| motor | otomotif roda dua

Selasa, 29 November 2011

KMI harus lebih bijak, era 2 tak sudah berakhir...

Well, sobat bikers. Cukup geleng-geleng kepala juga melihat ATPM Kawasaki bersikeras mempertahankan Kawasaki Ninja 2 tak-nya sampai dengan tahun 2015. Bagaimana tidak, ketika pabrikan lainnya bahkan sudah mengambil ancang-ancang untuk pindah ke era injeksi 4 tak. KMI malah mengambil langkah mundur.

era 2 tak sudah berakhir
Berakhirnya era 2 tak adalah pasti. Hilangnya mesin 2 tak di Moto GP tahun 2012 ini sudah bisa jadi tolok ukur absolut. Walaupun sebenarnya gejala lain seperti beralihnya kendaran roda 3 bajaj 2 tak menjadi 4 tak juga lambat laun mencapai hampir 80%. Pabrikan Yamaha yang kondang dengan mesin 2 tak-nya pun sudah full beralih ke 4 tak. Juga pabrikan Aprilia yang sudah mengganti semua jajaran produknya dengan mesin 4 tak yakni RS4. Pelan tapi pasti, mesin 2 tak akan punah dengan sendirinya, di beberapa negara yang masih memperbolehkan motor 2 tak memberlakukan pajak 2 kali lipat dibanding 4 tak.

Memang masih ada penikmat fanatik dari 2 tak, namun alangkah baiknya bila semua pihak bersikap realistis. Kalau kata mbah dukun Satar, era 2 tak sudah tamat. Ya, ini fakta. Jangan mentang-mentang tidak ada aturan yang jelas dari pemerintah terkait emisi, lalu pabrikan leluasa menjual mesin 2 tak di Indonesia karena sudah tidak dapat diterima lagi di luar negeri. Siapa lagi yang dirugikan nantinya kalau bukan konsumen... Jangan nanti sudah injury time, pada saat 2 tak dilarang, baru distop produksinya !!!

Rabu, 23 November 2011

Minerva : Motor cina dengan desain terbaik, pabrikan Jepang sm Austria lewat!!

Halo sobat bikers. Kalau kita lihat dunia permotoran sekarang ini mulai kembali bergairah, maksudnya disini tentunya sepeda motor alternatif. Pikiran ane terbawa memori motor Kymco Spike 125 RR ane yang sampai sekarang masih kinclong dan alus bener mesinnya kendati sudah berumur 7 tahun, sayangnya harus terhenti karena pihak ATPM Kymco yang tidak bertanggung jawab.

Rasa-rasanya diluar pabrikan India, Korea, dan Taiwan. Pabrikan motor cina Minerva juga patut diperhitungkan. Diluar kualitas produk yang masih kontroversial, tidak dapat dipungkiri Minerva merupakan pabrikan motor cina yang getol merilis produk yang berdesain ciamik, dan tidak dapat dipungkiri ane selalu suka pemilihan desain motor yang dilakukan oleh minerva walaupun sebetulnya semuanya tidak ada yang dibuat/didesain sendiri oleh Minerva. Semuanya model Minerva telah dirilis oleh pabrikan cina lainnya, namun tetap saja eksotis :D

Minggu, 06 November 2011

Tips pilih bohlam lampu, Bisa hikin lampu tambah terang lho...

Halo sobat bikers. Negara tempat tinggal kita tuh unik banget. Kendaraan bermotor banyak banget, tapi jalanan makin ancur aja, padahal pajak dari kendaraan seharusnya melimpah. Nah, bicara jalan yang ancur dan banyak lobang, kita semua udah pada tau berapa banyak korban jiwa akibat lobang-lobang pemerintah yang tidak bertanggung-jawab itu.

Dan sepertinya efeknya bakal teramplifikasi di malam hari, enggak keliatan broo, apalagi kalau lampu motor kita kurang terang. Nah, beberapa orang mengakalinya dengan membeli lampu HID. Namun, sepengalaman saya, lampu jenis ini selain mahal, ia juga rentan kerusakan. Ya, terutama karena biasanya komponen HID yang dijual buat motor itu buatan Cina, masbro.

Lalu apa efeknya? Nah, ini pengalaman ane memakai lampu HID motor :
1. Sering mati mendadak, relay tidak tahan air.
2. Panas berlebih, reflektor meleleh.
3. Bikin silau orang, kurang safety.

Nah, boleh saja sih beli lampu HID yang agak ribet dan mahal itu, tapi kok ane kurang rekomen yah, kecuali yang sudah dibekali dengan projector. BTW, buat yang mau ngirit, sebenernya lampu standar masih bisa dimaksimalkan terangnya, caranya nggak terlalu sulit :