Yah, jujur saja selama ini image Bajaj, termasuk di mata gue adalah positif, termasuk kualitas produknya. Namun, setelah kemudian membaca dan menganalisa dari konsumennya langsung terutama dari para sesama blogger. Sebelumnya saya pernah tulis artikel disini yang mengemukakan bahwa ada beberapa keluhan minor seputar kualitas mesin dari beberapa teman saya pemakai langsung Bajaj (bukan BC) , ini fakta omongan langsung dari pemakai meski memang tidak sempat saya ambil bukti gambar.
Kalau ada blogger yang anti-bebek mah terserah aja, bener kata mang udin, bukan lo yang kasih rejeki, kga usah ngatur-ngatur, ntar malah kualat. Tetapi terus kalau pabrikan/ATPM jadi ikut-ikutan mulai dari brosur yang menciderai perasaan pemilik bebek dengan ilustrasi nunggang entog (yang secara agak maksa dianggap sama dengan bebek) sama sekali merupakan tindakan yang tidak elegan.
baru punya pulsar aja sombong amat sih? sampe bebek dibikin segitunya |
"Pulsar? Siapa takutt?", kata si kawanan 3 itik dan 1 entog |
Moga-moga Bajaj sadar akan kesalahannya ini dan mau berbenah, jangan sampai produknya justru jadi ditinggalkan pemakainya karena hal yang sepele. Ini dia solusi yang harus dilakukan Bajaj kalau mau selamat di dunia roda dua nasional :
1. Hentikan kesombongan anda, stop mulai sekarang melecehkan motor bebek dan entog.
2. Kualitas produk diperhatikan terutama mesin dan crankcase.
3. Sebelum jualan, minimal spare-part fast moving harus tersedia, kalaupun sulit, berikan pengertian kepada pengguna, klo enggak berarti maaf, motor anda sama saja dengan motor jangkrik !!!
4. Benahi kualitas customer service, ini garda depan penenti hidup mati penjualan anda. Jangan sampai terjadi lagi hal seperti ini. Segera follow up.
Kalau itu sudah dilakukan, bisa jadi orang akan bergeser sendirinya dari pengguna-pengguna bebek. Kalau tidak ya siap-siap saja ditinggalkan. Bajaj bisa belajar dari TVS untuk hal ini.
Bajaj Pulsar gak sombong kok mas, dia mah diem aja nggak pernah ngomel...:) lagi pula banyak lho mas yang benci sama pulsar terus berubah jadi cinta sama pulsar pada akhirnya....begitu juga sebaliknya, maklum bajaj buatan india itu cukup bernyali di jalanan, jadi wajar saja banyak yang gak terima :) Yah artikel ini saya anggap sebagai pembelajaran bagi BAI saja, kalau konsumen tetap yang menentukan. Salam.
BalasHapussombong gede gede an
BalasHapusDengerin tuh BAI,,, Soalnya Akang mau gambling ngambil Bajaj Avenger nih (kalau taun depan muncul lho!)
BalasHapusSTNK gak pake lama, mekanik2 handal, spare-part harus tersedia.. baru mau ngehina2 bebek dan sombong juga gak apa2...
Jangan kayak sekarang ngehina produk2 bebek, pelayanan 3S produk sendiri gak dibenahi...
owe terima lah kenyataan ini brots.. maklum motor owe masih cupu & lemot -> blebeq :">
BalasHapusbebek blebeq -> mana bisa lari.. :'[
Pahammmm... pahammmm.... ane udah prnah 4 tahun kerja sama orang India.
BalasHapusanak baru gede nih, tapi dah suombong...padahal saya respek lho dengan produk2 BAI, tapi setelah kejadian ini koq rasa-rasanya "ketimuran" saya jadi berbicara bahwa nih produk ga pantas dihargai, lha wong dianya ga menghargai yg lain. Wala produsen ngakunya RAJA, tapi ingat konsumen adalah MAHA RAJA!!
BalasHapuswew, jgn sampe kejadian, gara2 salah marketing, produk BAI ditinggalin konsumen Indonesia, terlepas dari cara marketing yang memang meremehkan produk bebek n entog, nih motor emank mantap ! cuman ya itu, yang sopan lah dalam beriklah, gk usah ikutam perang bebek, BAI kan segmennya beda, walaupun pengen menyasar konsumen yang ngambang, milih bebek apa pulsar. anda sopan, kami segan. anda tidak sopan, kami tendang ! ciao
BalasHapuslebay....gitu aja di permasalahkan...biasa aja lagi...lebay....gitu aja di permasalahkan...biasa aja lagi...
BalasHapuspada dasarnya low profile itu lebih baik, konsumen juga lebih respek, apalagi ditunjang dengan niat baik. Walaupun terjadi masalah, yakin konsumen tetap loyal. Nah kalau sombong, bubarlah semuanya + layanan amburadul, klop :D
BalasHapussaya sebagai pengguna motor underbone, terusterang aja, gak respek sama Bajaj....
BalasHapusapalagi di iklannya yang nampilin mtr2 underbone jepun, yang dianggep kalah gengsi dan gaya jauh dibanding Bajaj....
terkesan menghina..........
emang bajaj terbukti kurang memuaskan..kalo ga percaya beli aja motornya, pake sendiri..dari segi mesin crankcase emang jujur aga risiko, telat sebulanan ga ganti oli, langsung kletek2, service besar pun ga ngilangin suara kletek2.."emang gitu"..itu yg selalu terngiang2 di kepala gue, setelah mekanik ngomong suara kletek2 ga bisa di benerin..supah nyesel pake bajaj..
BalasHapusItu cocok buat semua pen- jual mesin gan :D
BalasHapus