Sebagai sebuah sistem yang mempunyai komponen lebih banyak, mesin beradiator atau yang jamak disebut sebagai liquid cooled engine sudah pasti menuntut perhatian yang lebih dibanding mesin konvensional. Nah, tuh radiator sudah sepantasnya dirawat biar kondisi semplakan tetep oke.
Nih dia manfaat yang bakal ente peroleh jika radiator ente terawat :
1. Radiator bakal bersih dan awet sampe akhir hayat motor ente, jadi enggak bakal ada tuh kejadian radiator bocor karena pemakaian, duit ente juga bebas dari acara belaja radiator yang harganya kira-kira 1/2 jutaan.
2. Mesin lebih adem, walhasil piston dan komponen yang terkait di dalamnya lebih awet. Juga bebas dari masalah overheating.
3. Awet pelumas , ya ini sebagai implikasi dari ademnya mesin (suhu yang stabil)
4. Bensin lebih irit.
5. Lari motor lebih maknyuss.
Nah, lumayan oke kan tuh manfaatnya. Nah sekarang apa yg musti dilakuin untuk ngerawat radiator. Wooh.., nggak susah kok, langsung aja nih :
1. Sering-sering cek air radiator ente, ya enggak usah sering-sering lah, 3 bulan sekali juga cukup. Nah, pas tuh ngecek, liat kondisi air, klo masih ijo dan bening brarti masih oke, tinggal tambahin sampai penuh (luber dikit). Nah klo udah keruh, apalagi berwarna rada coklat, itu berarti harus ente kuras.
Wooh, ribet nich. Wah, belom baca udah nyeletuk aja :P. Jadi gini, sama sekali nggak susah kok bro, setiap motor sudah dilengkapi dengan baut pengurasan air radiator, jadi ente tinggal buka itu - semacam baut pembuangan oli di bak mesin. Nih, ane kasih contoh letaknya di beberapa motor :
CS1/CBR *gbr: servis-kecil.blogspot.com |
Yamaha V-ixion/ Jup MX |
Vario / Xeon |
Selesai, pasang kembali baut dan isi radiator dengan radiator coolant sampai penuh lewat mulut utama radiator (yang ada cap radiatornya), BUKAN dari tabung reservoir.
2. Pasang cover pelindung radiator, cukup yang variasi, harga pasti ga mahal, ini salah satu variasi yang penting buat dimiliki.
wajib buat motor beradiator depan |
3. Pastikan tangki reservoir terisi cukup.
4. Buat motor yang dilengkapi automatic fan, fan/kipas harus dicek apakah masih menyala pada saat suhu mesin panas. Merawat kipas ini mudah, caranya dengan melumasi as kipas dengan WD40, usah kuatir kipas akan konslet.
5. Setelah mematikan mesin, putar kembali kunci kontak ke keadaan on, hal ini akan menyalakan kipas apabila mesin masih panas. Apabila kipas ternyata menyala, tunggu sejenak sampai kipas mati dengan sendirinya, jika kipas mati, maka kunci boleh dicabut. Hal ini akan membuat thermostat dan thermoswitch anda menjadi lebih awet.
Selesai, mudah bukan ?
Jangan lupa tinggalkan komentar dibawah ini ya :D
wah...tips yg sangat berguna bro, kebetulan ane penyemplak red Vixi :). Thanks mas bro tips'y, salam kenal and salam rider...
BalasHapusmangstab, bro. Moga awet trus Vixion sampeyan :P
BalasHapusAMIIIIIIIIIN....(menundukan kepala dan mengangkat tangan)
BalasHapushiks.. ngiri ane pengen punya motor canggih kyk broths..tp sayang klo SusuPera owe dijual pasti rugi :'[
BalasHapusada yang kurang dengan seperti ini..
BalasHapus1. Sering-sering cek air radiator ente, ya enggak usah sering-sering lah, 3 bulan sekali juga cukup. Nah, pas tuh ngecek, liat kondisi air, klo masih ijo dan bening brarti masih oke, tinggal tambahin sampai penuh (luber dikit). Nah klo udah keruh, apalagi berwarna rada coklat, itu berarti harus ente kuras
pertanyaan :
ini tambah air radiator di reservoir tank dalam keadaan full atau luber pada waktu mesin dingin atau panas??????
karena servervoir tank berbeda ukuran pada mesin dingin dan panas..
Dingin om
Hapuskenapa setelah di service radiator jupiter mx saya gak nyala ???
BalasHapuskira* penyebabnya apa ia ???
Mau tanya Gan,
BalasHapusmotor mx sy th2006.kalau di pakai air radiator suka keluar dari tutup atas resevoir tank nya.itu yang perlu diperiksa apanya ? terima kasih petunjuknya.
Tutupny bocor mungkin/ selang" radiator mampet om.
HapusBisa juga termostat gk aktif
THERMOSWITCH TUH BISA D PASANG YG PEKA TERHADAP SUHU AGAK RENDAH GA GAN...MISAL 70 DERAJAT GITU...GMN GAN ..?KLO BISA TOLONG MERK NY APA TRUS BELINYA DIMANA SAMA SATU LAGI HARGANY BERAPAAN GAN...BUAT NJMX...?
BalasHapusBro, infonya sangatlah berguna, yg mau saya tanyakan, apabila kipas saya sambungkan langsung ke kontak, jd tiap kontak di on, kipas lngsung nyala, apa ada pengaruh buruknya, makasih bro, tolong blz di no.085729233378 thanks
BalasHapusSlmt mlm mas..mas sy mau nanya..sy punya cb 150r streetfire..koc kipas liquid tdk berputar pd saat berhenti stlh mlkkn prjalan jauh/luar kota krg lbh jarak tempuh150km.posisi wkt brhnti mesin msh hidup...apakahnrusak atau mmg spt itu...mhn saran nya...trmksh sblm nya mas....
BalasHapusgan,kalo air radiator vixi bisa dipakai buat vario ?
BalasHapusGan motor saya cbr lokal..setelah ganti muffler fan coolingx tdak hidu..kira2 knp?
BalasHapuscakep Bro, terima kasih infonya
BalasHapusmakasih masbroo:-),saya juga pengguna nva gp jadi pelajaran ni..
BalasHapussekali lagi makasih mas broo
Ciri ciri radiator habis ninja 250 mono
BalasHapusNama cairan radiator yf biru apa namanya
BalasHapusNama cairan radiator yf biru apa namanya
BalasHapusradiator ane bocor itu kenapa ya gan???
BalasHapusOk makasih infonya
BalasHapus