Selasa, 29 November 2011

KMI harus lebih bijak, era 2 tak sudah berakhir...

Well, sobat bikers. Cukup geleng-geleng kepala juga melihat ATPM Kawasaki bersikeras mempertahankan Kawasaki Ninja 2 tak-nya sampai dengan tahun 2015. Bagaimana tidak, ketika pabrikan lainnya bahkan sudah mengambil ancang-ancang untuk pindah ke era injeksi 4 tak. KMI malah mengambil langkah mundur.

era 2 tak sudah berakhir
Berakhirnya era 2 tak adalah pasti. Hilangnya mesin 2 tak di Moto GP tahun 2012 ini sudah bisa jadi tolok ukur absolut. Walaupun sebenarnya gejala lain seperti beralihnya kendaran roda 3 bajaj 2 tak menjadi 4 tak juga lambat laun mencapai hampir 80%. Pabrikan Yamaha yang kondang dengan mesin 2 tak-nya pun sudah full beralih ke 4 tak. Juga pabrikan Aprilia yang sudah mengganti semua jajaran produknya dengan mesin 4 tak yakni RS4. Pelan tapi pasti, mesin 2 tak akan punah dengan sendirinya, di beberapa negara yang masih memperbolehkan motor 2 tak memberlakukan pajak 2 kali lipat dibanding 4 tak.

Memang masih ada penikmat fanatik dari 2 tak, namun alangkah baiknya bila semua pihak bersikap realistis. Kalau kata mbah dukun Satar, era 2 tak sudah tamat. Ya, ini fakta. Jangan mentang-mentang tidak ada aturan yang jelas dari pemerintah terkait emisi, lalu pabrikan leluasa menjual mesin 2 tak di Indonesia karena sudah tidak dapat diterima lagi di luar negeri. Siapa lagi yang dirugikan nantinya kalau bukan konsumen... Jangan nanti sudah injury time, pada saat 2 tak dilarang, baru distop produksinya !!!



Edukasi dan regenerasi KMI tidak jalan, bukti ketidakmampuan KMI bikin mesin 150cc 4 tak?

Seharusnya alih-alih mempertahankan Ninja 2 tak yang mana sebetulnya Ninja series sendiri tidak pernah ada yang bermesin 2 tak di luar sana. Sebaiknya KMI mengembangkan Ninja 150cc 4tak. Rasanya bukan zaman lagi kalo orang bilang mesin 4 tak tidak bisa kencang seperti 2 tak, itu mah jaman dulu banget boo. Nah, edukasi seperti ini seharusnya sampai ke konsumen fanatik Ninja. Buktinya Ninja 250c 4 tak laris manis tuh, apalagi kalau ada versi 150cc nya...

Ninja 150cc 4 tak wajib ada!!!
Solusi terakhir

Ninja 150cc 4 tak DOHC adalah sebuah keharusan. Selain nilai ekonomi yang sangat baik juga bakalan menaikkan brand image KMI secara total. Kalau masih mau mempertahankan 2 tak, minimal ya kasih fitur injeksi, sayangnya Ninja 150 rr baru masih karburator 2 tak, dan harganya naik 5 juta. Menurut ane sih not recommended !!!

38 juta, 2 tak 150cc? Not Recommended!! Mending sekalian KTM Duke 200cc 4 tak !!!

Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

12 komentar:

  1. tapi kalo ditinjau .... mana ada lagi motor seharga 25 - 33 juta rupiah OTR yang bisa lari sampe 180 kpj ??

    kalo untuk biker duit pas-pas an macem gw... ya ngga bakalan kebeli lah motor 4 tak harga diatas 30an juta biar bisa lari 180 kpj....

    nah itu mungkin salah satu daya tarik mesin 2 tak , yaitu CEPAT !! dibandingkan cc yang sama dengan mesin 4 tak.....

    ya namanya selera susah juga menilainya...
    speed , lingkungan , atau value ??
    pilih yang mana ?

    BalasHapus
  2. cepet2 deh buat ngeluarin variant 150 4tak kalau tetep mau exsis

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. yg bilang kawasaki pikirin duit —> ya iyalah, bisnis mah pikirin duit dong, jadi pikiran apa kalo bukan duit ?? pikirin cinta ?? cape deh…

    yg bilang ninja 2 T polusi —>ngaca woi, motor 4T dan 2T (apalagi yg karburator) sama-sama berpolusi. emisi ninja 2T itu lebih baik tahu dari motor 4T butut loe.. yg kebanyakan komen negatif, paling gak sanggup beli ninja 2T dan yg loe-loe punya pada paling2x motor butut 4T yang udah mulai ngebul.. wkwkwkwkwk

    yg bilang ninja 2T cuma diproduksi di Indo —> ya elah, mugkin di negara lain udah ada motor yg lebih bagus performanya/lebih worth utk dibeli, tetapi tidak dengan di indonesia bro. motor-motor 4T di indo (apalagi yg punya jepun keparan) hampir semuanya (95%) BUSUK, tenaga tempe, loyo,model malu-maluin, iritnya gak seberapa, udah gitu mahal lagi. ya wajar dong, ninja 2T masih sangat diminati.

    yg sok peduli lingkungan —> saya amati sepertinya anda bukan peduli dengan lingkungan, tetapi karena ada dendam ya dengan motor 2 tak ?? anda pasti biker juga kan karena anda rutin ngunjungin blog ini. atau punya pengalaman buruk dengan motor 2 tak, khususnya ninja 2T?? ato jangan-jangan cewek loe direbut ama cowok yg pake ninja 2T ya gara-gara loe cuma punya motor 4T butut, udah ngebul lagi?? kalo anda emang peduli lingkungan, sono jual motor loe (4T ato 2T) pake sepeda,

    cape deh tiap hari ngurusin biker yg sok peduli lingkungan. motornya aja 4T yg udah ngebul, cape deh…

    BalasHapus
  5. Setuju. Motor ninja 2 tak harus continous. Buat yg benci ama 2 tak khususnya ninja .mending bobok manis aja,wkkkk.dasar tukang sok suci.

    BalasHapus
  6. Jgn jgn yg koment sok peduli lingkungan itu pemulung

    BalasHapus
  7. Jgn jgn yg koment sok peduli lingkungan itu pemulung

    BalasHapus
  8. Setuju. Motor ninja 2 tak harus continous. Buat yg benci ama 2 tak khususnya ninja .mending bobok manis aja,wkkkk.dasar tukang sok suci.

    BalasHapus