anode nya kekiri..lalu sambung e soket kabel kiprok warna kuning selesai

      Hapus
  28. untuk vario 125 apakah berlaku cara ini masbro ......

    BalasHapus
  29. untuk vario 125 apakah berlaku cara ini masbro ...... intinya ini (-) Aki dihubungkan ke ground motor (rangka motor) begitu khan mas bro .... mohon jawabannya.

    BalasHapus
  30. kalau akinya agak tekor ini bisa nggak ya?

    BalasHapus
  31. Sepertinya tidak berlaku buat New Meggy ya mas bro

    BalasHapus
  32. Terima kasih sekali, ilmunya bermanfaat dan sangat kreatif, di tunggu karya-karya bermanfaat dari anda selanjutnya, maju terus, tetap semangat

    BalasHapus
  33. Mksh resepnya mas bro ' cbr ane jadi menclang nih pelita .....agip full bwt mas bro .....

    BalasHapus
  34. Kl diaplikasikan ke honda supra 125 pgm-fi (2008) , ada efek negatif gak ntu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua motor bisa dan efek nya aki lebih awet tahan hingga 3 tahun lebih walau pakai asesoris lampu yg banyak

      Hapus
  35. Balasan
    1. Cek kabel body pasti ada yg kontak positif nya ke body motor.

      Hapus
  36. mas bro.. bukanya semua nya sudah terhubung ke groundding..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul...cara ini hanya mengurangi hambatan dan jalur lebih singkat serta memaximal kan arus yg terbuang oleh kiprok kembali ke aki dan tdk dibuang ke ground dgn percuma serta berputar putar di alternator saja.

      Hapus
  37. Brayyy...klu minus aki apa bisa dpasang kabel peraknya???waiting answer brayy..

    BalasHapus
  38. Brayyy...klu minus aki apa bisa dpasang kabel peraknya???waiting answer brayy..

    BalasHapus
  39. Dari pabrik juga, kabel negatif aki nyambungnya ke body motor bro. Klo dh gt gmn, sama aja kan? :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya ketika kiprok kelebihan arus maka tdk akan kembali ground melainkan ke aki lagi. Bedanya tdk ditampung di kapasitor. Ini lebih aman ketimbang pakai kapasitor. Resiko nya klo kapasitor ketika mesin mati off maka energy listrik dr aki akan tersedot lagi ke kapasitor alhasil gak bisa doble starter besok nyah. Ahahahha

      Hapus
  40. coba akan saya praktekkan di yamaha xeon rc, akan seperti apa...

    BalasHapus
  41. kalo dari (-) aki ke ground-nya koil/ (-) koil gmn? karena lebih deket dan lebih pas dg skun utk dibaut disitu, klo dikasih fuse ~ brp nilai Ampere nilai fuse nya? ane mending pake dioda 1 Ampere, jadi klo Ampere yg didapat besar hasilnya tetap 1 Ampere, masalahnya arus yg ngalir itu dari (-)aki ke rangka/body, atau dari rangka ke (-) aki ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih deket lebih bagus karena hambatan jadi lebih kecil...klo mau pakai plat tembaga isa cabang banyak ground nya. Ahahahh mangstab jiwaaa

      Hapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. ane udah coba gan pada motor cs1 ane!! udah terbukti gan lampu lebih terang 20 persen gan!! thanks agan alexander yudho adianto

    BalasHapus
  45. Di coba dulu gan baru ane beri komen.

    BalasHapus
  46. Di coba dulu gan baru ane beri komen.

    BalasHapus
  47. Di coba dulu gan baru ane beri komen.

    BalasHapus
  48. kalo gak pakek soket gmn ya? apa tidak apa? langsung kabel gitu ke baut body, soalnya saya nyari" di aksesoris motor gak ktemu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak masalah asal body motor cat nya di kupas sampai mengkilap kinclong ya. Agar listrik biar lantjar djaja brot

      Hapus
  49. Bagaimana cara tahunya jika ada perubahan pada motor kita.
    Saya mengunakan lampu utama led xml apakah dapat menambah terangnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo nambah terang nya tergantung jatah semua kesanggupan alternator dan kiprok nya...klo ini supaya aki gak terlalu tekor dia memanfaatkan energi yg terbuang akibat pengisian dianggap penuh oleh kiprok diode zener membuka gerbang scr

      Hapus
  50. thanks gan saya mau coba di supra x 125

    BalasHapus
  51. Tapi hati hati jg gan mengingatkan saja ,periksa lebih detail perkabel jangan sampai ada label plus + terkelupas yg nanti bakal nempel ke body, body motor berbau bahan bakar lg ,wah bisa kebakaran tuh motor .ane coment berdasar pengalaman aja ,thanks..

    BalasHapus
  52. Itu rangkanya gk akn nyetrum? Klo kna air?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya enggak tho....kan kabel positif nya terpisah

      Hapus
  53. Mohan ma'af dngan tuan rumah dan Sory agan2 smua hnya info..kabel minus dr aki smua dh lansung ke grond/menempel ke dinamo stater(bagi kndraan yg pke stater).
    Dan yg kick stater pun dh terpasang..klu g percaya cek kendaraan masing2..maksud dr stabileser hanya memper pendak jarak antara kabel aki(-) ke bodi,jd pemahamanya untuk smya kendaraan sistem DC lebih cepat asupan (-) nya tdk termkn d kbl yg terlalu pajang..

    Hnya sekedar info bila bermanfa'at..abaikan bila tak bermanfa'at

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul itu selain mempersingkat jarul minus nya itu bisa mengembalikan listrik yg dianggap penuh oleh kiprok loh alhasil listrik yg di buang ke ground tadi akan kembali ke aki dan tdk berputar putar di alternator sia sia.

      Hapus
  54. gan cs1 ane kan kelistrikannya lemah , setiap sein atau klakson , speedo redup2 , kalo cara ini di pakai di motor ane , hasinya gimana gan , tolong jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti aki baru baru pasang ini lebih mantab

      Hapus
  55. bos. motor honda dari pabrikan udah di aplikasian.

    BalasHapus
  56. Bisa tidak di pasang di motor yg tdk punya aki aki ???

    BalasHapus
  57. https://buatsendiri-buster.yolasite.com/

    BalasHapus
  58. apa ini berlaku untuk semua tipe motor?? mohon di jawab terima kasih

    BalasHapus
  59. Mantap boss...ini baru blog positif
    Terus berkarya boss👍👍👍👍

    BalasHapus
  60. JADI FUNGSI GROUND STABILIZER INI SELAIN MEMPERSINGKAT ARUS NEGATIF DARI HAMBATAN BESI ATAU BODY JUGA MENGEMBALIKAN ARUS LIAR YG DIBUANG OLEH KIPROK KETIKA PENGISIAN PENUH. ARUS YG DI BUANG OLEH KIPROK AKAN DIKEMBALIKAN LGI KE AKI...ALHASIL AKI TDK MUDAH TEKOR DAN TAHAN LAMA.

    BalasHapus
  61. Yg NEGATIF NAK bukan yg positif di sambung ke body...hadeeeeh

    BalasHapus