Halo, sobat bikers. Mempunyai motor dengan sistem full clutch (kopling manual) memang menyenangkan, selain tenaga yang terus mengisi di setiap putaran, top speed yang lebih tinggi dari motor matik maupun bebek, serta kendali penuh di tangan menjadikan berkendara lebih nikmat.
Namun, semuanya bisa saja berubaha menjadi mimpi buruk ketika mekanisme pengoperasian kopling manual yang sebagian besar menggunakan sistem tarik mulai keras, apalagi kalau dilengkapi dengan jalanan yang macet, sempurnalah penderitaan kita. Dijamin tangan ente bisa sampai mati rasa.
Nah, bagaimana cara mengatasinya. Suatu ketika ane iseng membandingkan tuas kopling motor yang sama gres di diler dan satunya sudah berumur satu tahun di parkiran. Yup, yang sudah terpakai / di parkiran pasti koplingnya lebih keras, walaupun tidak selalu seperti itu. Kemudian dikarenakan banyak keluhan yang datang dari pengguna sport, maka variasi kopling enteng dengan menggunakan sistem hidrolis pun mulai banyak bermunculan dengan harga berkisar 500rb (cina) - 1 jutaan (thailand), untuk yang bermerek bahkan sampai 2 jutaan (jepang).
set kopling hidrolis kini banyak dijual bebas |
Kontan, variasi itu pun langsung laris manis walaupun banderolnya terbilang tidak murah. Namun kelemahannya variasi seperti ini selain mahal, ia membutuhkan modifikasi yang bagi saya terbilang cukup merusak karena digunakannya las, membuat dudukan baru, bubut, dll di dekat bak mesin. Sebetulnya, kita bisa saja melihat penyebab permasalahan ini dan menemukan solusinya yang lebih murah. Pada dasarnya, dari pabrik semua motor full kopling sudah dirancang untuk dapat dipakai siapa saja termasuk para makhluk halus yang bertenaga lembut sekalipun. Persoalannya adalah kemudian aspek mekanisme kopling jarang mendapat perhatian, padahal sektor ini penting banget untuk keamanan dan kenyamanan berkendara kita.
Nah, sebetulnya ada cara murah meriah yang dapat kita gunakan untuk membuat tarikan tuas kopling lebih enteng sekitar 20% dari standar. Bahkan bisa tidak perlu keluar uang sama sekali, intinya hanya di pelumasan, berikut triknya :
masukkan ke dalam selongsong kabel perlahan-lahan |
ulangi langkah ini sampai sekitar 10 tetes pelumas terserap masuk ke selongsong |
waduuuhhh...dah keduluan... q mau share tentang ini juga sebenernya...
BalasHapushahahaha.....
mantab bro..... :)
@joan : wah, sip banget bro, bisa bantu temen menghemat jajan motor juga donk, toss sesama pengguna CS1. Jangan ngebut di jalan, ride safely :D
BalasHapussip infonya................lam knl bro.........
BalasHapustapi ane biasanya pake oli samping 2T, lebih mudah masuk ke dalam kabel
BalasHapus@tiger250 : lam kenal juga, sob
BalasHapus@kristalkuning : wuah, nanti ane coba bro, thanks inputnya :D
Ane dari dulu udah pake cara gini Bro...
BalasHapusTapi cara ini cuman hanya bertahan 1-2 bulan aja, selebihnya udah keras lagi...
Apalagi kalo pemakaian motor lebih banyak di daerah berdebu, ane jamin 1 minggu ajah tuh di area kedua ujung kabelnya udah ditempelin debu...
Masih mending kalo olinya pake yg sintetik, kalo pake yg mineral pasti udah balik lagi tuh olinya ke bentuk asalnya yaitu tanah...
Yahhhh... buat yang punya waktu lebih sih ngirit kok pake cara ini...
Kalo gak yah ikutin ane aja pake Kopling Hidrolik...
Maknyussss...
Mas biaya kopling hidrolik brp tuh..
Hapus"misi 0m ..numpang nanyak..
BalasHapus"kopling hidrolik dipasang di speda bebek bisa kagak 0m???
Tempo hari iseng coba trik ini...
BalasHapusEh sekarang walau umur kopling kira2 udah setahun masih enteng aja, malahan masih lebih enteng ketimbang FU tetangga yang baru ganti beberapa minggu lalu.
Thanks infonya bro, sangat bermanfaat sekali :)
Oh iya, saya pakai minyak sayur. Alhamdulillah sampai sekarang masih aman dari debu... Padahal tinggal gak jauh dari pesisir, dan tiap weekday itu motor sehari PP bisa jalan 60km lewat daerah macet pula...
Hapus@alexander yudho.....mantab bro ..kapan touring ke vl bareng...wkwkwk
BalasHapusmohon bantuannya..... kopling hidrolik motor ane kemarin malam putus yg untuk d stut koplingnya..ada yang tau cara memperbaikinya gak ya...mksh
BalasHapusaduhhh gan
BalasHapuswda cobak cara yg agan buat, tapi masi aja beraT Megang itu kopling
so, problemnya dimana itu gan
Maaf guys mnt komen/masukan nya dong ane punya motor blade respol n ane bru aj pasang kopling manual.tp kopiling manual ane keras ny mnta ampun gmn cr ny yaaa supaya koplinh manual ane bs enteng??
BalasHapusbukan kopling hidrolik nya yang salah, Bro ...
Hapusmemang model kopling blade berbeda dengan bebek honda lainnya. kopling nya lebih canggih dan plat nya cm 3. tapi per koplingnya, keras banget ...
jadi nggak recommended utk diaplikasi kopling manual. Kecuali ente ganti rumah kopling nya 1 set pake punya karisma, nah... ketolong dech tuch
pake oli sampig MOTUL jga gpp yah .di masukan nya
BalasHapussiiipp
BalasHapusPake oli tranmisi mobil gan. Licin beud. Mantab !
BalasHapusMantap dah.... Entar aneh coba
BalasHapuskalo ane sih pake singger, lebih tahan ma debu
BalasHapusSips, bisa dipraktekan bro..
BalasHapus