Well, sebenarnya cairan apaan sih coolant itu ?
Jawabannya gampang, sob. Coolant itu ya air-air juga, cuman bedanya sudah disuling untuk menjamin air ini bebas mineral yang bisa bikin kerak di sistem kerja radiator. TRus apa lagi? Ya plus ditambahin aditif yang bikin coolant ini bersifat anti karat dan bisa melumasi pompa air dan sukur-sukur thermostat yang ada di saluran. Walaupun sebenarnya sifat anti-karat secara otomatis didapat apabila penyulingan airnya sempurna. Ya biasanya sih pabrikan udah jual dengan merek "genuine"-nya masing-masing.
Ga jadi soal sih, cuman kalo kita pengen pake coolant yang aftermarket gimana? rata-rata sih alasannya supaya bisa lebih ekonomis. Nah yang jadi soal kadang kita suka bingung milihnya sebab di pasaran banyak sekali merk yang ada dan begitu pula dengan variasi harganya.
Begini ceritanya, sebetulnya yang membuat harga coolant tertentu itu mahal (notebene biasanya yang merk luar/impor) adalah kandungan aditifnya yang bernama ethylene glycol. Wooh, apaan tuh? Nah si EG ini fungsinya adalah sebagai modifier titik beku sehingga menyebabkan coolant menjadi mempunyai sifat anti-freeze, contohnya : Prestone ready to use coolant, STP, dll.
coolant merk luar : aditif lebih lengkap |
Lalu bagaimana dengan kemampuan anti-karatnya, nah ini sebetulnya tergantung kualitas penyulingan dan aditif pengganti. Jika penyulingan baik, maka dengan sendirinya sifat anti-karat akan diperoleh. Namun coolant yag tidak ditambahkan EG cenderung mempunyai performa yang lebih baik dalam menyerap panas, karena EG akan mengurangi specific heat capacity dari air, dan juga ramah lingkungan karena EG merupakan bahan beracun. Jadi dengan menggunakan coolant lokal, non-EG, dapat 3 manfaat sekaligus: ekonomis, ramah lingkungan, performa lebih baik.
coolant pahe, minus ethylene glycol, di daerah Tropis malah OK |
Nah, gak perlu parno lagi kan? Murah bukan berarti harus murahan, silahkan tinggalkan komentar, bro :D
sampe hari ini belum ganti tu bro coolant'y, masih bawaan pabrik (y*m*lube radiator coolant) umur mongtor baru sekitar 2 bulanan, so far masih wokeh dh :D tp nice inpoh bro...
BalasHapusjangan lupa cek ketinggian coolant terus, bro. Mesin lebih adem klo coolant penuh
BalasHapussip bro, sampe rumah ane cek dh tu tinggi air'y...
BalasHapuswah ngiri owe.. sayang mesin owe cuma pake AC Alam jadi ga mungkin pake ginian :(
BalasHapus@willy : lha, malah lebih oye bro, maintenance free, BMW R 1200 GS juga masih AC alam, nah kalau itu cara perawatannya adalah dengan engine degreaser, pendinginan lebih maknyuss.
BalasHapusR1200GS meski silinder pake sirip tp dalamnya udah radiator bro
Hapus#ask#Motor yamaha pake coolant keluaran honda ga masalah kan bro?
BalasHapuskalau coolant merk Xsis bagus gak bro?
BalasHapusSy pakai megacool ternyata temperatur terjaga dengan baik dan gelitik berkurang
BalasHapusNyimak, baru nyoba pake megacool. Smbil liat fxnya gmn nanti
BalasHapus