Aslinya, di pasaran sudah banyak tersedia variasi peningkat performa kelistrikan, dari murah sampai yang paling mahal. Salah satu produk premium contohnya seperti XCS yang harganya kurang lebih 250-ribu. Nah, sekarang kita juga bisa bikin yang seperti itu, ya memang hasilnya tidak bisa sama persis, tapi menurut gue sangat lumayan.
salah satu variasi booster kelistrikan, @ 275rb |
Yang yang bakal kita buat sekarang nama kerennya adalah ground stabilizer/ stabiliser massa. Nah, yang seperti ente tahu bahwa semua komponen kelistrikan motor semua terhubung ke massa. Nah sekarang kita bakalan mengoptimalkan arus massa (-)pada kuda besi kesayangan kita. Hasilnya nanti kurang lebih nyala lampu lebih terang, klakson sedikit lebih nyaring, serta komponen kelistrikan lain seperti kiprok, aki, dll akan lebih awet. Okelah langsung aja, pertama anda yang perlu ente siapin adalah seutas kabel, kabelnya jangan asal-asalan, serabutnya sebaiknya cukup banyak/besar/tebal. Nah, kabel ginian paling cuma 1000-an perak, malah bisa gretong klo di rumah ente ada sisa kabel listrik. Ingat, makin besar kabel makin bagus. Nah terus, setelah itu soket ring 2 buah di masing-masing ujungnya. Tau kan soket ring? Itu lho soket kabel yang bisa dibaut, nah soket ginian paling harganya 500-an perak, lagi-lagi bisa gretongan kalao misal ada sisa di rumah. Selesai, itu aja modalnya, cuman seutas kabel, muosookkk? Lanjut terus dulu..
Nah, stabilizer yang akan kita pakai mungkin tidak ente duga sebelumnya. Yup, kita akan pakai stabilizer yang sudah ada di motor sejak di dealer yakni rangka motor itu sendiri. Langkah selanjutnya tinggal pasang kedua soket di kedua ujung kabel. Lalu kemudian, kabel dihubungkan ke rangka motor (bisa melalui baut manapun yang berhubungan dengan rangka) lalu ujung satunya dihubungkan dengan negatif aki.
cth posisi penempatan di CS1 kilatperak (lingkaran merah), ujung satunya dihubungkan ke negatif aki , joss |
Selesai, mudah bukan? Kelihatan nggak masuk akal? Wkwkwk, rasakan sendiri dah efeknya klo ga percaya *bocoran : klo tipe CDI motor ente DC, kerjaan mc.gyver ini bahkan bisa ikut menambah performanya lho, api jadi lebih biru!! semua sudah tested di CS1 kilatperak ane, lebih maksimal bila digabung dengan busi autolite copper. Maknyus !!
Nah, enggak harus mahal kan? Sebenernya masih banyak rahasia lagi rahasia memaksimalkan tunggangan dengan grounding. Semoga berguna, BTW jangan lupa tinggalin komentar yah, sobat bikers, klik di link bawah, tinggalkan komentar :D
*stabilizer massa ini dapat diaplikasikan untuk semua motor termasuk motor injeksi
pertamax masi bisa mass bro?? hehe.... wah tips yang menarik...tar ada waktu kita coba di CS1 saya mas brooo :D
BalasHapusada tips lain mas broo??
http://motoisme.wordpress.com
terima kasih sudah sudi mampir, mas. Banyak tips2 lain kok :D. Silahkan mampir ke beranda
BalasHapusthank's mantabs gan, ane mo coba di cs1 ane juga ah...
BalasHapusSip bro, lanjutken
BalasHapuspa bosss,mw nanya ni,,itu cara yg diatas kn harus pake kabel tambahan lg,,truz klo kabel yg nenpel di aki motor,harus diapain?...dilepas lalu disolasi pa di diemkan ja...blz
Hapuskan ari sia di tempel di baut body ari maneh ,
Hapusngarti te hah kehed.....!!!!!!
Zidan
HapusMasa
sip2..mantabb2
BalasHapusapakah ini yg disebut menambah grounding?
BalasHapus@bro_darsonosu : betul sekali masbro :D
BalasHapushmm berarti klo motor standar itu dari negatip aki ga langsung ke massa ya broth ?
BalasHapusheheh nice tips broth.. owe mao coba ah di SusuPera ane sapa tau bisa lebih irit & kenceng
@willykk : betul sekali analisanya, masih melalui wiring utama dulu, jadi banyak hambatan. Silahkan dicoba, masbro
BalasHapusWaghh Manthephss euy brot.. knp ane kaga kepikiran sebeloonnya yah ? :oops:
BalasHapusskrg stater mesin lebih gampang & puteran mesin lebih stabil..
tanya bro...klo ane praktekkan cara ini digabung ama tips : http://kilatperak.blogspot.com/2011/08/bikin-booster-kelistrikan-veradvanced.html
BalasHapuskira2 beresiko gak? secara semua kabel menjurus ke accu...
Sekalian nanya yg Booster kelistrikan ver advanced itu ELCO-nya musti yg "ber-merk" ato yg biasa ajah? Merk yg bagus/stabil?
Mohon pencerahannya mas bro...
Klo you pakai elcho resiko nya ketika mesin dimatikan itu arus akan kembali ke elcho dan tdk tersimpan di aki....klo echo kan hanya bersifat penyimpan sementara jadi besok nya tu motor gak bisa di doble starter nak....lu kudu pasang nya ikut positif kontak nak...nah klo ini pengisian hambatan jalur lebih singkat dan cepat ke aki...alhasil aki gak bakal kekurangan alias tekor.
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusitu buat semua motor bro?
BalasHapuskalo groudingnya koil, lilitannya pake kawat yg ukuran berapa? 0,5 atau yg gedean?
Pakai kawat tembaga 1 mm saza mantab atau pakai batang ferit atau pakai magnet bekas tamiya
Hapus@chipichawa : jawabannya adalah enggak, bro. Aelama masangnya bener sesuai instruksi serta soket perkabelan jangan sampai ada yang kendor. Efeknya bisa berkali-kali lipat bagusnya
BalasHapus@arya16 : ya betul sekali bisa untuk semua motor, bajaj, mobil, traktor, genset, semuanya yang pakai aki pokoknya.
buat jupe burhan bisa ngga bro....
BalasHapussoale ke lampunekan model AC yah, apa perlu diubah dulu ke DC?
thank's
Ac dan dc sama malah klo ac seperti losss total pengisian maximal ke aki dan aliran listrik ke semua komponen motor merata yahud bel nnyaring ring dan lampu sein nyala cerah secerah klo liat cewek sexi broth
Hapusbro ane masih awam soal yg beginian..
BalasHapusane pelajar pake n250 mau modif yg begituan tapi masih pusing..
hehehe
ane udh baca-baca tips modifikasinya bro dr booster kelistrikan,booster koil,kopling enteng kaya kopling hidrolis,induction system dll tapi ane masih bingung
klo bro mau berbaik hati mau ga sms gw trus masih byk yg mau gw tanya sms ke 085831131666 atau ke fb bibinsetan@gmail.com
thanks
Gak usah bingung mas brooth...baca saja manfaatnya dan cara kerjanya dag beres
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusjadi intinya..pasang atau sambung kabel negatif aki ke kerangka motor...gitu kang kang broo....???
BalasHapusgak kena setrum kan??? maklum masih aaauuuuwwaaammm...hehehhe.
Ya enggak la hmas broooth
Hapuskayak gitu beli dimana bro?
BalasHapusBikin sendiri aja gampang brooh
Hapusmau nanya bro,
BalasHapusitukan kabel massa akinya langsung nempel ke rangka, sedangkan setau ane jalur kabel massa aki emg gak langsung terhubung ke rangka, nah yg ane kuatirkan itu klo misalnya ada kabel yg konslet ke rangka, otomatis jg nyamber langsung ke aki kan, apa gak malah bahaya ?
biar lbh aman klo kita kasih sekring dulu diantara kabel massa tadi kira2 bisa gak ? CMIIW
apa ini berlaku bagi semua tipe motor
Hapus@naufals......Bisa juga pakai sekering..bro.malah lebih aman.
BalasHapusthnks infony mnfaat bgt
BalasHapusInfonya bagus banget, Gak nyetrum mas bro?, ditunggu inovasi lainya bro
BalasHapusYooo oraaaa laaaa
Hapusperlu dicoba,,ni?trims broth..
BalasHapusgan...posting booster utk tipe ac donk....pengen nich...
BalasHapusSama saja ac dan dc sama
Hapuswah ok jg ni makasih masbro minta tips lain ya dong
BalasHapuskebanyakan tips di internet , abal2 dan tidak bisa dipertanggungjawabkan, motor mu modyar, bingung mw kemana .............. yg terakhir saya coba adalah tips supaya lampu utama terang dengan memakai resistor, hasilnya gelap gulita semua krn seluruh lampu utama dan lampu rem mati
BalasHapusya namanya juga resistor bro, kan fungsinya sebagai hambatan listrik. jd kalo dikasih resistor ya tambah berkurang listriknya... lucu lucu
Hapusyang pakai resistor itu orang goblook,,,ada juga ditambahin kapasitor di kutub aki nya,,,hehehehe....
Hapusaku pake ini mas di cs1 saya tp bikin mesin makin panas...apa mungkin jd minta diborosin...?
BalasHapusMesin panas oli mesin berkurang. Ganti ring pistin mu nak.
Hapusboleh di coba nih buat cs1 ane :)
BalasHapusthanks gan (y)
mas bisikin contoh nya di motor CB dong mas byar jelas banget gitu, skalian sama foto2nya juga mas hehe
BalasHapusterus efek negatifnya apa mas? hehe
sangat bermanfaat ini mas (y)
Semua motor cara nya sama...klo masih ragu suruh mekanik pasangin ke motor
Hapusmas bro salam kenal klow bikin lampu + TERang gmna yy trimz....
BalasHapusPasang diode 6 amper 4 biji...lalu dua biji disusun arah anode nya ke kanan dan yg 2 lagi arah arah anode nya kekiri..lalu sambung e soket kabel kiprok warna kuning selesai
Hapusuntuk vario 125 apakah berlaku cara ini masbro ......
BalasHapusuntuk vario 125 apakah berlaku cara ini masbro ...... intinya ini (-) Aki dihubungkan ke ground motor (rangka motor) begitu khan mas bro .... mohon jawabannya.
BalasHapusSemua bisa
Hapuskalau akinya agak tekor ini bisa nggak ya?
BalasHapusSepertinya tidak berlaku buat New Meggy ya mas bro
BalasHapusTerima kasih sekali, ilmunya bermanfaat dan sangat kreatif, di tunggu karya-karya bermanfaat dari anda selanjutnya, maju terus, tetap semangat
BalasHapusMksh resepnya mas bro ' cbr ane jadi menclang nih pelita .....agip full bwt mas bro .....
BalasHapusKl diaplikasikan ke honda supra 125 pgm-fi (2008) , ada efek negatif gak ntu?
BalasHapusSemua motor bisa dan efek nya aki lebih awet tahan hingga 3 tahun lebih walau pakai asesoris lampu yg banyak
HapusMantap
BalasHapusMantap
BalasHapusSingkat,...pdat dn siiipppp
BalasHapusFuse ane putus mulu bro
BalasHapusCek kabel body pasti ada yg kontak positif nya ke body motor.
HapusSiip....
BalasHapusmas bro.. bukanya semua nya sudah terhubung ke groundding..
BalasHapusBetul...cara ini hanya mengurangi hambatan dan jalur lebih singkat serta memaximal kan arus yg terbuang oleh kiprok kembali ke aki dan tdk dibuang ke ground dgn percuma serta berputar putar di alternator saja.
HapusBrayyy...klu minus aki apa bisa dpasang kabel peraknya???waiting answer brayy..
BalasHapusBrayyy...klu minus aki apa bisa dpasang kabel peraknya???waiting answer brayy..
BalasHapusBisa
HapusDari pabrik juga, kabel negatif aki nyambungnya ke body motor bro. Klo dh gt gmn, sama aja kan? :v
BalasHapusMaksudnya ketika kiprok kelebihan arus maka tdk akan kembali ground melainkan ke aki lagi. Bedanya tdk ditampung di kapasitor. Ini lebih aman ketimbang pakai kapasitor. Resiko nya klo kapasitor ketika mesin mati off maka energy listrik dr aki akan tersedot lagi ke kapasitor alhasil gak bisa doble starter besok nyah. Ahahahha
Hapuscoba akan saya praktekkan di yamaha xeon rc, akan seperti apa...
BalasHapuskalo dari (-) aki ke ground-nya koil/ (-) koil gmn? karena lebih deket dan lebih pas dg skun utk dibaut disitu, klo dikasih fuse ~ brp nilai Ampere nilai fuse nya? ane mending pake dioda 1 Ampere, jadi klo Ampere yg didapat besar hasilnya tetap 1 Ampere, masalahnya arus yg ngalir itu dari (-)aki ke rangka/body, atau dari rangka ke (-) aki ??
BalasHapusLebih deket lebih bagus karena hambatan jadi lebih kecil...klo mau pakai plat tembaga isa cabang banyak ground nya. Ahahahh mangstab jiwaaa
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusane udah coba gan pada motor cs1 ane!! udah terbukti gan lampu lebih terang 20 persen gan!! thanks agan alexander yudho adianto
BalasHapusDi coba dulu gan baru ane beri komen.
BalasHapusDi coba dulu gan baru ane beri komen.
BalasHapusDi coba dulu gan baru ane beri komen.
BalasHapuskalo gak pakek soket gmn ya? apa tidak apa? langsung kabel gitu ke baut body, soalnya saya nyari" di aksesoris motor gak ktemu.
BalasHapusTak masalah asal body motor cat nya di kupas sampai mengkilap kinclong ya. Agar listrik biar lantjar djaja brot
HapusBagaimana cara tahunya jika ada perubahan pada motor kita.
BalasHapusSaya mengunakan lampu utama led xml apakah dapat menambah terangnya?
Klo nambah terang nya tergantung jatah semua kesanggupan alternator dan kiprok nya...klo ini supaya aki gak terlalu tekor dia memanfaatkan energi yg terbuang akibat pengisian dianggap penuh oleh kiprok diode zener membuka gerbang scr
Hapusthanks gan saya mau coba di supra x 125
BalasHapusTapi hati hati jg gan mengingatkan saja ,periksa lebih detail perkabel jangan sampai ada label plus + terkelupas yg nanti bakal nempel ke body, body motor berbau bahan bakar lg ,wah bisa kebakaran tuh motor .ane coment berdasar pengalaman aja ,thanks..
BalasHapusDont worry kan ada sikring nya
HapusItu rangkanya gk akn nyetrum? Klo kna air?
BalasHapusYa enggak tho....kan kabel positif nya terpisah
HapusMohan ma'af dngan tuan rumah dan Sory agan2 smua hnya info..kabel minus dr aki smua dh lansung ke grond/menempel ke dinamo stater(bagi kndraan yg pke stater).
BalasHapusDan yg kick stater pun dh terpasang..klu g percaya cek kendaraan masing2..maksud dr stabileser hanya memper pendak jarak antara kabel aki(-) ke bodi,jd pemahamanya untuk smya kendaraan sistem DC lebih cepat asupan (-) nya tdk termkn d kbl yg terlalu pajang..
Hnya sekedar info bila bermanfa'at..abaikan bila tak bermanfa'at
Ya betul itu selain mempersingkat jarul minus nya itu bisa mengembalikan listrik yg dianggap penuh oleh kiprok loh alhasil listrik yg di buang ke ground tadi akan kembali ke aki dan tdk berputar putar di alternator sia sia.
Hapusgan cs1 ane kan kelistrikannya lemah , setiap sein atau klakson , speedo redup2 , kalo cara ini di pakai di motor ane , hasinya gimana gan , tolong jawab
BalasHapusGanti aki baru baru pasang ini lebih mantab
Hapusbos. motor honda dari pabrikan udah di aplikasian.
BalasHapusBisa tidak di pasang di motor yg tdk punya aki aki ???
BalasHapusYa gak bisa dong brot
Hapushttps://buatsendiri-buster.yolasite.com/
BalasHapusapa ini berlaku untuk semua tipe motor?? mohon di jawab terima kasih
BalasHapusSemua tipe motor dan mobil bisa
HapusMantap boss...ini baru blog positif
BalasHapusTerus berkarya boss👍👍👍👍
JADI FUNGSI GROUND STABILIZER INI SELAIN MEMPERSINGKAT ARUS NEGATIF DARI HAMBATAN BESI ATAU BODY JUGA MENGEMBALIKAN ARUS LIAR YG DIBUANG OLEH KIPROK KETIKA PENGISIAN PENUH. ARUS YG DI BUANG OLEH KIPROK AKAN DIKEMBALIKAN LGI KE AKI...ALHASIL AKI TDK MUDAH TEKOR DAN TAHAN LAMA.
BalasHapusYg NEGATIF NAK bukan yg positif di sambung ke body...hadeeeeh
BalasHapus